Inul Vizta Karaoke ~ Peluang Usaha Karaoke Keluarga

Inul Vizta Karaoke Inul Vizta Karaoke ~ Peluang Usaha Karaoke Keluarga

Image dari lakupon.com

Bisnis karaoke memang sudah menjamur dimana-dimana, termasuk di kota-kota besar seperti Jakarta. Namun usaha yang menjual produk jasa berupa hiburan dan entertainment ini masih memiliki prospek yang cukup cerah. Salah satunya adalah Inul Vizta karaoke, sebuah Family KTV (Karaoke Televisi) yang dibangun oleh pedangdut ternama tanah air, Inul Daratista. Bahkan, bisnis ini pun sudah dikembangkan dengan sistem franchise atau waralaba.

Perkembangan Usaha Karaoke Inul Vizta

Berangkat dari hiruk pikuk serta kesibukan masyarakat membuat sejumlah tempat hiburan dibangun, termasuk tempat karaoke. Disini mereka bisa melepas penat dan jenuh dengan bernyanyi bahkan berteriak sekeras-kerasnya. Meskipun suara anda sumbang, hal itu bukanlah masalah. Namun tak jarang berkaraoke juga menjadi tempat untuk menyalurkan hasrat bernyanyi dan menjadi sarana hiburan bagi keluarga dan kawula muda.

Melihat prospek bisnis tersebut, Inul Daratista akhirnya memutuskan untuk terjun ke bisnis ini. Kehidupan artis yang tak akan bertahan lama membuat pedangdut asal Pasuruan, Jawa Timur ini memikirkan pekerjaan untuk masa depannya nanti jika sudah tak laku lagi sebagai artis. Berdirinya Inul Vizta pun berawal dari pertemuannya dengan seorang ekspatriat asal Korea Selatan yang biasa ia panggil Mr. Kim.

Pada tahun 2005, Mr. Kim mengajak Inul untuk terjun ke dunia bisnis karaoke. Kebetulan saat itu di Kelapa Gading, Jakarta Utara, ada sebuah karaoke keluarga yang hampir bangkrut. Pemiliknya ingin menjual tempat karaoke tersebut dan Inul pun akhirnya mengambil alih. Modal senilai hampir Rp 4 miliar dikeluarkannya untuk merenovasi dan me-rebranding kembali karaoke yang kelak bernama Inul Vizta.

Nama brand Inul Vizta Karaoke tersebut berasal dari nama Inul sendiri dan juga sebagai nilai jual karena pada saat itu nama Inul memang sedang populer di dunia hiburan. Sedangkan kata Vizta berasal dari kata fiesta yang berarti pesta. Filosofinya agar para pengunjung yang datang ke tempat karaoke ini bisa berpesta bersama Inul yang pada awal berdiri masih kerap datang dan berkaraoke bersama para pelanggannya.

Alasan mengapa Inul ingin terjun ke bisnis karaoke sebenarnya sangat sederhana, karena bisnis tersebut masih berhubungan dengan kemampuannya, yaitu menyanyi. Secara otodidak, ia mulai mendalami bisnis ini, mulai dari izin usaha, sistem manajemen dan operasional, kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung, desain interior, audio system sampai pada lagu-lagu yang disediakan. Bersama Adam Suseno, sang suami, Inul mulai mengoperasikan bisnis tersebut.

Gedung seluas 700 m2 yang beberapa bulan sebelumnya hampir tutup kini kembali bersinar. Para pengunjung datang karena penasaran dengan tempat karaoke menjual nama Inul tersebut. Sebanyak dua puluh ruangan muali dari yang kecil berkapasitas empat orang sampai VVIP dengan daya tampung hingga 30 orang siap melayani para tamu. Beberapa fasilitas pun disediakan, antara lain TV LCD, wireless microphone, wireless keyboard dan sistem komputerasi karaoke yang user friendly karena tanpa bantuan operator.

Artikel lain: Peluang usaha sampingan untuk karyawan

Belum genap sebulan sejak gerai pertama dibuka, gerai kedua pun diresmikan di Plaza Semanggi dan sudah dikembangkan dengan sitem waralaba. Namun saat itu, Inul lebih suka menyebutnya dengan sistem sharing dan local partner mengingat usia bisnisnya yang masih hijau. Tujuan dari sharing partner adalah untuk merangkul partner yang ikut terjun mengembangkan brand ini agar memiliki rasa saling memiliki. Awalnya Inul tidak berencana untuk mewaralabakan bisnis tersebut, namun pengunjung yang merasa puas dengan pelayanan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Inul Vizta pun akhirnya tertarik untuk menanamkan modalnya.

Popularitas Inul dianggap sebagai ‘Faktor X’ yang menentukan keberlangsungan dan kesusksesan bisnis ini. Hanya dalam kurun waktu yang relatif singkat, Inul Vizta memiliki beberapa cabang seperti di Plaza Semanggi, Pasar Festival Kuningan, Point Square Lebak Bulus, Gajah Mada Plaza, Gedung Sarinah Thamrin dan Mal Paris Van Java di Bandung. Pada tahun 2012, Inul Vizta karaoke sudah memiliki 80 outlet dan kini cabangnya sudah mencapai ratusan yang tersebar di seluruh penjuru dan pelosok tanah air. Terbilang cukup suskses untuuk sebuah usaha yang usianya belum genap satu dekade dan menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Peluang Waralaba Karaoke Keluarga Inul Vizta

Banyaknya penyanyi ‘dadakan’ yang tidak memiliki ruang untuk menyalurkan hasrat mereka secara maksimal menjadi salah satu alasan mengapa bisnis karaoke layak untuk dilirik. Di kota-kota besar, Family KTV memang menjamur dan kompetitornya sudah cukup banyak. Namun, bisnis karaoke masih menjanjikan di kota-kota kecil sebagai sarana hiburan untuk refreshing dan melepas lelah.

Inul Vizta sendiri menawarkan paket kemitraan penuh dengan biaya investasi sekitar Rp 3-4 miliar. Investor bisa membuka usaha karaoke di lahan seluas 700 m2 dengan kapasitas ruangan 20-32 kamar. Biaya tersebut juga sudah termasuk franchise fee, interior properti, sistem operasional, manajemen dan SDM. Dengan omzet sekitar Rp 400 juta per bulan, rata-rata mitra bisa mencapai ROI (Return of Investment) atau balik modal dalam waktu dua tahun. Informasi kerjasama waralaba Inul Vizta bisa anda lihat di websitenya.

Baca juga: Titipan Kilat JNE – Peluang Usaha Agen Pengiriman Barang

Alamat Pengembang Inul Vizta

  • Nama Perusahaan : PT. Vizta Pratama
  • Alamat Kantor : Ruko Sentra Bisnis, Jl. Artha Gading, blok A7D No 15, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
  • Telepon : (021) 4585 7246, 4585 7247
  • Fax : (021) 4585 7521
  • Website : www.vizta.co.id
  • Sosial Media : http://facebook.com/inulviztaktv, @inulvizta (Twitter)

Dengan konsep “Karaoke Keluarga yang Trendy dan Selebizz,” Inul Vizta layak dijadikan sebagai plihan waralaba karaoke karena menawarkan suasana yang colourful, cozy, fun, nyaman, sopan namun dengan biaya yang terjangkau. Moto Inul dalam mengembangkan bisnis ini pun sangat sederhana, yakni “Membuat Customer tersenyum dan Kembali.” Tertarik untuk berinvestasi?

Tags: #Peluang usaha, #Bisnis waralaba, #Mompreneur


1 comment on this postSubmit yours
  1. wah keren nih..
    kelihatannya belum banyak khususnya di kota kecil..
    smoga membantu bagi yang sedang mencari usaha
    thanks informasinya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com