Indomaret ~ Peluang Usaha Waralaba Minimarket Terpopuler Di Indonesia

Indomaret Peluang Usaha Waralaba Minimarket Indomaret ~ Peluang Usaha Waralaba Minimarket Terpopuler Di Indonesia

Image dari indomaret.co.id

Indomaret telah menjadi salah satu waralaba tersukses di Indonesia, tentunya pencapaian ini tidak dapat diraih dengan mudah. Kesungguhan dan kejelian mencari peluang menjadi salah satu factor penentu kesuksesan mereka. Awalnya Indomaret didirikan untuk mempermudah penyedian kebutuhan pokok karyawan sehari-hari. Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja.

Beberapa orang karyawan pun ditugaskan untuk meneliti hal tersebut, dan kesimpulan yang didapat ialah masyarakat cenderung lebih memilih belanja di gerai modern dengan alasan kelengkapan pilihan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing, serta suasana yang nyaman.

Perkembangan Bisnis Minimarket Indomaret

Indomaret merupakan salah satu perusahaan #waralaba ritel kebutuhan sehari-hari yang bisa dikatakan sebagai yang terbesar dengan jaringan terluas di Indonesia. Perusahaan tersebut pertama kali dikembangkan sebagai anak perusahaan dari Grup Salim, korporat usaha besar yang di pimpin oleh pengusaha sukses asli indonesia Sudono Salim.

Berbekal pengetahuan mengenai kebutuhan konsumen, keterampilan pengoperasian toko dan pergeseran perilaku belanja masyarakat ke gerai modern, maka muncul keinginan untuk memperluas jaringan Indomaret. Niat ini diwujudkan dengan mendirikan badan hukum PT. Indomarco Prismatama dengan brand Indomaret yang memiliki visi “Menjadi jaringan ritel yang unggul” serta moto “Mudah dan Hemat”.

Pada mulanya Indomaret hanya mendirikan gerai di perumahan, mereka menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, serta memiliki luas toko sekitar 200 m2 yang ada di wilayah Kalimantan pada tahun 1988. Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan pasar, Indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen.

Setelah mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan jaringan ritel dalam skala besar, manajemen berkomitmen untuk menjadikan Indomaret sebagai aset nasional. Seluruh pemikiran dan pengoperasian perusahaan pun ditangani sepenuhnya oleh putra putri Indonesia. Indomaret ingin berbagi kepada masyarakat Indonesia melalui bisnis waralaba dan juga mampu bersaing dalam persaingan global. Hal ini sesuai dengan visi perusahaan yaitu “menjadi asset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global”.

Konsep bisnis waralaba Indomaret adalah yang pertama dan merupakan pelopor di bidang minimarket di Indonesia. Masyarakat pun menyambut positif hadirnya Indomaret ini, terbukti dengan peningkatan jumlah terwaralaba Indomaret dari waktu ke waktu. Konsep bisnis ini juga diakui oleh pemerintah melalui penghargaan yang diberikan kepada Indomaret selaku “Perusahaan Waralaba Unggul 2003”. Penghargaan semacam ini adalah yang pertama kalinya diberikan kepada perusahaan minimarket di Indonesia dan sampai saat ini hanya Indomaret yang menerimanya.

Artikel lain: Edam Burger ~ Peluang usaha  jajanan burger modal kecil

Awalnya pada tahun 1997, Indomaret memperkenalkan sistem kemitraan dengan membuka peluang bagi masyarakat untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Mitra usaha waralaba ini meliputi koperasi, badan usaha dan perorangan. Persyaratan bisnis waralaba dirancang sederhana dan ekonomis sehingga memudahkan masyarakat untuk berpartisipasi dan memiliki usaha ini dengan sikap saling percaya dan menguntungkan. Hingga Agustus 2013, gerai waralaba Indomaret telah mencapap 2.910 buah.

Saat ini Indomaret telah memiliki 8.814 gerai di wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatera dan Sulawesi. Pembagian kepemilikannya adalah 60% gerai milik perusahaan dan 40% gerai milik Terwaralaba. Kini keberadaan Indomaret semakin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir yang merupakan anak perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan. Sebagian besar pasokan barang untuk seluruh gerai berasal dari 17 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 4.800 produk. Produk yang disediakan berupa produk food, nonfood, general merchandise, dan fresh product. Pengadaan produk Indomaret didukung lebih dari 1.000 pemasok berskala nasional termasuk UMKM. Indomaret pun mengembangkan lebih dari 200 produk private label dengan harga ekonomis dan kualitas prima.

Fasilitas Minimarket Indomaret

Salah satu hal yang membuat Indomaret dapat terus berkembang adalah fasilitas yang dikembangkan oleh pengelola ritel raksasa di Indonesia tersebut. Fasilitas yang ditawarkan oleh Indomaret diantaranya :

1. Indomaret Card

Kartu ini tidak hanya berfungsi sebagai kartu anggota, Indomaret Card merupakan kartu multifungsi dengan teknologi contactless smart card hasil kerja sama dengan Bank Mandiri, dan yang pertama kali diterapkan di minimarket Indonesia. Selain membebaskan konsumen dari keharusan membawa uang tunai untuk berbelanja, kartu ini dapat digunakan untuk membayar tagihan telepon, listrik, TV kabel dll. Selain itu bisa juga digunakan di SPBU dan area parkir yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri.

2. ATM Indomaret

Indomaret bekerja sama dengan PT. Rintis Sejahtera (jaringan Prima) dalam mengembangkan ATM Indomaret. Fasilitasnya antara lain : tarik tunai, cek saldo, transfer antar rekening dan transfer antar bank.

3. Jak Card

Kartu prabayar yang diterbitkan Bank DKI dengan teknologi contactless smart card dapat digunakan untuk berbelanja di gerai Indomaret dan membayar busway.

4. T Cash

Memanfaatkan teknologi pembelian/pembayaran digital menggunakan ponsel secara Tap N Go.

5. Western Union

Merupakan layanan jasa pengiriman dan penerimaan uang dari/ke dalam dan luar negeri tanpa perlu memiliki rekening di bank.

6. Pesan Antar Ambil Indomaret (PAAI)

Fasilitas ini memungkinkan konsumen memesan produk yang tidak dipajang di toko seperti ice cream tart, ponsel, furniture, karangan bunga dll dan diantar langsung ke rumah konsumen.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Indomaret bisa sebesar saat  ini karena keberhasilan pengelolaan sistem waralaba yang tepat. Dari jumlah gerai waralabanya yang menjamur terbukti bahwa waralaba yang satu ini memang sangat menjanjikan. Namun tentunya bisnis yang satu ini bukan untuk para pengusaha yang masih belum memiliki modal besar.

Saat ini untuk mendapatkan hak waralaba Indomaret yang di dalamnya termasuk biaya investasi, peralatan, modal ritel produk plus sarana prasarana, pemodal harus merogoh kocek  hingga mencapai Rp. 400 juta lebih.  Informasi lengkapnya bisa anda lihat di websitenya.

Baca juga: Moz5 ~ Peluang usaha salon muslimah

Berikut ini alamat lengkap pengelola pusat dari Minimarket Indomaret:

PT. Indomarco Prismatama

  • Alamat : Jl. Ancol VIII NO 2 Ancol Barat, Jakarta 14430
  • Telepon : (021) 6941 478 – (021) 6919 978
  • Fax : (021) 6918 976
  • Website : http://indomaret.co.id/

Terkait: #Peluang usaha


4 total comments on this postSubmit yours
  1. gak selalu untung bagi yang ikut kemitraan, teman saya ada juga yang rugi. salah lokasi ? lokasi berdekatan dengan pesaing? margin tipis dengan modal besar.

  2. Thanks ya atas informasinya, saya suka artikel anda , sangat bermanfaat sekali :)

  3. iya mas sangat menjanjikan tp kayaknya bagi saya gak bakal bisa ,, modal nya gak ada heheh

  4. Refensinya sangat menarik Mas, bisa dipertimbangkan nich jika nntinya sudah punya modal tentunya, maksih sharingnya…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com