Hidup Hanya Sesingkat Sakura

sakura Hidup Hanya Sesingkat Sakura

Tulisan yang inspiratif dari seorang teman,

Sakura, hidup singkat, dan bermakna, lalu mati. Seandainya kita bisa memaknai bunga-bunga angrek seperti halnya Sakura bagi orang Jepang, tentu hidup akan jauh lebih berarti dan berguna

Musim semi telah tiba, bunga-bunga sakura bermekaran beraneka warna, ada yang merah, pink, putih dan yang paling banyak adalah warna putih abu-abu. Bunga-bunga ini tumbuh hampir diseluruh tempat, seperti ditaman-taman, pinggir jalan, tepi sungai, dan hutan. Sakura bermekaran membuat semuanya tampak indah dan berwarna.

Orang-orang Jepang sangat antusias melihat dan mencium bunga-bunga Sakura ini. Saya sangat heran menyaksikan mereka ketika menikmati keindahan dan wangi bunga Sakura. Mereka seperti orang yang pertama sekali melihat sesuatu yang indah dan luar biasa, padahal tiap musim semi sepanjang tahunhidup mereka selalu dimulai dengan mekarnya bunga-bunga sakura ini.

Sejujurnya bagi saya, bunga-bunga ini tidak seindah bunga-bunga yang tumbuh di Indonesia. Bahkan bunga-bunga kertas yang banyak tumbuh di Indonesia jauh lebih indah dari kembang-kembang sakura ini. Siapakah yang meragukan keindahan ratusan atau bahkan ribuan angrek atau bunga melati, raflesia, dll. Bahkan rumput-rumput diladang –ladang atau di hutan Indonesia tumbuh indah melebihi keindahan pakaian para raja-raja dan permaisurinya.

Lalu apa yang istimewa dari bunga Sakura-nya Jepang ini ? Ternyata bagi orang Jepang, bunga Sakura bukanlah sekedar bunga yang mekar berwarna-warni. Bunga-bunga Sakura merupakan lambang kehidupan dan kematian, lambang kesementaraan dan kefanaan hidup ini. Bunga sakura indah bermekaran hanya dua minggu saja, setelah itu dia akan layu berguguran tertiup angin, mati lalu hilang. Hal ini melambangkankehidupan manusia yang begitu singkat. Lahir, hidup lalu mati.

Artikel lain: Kata Mutiara

Di dalam hidup sakura yang singkat itu, dia membawa keindahan, wangi dan semerak hidup bagi yang menikmatinya. Hidup yang singkat tetapi memberi kebahagiaan dan makna bagi banyak orang. Hidup yang begitu singkat tetapi berarti. Hal ini mengilhami orang Jepang untuk membuat yang terbaik didalam hidup mereka, sekali hidup tetapi berguna, sebelum mati kelak dan hilang bersama waktu. Itulah sebabnya dahulu orang Jepang memilih mati dengan bunuh diri (harakiri atau seppuku) daripada hidup tidak berguna atau gagal. Mati seperti ini lebih dihormati daripada hidup dengan tidak bermanfaat.

Sekarang ini sudah jarang orang Jepang melakukan harakiri, tetapi mereka yang gagal, atau membuat malu, atau korupsi, dll akan memilih mengundurkan diri dan tidak menampakkan wajahnya ke umum. Sifat ini membuat mereka bekerja keras sepanjang hidup, berkarya dan membuat hidup lebih baik. Tak heran jika mereka menghasilkan karya karya yang berkualitas seperti teknologi yang banyak kita nikmati. Selain itu mereka berusaha menjagai keindahan alam dan memelihara kehidupan.

Sakura, bunga khas yang menjadi ikon negeri matahari terbit. Kedatangan musim semi yang merupakan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat Jepang setelah menjalani kehidupan yang berat dalam musim dingin. Untuk itu, masyarakat Jepang punya cara tersendiri untuk merayakan datangnya musim semi, yaitu dengan mengadakan acara Hanami yaitu acara berkumpul bersama keluarga atau teman dengan menggelar tikar di bawah pohon-pohon Sakura. Mereka berbahagia, sambil makan dan minum. Saat-saat romantis berkumpul dengan orang orang tercinta, sejenak merenungi keindahan dan singkatnya hidup.

Sakura, hidup singkat, dan bermakna, lalu mati. Akh, seandainya kita bisa memaknai bunga-bunga angrek seperti halnya Sakura bagi orang Jepang, tentu hidup akan jauh lebih berarti dan berguna.

Josep Franklin Sihite, 10 Maret 2013.


14 total comments on this postSubmit yours
  1. terimakasi atas telah memperjelas kan bunga sakura yang inda

  2. menyentuh sekali, bener juga mungkin karena hal sekecil itu dalam hal ini proses bunga sakura yang lahir, hidup dan lalu mati banyak mengilhami orang jepang untuk melakukan yang terbaik. hidup ini singkat jadi lakukan yang terbaik, hehehhehehehheheh

    salam kenal mas
    terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

    • Menyentuh ya mas :lol:
      Terkadang memang perlu membaca tulisan-tulisan seperti ini, mengingatkan kita kembali untuk menyadari diri kita dan sekitar kita, bersyukur tentang kehidupan ini, dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kehidupan. Thanks komentarnya mas Megi :)

  3. Semoga dengan mengetahui filosofi Sakura ini…kita lebih semangat membuat hidup singkat kita menjadi kaya arti ya…

  4. meski singkat namun indah :D
    ajarin dong max bikin web kayak gini :D

    • Web kayak gini mah biasa kog mas, ga ada yg spesial. Cuma template nya aja yang beda hehehe

      • nah brarti ajarin bikin templatenya donk max hehehe

        • The truth is … saya ga bisa bikin themes WordPress mas Ronal… saya kurang paham coding. Untuk bikin themes ini saya hire orang. Saya tinggal edit2 dikit, pasang widget, pasang logo, dan lain-lain yang bisa saya kerjain.

          Kalo mas Ronal tertarik banget ganti themes yg premium nanti saya kenalin sama temen yang jago koding, tapi ya itu … bayar. Dia ga mau ngerjain gratis biarpun sama temen huhuhu.

          Sebenarnya banyak lho themes gratis yg bagus… nanti tinggal diedit aja, tp kemampuan coding harus ada kalo nggak ntar hasilnya ERROR.

  5. Sakura cantik yang hidupnya singkat dimaknai sebagai salah satu sumber kebahagiaan bagi keluarga Jepang. Nah ketika umur kita juga tak beda dengan Sakura, siapa yang akan menjadikan hidup kita sebagai sumber kebahagiaan mereka? Hehehe..Pertanyaan penting untuk saya cari jawabnya..

    • Umur seseorang menurut saya bukan jaminan kebahagiaan lho :)

  6. Dari bunga sakura pun ternyata kita juga bisa hidup bermakna yah Mas.Karena memang sebuah objek apapun itu jika bermanfaat dilihat oleh mata maka kita bisa ambil makna dari objek yang terlihat tersebut.

    • Apapun bisa dijadikan sumber inspirasi, asalkan dalam arti yang baik menurut saya ga masalah mas.

  7. Seperti bunga sakura yang menebarkan keindahan bagi sekelilingnya, semoga hidup kita bisa memberi dampak positif bagi lingkungan ;).

    • Harapan yang tidak pernah sirna … memberikan sesuatu yang baik pada diri sendiri dan pada orang lain :)

6 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com