Google Adwords Keyword Planner Telah Menggantikan Google Keyword Tool

google adwords keyword planner Google Adwords Keyword Planner Telah Menggantikan Google Keyword Tool

Artikel ini sebenarnya agak terlambat karena Google Adwords Keyword Planner sudah launching menggantikan Google Adwords Keywords Tool sejak bulan Agustus 2013 yang lalu, tapi ternyata masih banyak teman-teman blogger yang masih menanyakan tentang Google Adwords Keywords Tool. Jadi tidak ada salahnya saya sedikit mengulas tentang Google Keyword Planner ini.

Buat teman-teman blogger dan internet marketer yang biasanya menggunakan Google Adwords Keyword Tool untuk mencari kata kunci, saat ini tools tersebut sudah resmi ditutup dan digantikan oleh  Google Adwords Keyword Planner dengan fitur yang menurut saya lebih baik.

Berbeda dengan Google Adwords Keyword Tool yang dapat digunakan tanpa login ke akun Google milik kita, untuk menggunakan Google Adwords Keyword Planner kita harus login menggunakan akun Google Adwords atau mendaftar terlebih dahulu. Saya tidak akan menjelaskan tentang cara mendaftar Google Adwords karena sangat mudah. Di artikel ini akan menjelaskan sedikit tentang cara penggunaan Google Adwords Keyword Planner.

Cara Sederhana Menggunakan Google Adwords Keyword Planner

1. Bila Anda sudah punya akun Google Adwords, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah login ke akun Google Adwords milik Anda.

2. Anda bisa membuka Keyword Planner dari halaman Google Adwords dengan meng-klik tombol “Tools and Analysis” lalu pilih “Keyword Planner”. Anda juga bisa login langsung melalui halaman Google Adwords Keyword Planner. Lihat gambar.

3. Masukkan beberapa kata kunci ke dalam kolom yang disediakan. Kita juga perlu mengatur target pencarian, lokasi pencarian, bahasa, dan lainnya. Setelah itu Anda bisa klik tombol “Get ideas”. Lihat gambar.

4. Kita akan melihat hasil pencarian dari kata kunci dan pengaturan yang kita lakukan. Pada halaman result kita bisa melihat berbagai kata kunci yang sesuai dengan permintaan yang kita lakukan. Hasil pencarian ini dibagi dua, yaitu Ad Group Ideas dan Keywords Ideas. Pada halaman tersebut, kita juga dapat melihat rata-rata pencarian untuk setiap kata kunci dalam 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan juga nilai CPC setiap keywords.

5. Kita juga dapat men-download data tersebut dalam bentuk Excel CSV dengan cara meng-klik pada tombol “Download” yang ada di sana.

Masih banyak yang bisa kita lakukan dan dapatkan dari Google Adwords Keyword Planner. Saya sendiri belum menggunakan semua tools yang ada di sana, saya lebih sering menggunakannya untuk mendapatkan data kata kunci dan kompetisi pengiklan di Google Adwords.

Hal Yang Perlu Kita Perhatikan

Data yang ditampilkan oleh Keyword Planner agak berbeda dengan pendahulunya, yaitu Keyword Tool. Salah satunya adalah hasil pencarian default pada Keyword Tool menunjukkan volume statistik Broad Match sedangkan pada Keyword Planner akan menampilkan volume statistik Exact Match.

Selain itu, pada Keyword Tool secara default akan menampilkan data volume pencarian kata kunci oleh pengguna laptop dan komputer. Sedangkan pada Keyword Planner akan menampilkan data volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat, misalnya laptop, komputer, dan mobile. Pada Keyword Planner, kita tidak bisa memfilter data pencarian kata kunci yang digunakan melalui perangkat tertentu.

Menurut saya, langkah Google mengganti Keyword Tool dengan Keyword Planner adalah sebagai upaya pendekatan yang mereka lakukan untuk mengajak para pengguna layanan Google Adwords Keyword Planner menjadi pengiklan mereka. Dengan begitu pendapatan Google dari periklanan Google Adwords akan semakin besar. Tapi itu hanya pendapat saya saja, alasan pastinya hanya pihak Google yang lebih tahu hehehe.


24 total comments on this postSubmit yours
  1. saya masih bingung mas gimana cara kerja google keyword …

    terus kalau sudah ketemu, mau optimasi kata kunci yang saya ingonkan bagaimana, agar terdetek google …

  2. Saya baru nyoba google keyword planner. Rasanya kok blm terlalu paham.. lbh mudah google keyword tools

  3. bang,, klo yg ada biling2 itu bayar ya ?? klo biling nya ga ush di isi,, bisa jln gak bng google adwords nya ?

  4. makasih infonya gan, sangat membantu untuk ane yang lagi belajar ngeblog,.

  5. Makasi bgd yah infonya tp klo blh sran skalian ma cara buat iklan di adword coz aq
    msh rada binun. mkasi yah..

  6. masih bingung nih, msh belajar

  7. terimakasih mas. saya masih bingung sama google adwords tampilan yang sekarang mas

  8. Kalau menurut saya statistik di keyword planner lebih cepet berubahnya dibandingkan keyword tool, jadi lebih akurat.

  9. Mas, mau tanya, misalnya untuk toko online kata kunci yang idealnya bagaimana? apakah kata kunci yang dilih misalnya diatas 1000/bulan 5000/bulan atau ada standar tertentu? terima kasih

  10. Waduh maaf mas Manroe, rupanya pertanyaan saya yang tadi sudah ada komen sebelumnya oleh Harry. Artikelnya sangat bermanfaat terima kasih.

  11. untuk versi keyword planner yang ada ini, apakah pakai versi berbayar? Saya senang berkunjung kesini karena banyak info dan tutorial menarik disini.

  12. Kalau untuk seeting di website saya gimana caranya gan? Trus untuk keyword planner ini nantinya apakah kita setting di meta keyword? Judul Website? atau bagaimana? Terus terang saya masih belum memahami secara mendalam..

    Terima kasih atas supportnya…

    Salam Sukses…!!!

    • Tools ini fungsinya untuk riset kata kunci (keywords) yang akan digunakan untuk website.

  13. Assalamualaikum, makasih ea mas atas ilmunya, mohon pejelasan tentang cara memilih keywoard yg baik dengan jelas lg,,, sekali lg makasih ea

  14. klo pake google adwords itu bayar ya bng?

    • Kalau cuma menggunakan Google Adwords untuk tools riset kata kunci, gratis bang Harry, tapi kalo jadi pengiklan di Google Adwords bayar.

  15. menurut saya keyword tool yang lama memang lebih mudah dan tidak membingungkan seperti perencana kata kunci yang baru ini, keyword tool juga lebih memudahkan dan dapat melihat pesaing2 kita. thanks buat tutorialnya mas saya sudah coba dan hasilnya kurang memuaskan dalam segi mencari kata kunci. thanks you komentar juga di blog saya klw berkenan

  16. mantap gan :) makasih infonya

  17. Aku baru tahu kalau volume statistic yang ditampilkan dalam google keyword planner berdasarkan volume statistik Exact Match. Pantesan ya ada beberapa keyword yang aku bidik ternyata hasilnya beda dengan google keywoord tool

  18. Awalnya agak bingung menggunakannya tp setelhlah dipelajari tèrnyata cukup mudah

  19. Sebenernya saya rasa itu bukan pendapat. Memang faktanya seperti itu mas manroe..

    Kalau tidak salah pada waktu itu saya iseng baca-baca di situs ofisialnya kalo keyword planner itu memang digunakan agar para advertiser Adwords bisa menggunakan layanan google itu dengan lebih tertarget. Karna secara tidak langsung, tentu menambah earning Google tanpa harus menghancurkan kerapihan sistem pencarian mereka.

    Eh OOT mas, blog ini dofollow atau nofollow sih sebenernya? Tanya aja.

    • Mas Muflich kan bisa liat di source page nya hehehe… blog ini Nofollow untuk link di komentarnya, Dofollow untuk link di artikel postingan.

      • bedanya nofollow n dofollow apa sih mas?
        maklum, pemula,hehe

        • Kalau link Dofollow artinya kita mengarahkan crawler untuk mengunjungi sebuah web, dengan kata lain kita merekomendasikan halaman web lain. Nah kalau link nofollow itu kebalikannya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com