Fakta Tentang Bisnis Online Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Fakta Tentang Bisnis Online Fakta Tentang Bisnis Online Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Ilustrasi dari businessinsuranceline.co.uk

Memiliki bisnis sendiri adalah impian hampir semua orang, termasuk saya. Sebuah kepuasan tersendiri bagi kita bila memiliki sebuah bisnis yang sudah berjalan dengan baik dan memberikan penghasilan rutin setiap bulannya. Bisnis online adalah salah satu peluang usaha yang selalu menawarkan solusi dalam memiliki sebuah usaha. Banyak orang yang sudah berhasil di bisnis online dan mememiliki penghasilan yang besar dari bisnis online mereka. Bahkan beberapa orang mengatakan, bisnis online adalah solusi terbaik untuk memulai sebuah bisnis karena bisa dijalankan di mana saja dan dengan mudah. Benarkah demikian?

Jika ada orang yang mengatakan bisnis online dapat memberikan penghasilan besar dengan cepat, mudah, dan santai, maka saya bilang itu adalah sebuah pernyataan yang tidak sepenuhnya benar. Agar sukses dalam berbisnis online tidak semudah yang Anda bayangkan, tapi tidak sesulit yang Anda pikirkan juga… hehehe, jadi bingung ya. Intinya, menjalankan bisnis online itu akan mudah, santai, menyenangkan, dan bisa memberikan penghasilan yang besar, tapi dengan syarat Anda harus mengerti dalam menjalankannya.

Saya melihat ada banyak sekali pemula yang sangat berambisi untuk menjalankan bisnis online, salah satunya adalah seorang teman saya. Dia selalu mengatakan “Enak lu ya Max, bisa kerja santai dari rumah dan tiap bulan selalu dapat kiriman uang dari USA”. Dan di lain kesempatan dia juga bilang “Ajarin gw dong Max, gw juga mau belajar berbisnis online kayak lu”. Namun, teman saya itu tidak tahu bagaimana awal saya memulai semua bisnis online yang saya jalankan. Faktanya, bisnis online itu tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, dan tidak sesantai yang dipikirkan orang.

Memang ada banyak sekali orang yang sukses dalam menjalankan bisnis online mereka, tapi yang gagal di bisnis online justru lebih banyak lagi. Bisnis online itu hampir sama dengan bisnis offline, butuh effort, keseriusan, dan kesabaran dalam menjalankannya. Untuk bisa berhasil di dalam bisnis online itu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, tidak seperti yang sering kita dengar dan baca.

Sebelum kita mulai berbisnis online, ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang bisnis internet ini. Kita harus bisa melihat peluang, kelebihan, dan kekurangan dari bisnis online sehingga kita bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di masa yang akan dengan lebih bijak. Beberapa orang yang gagal dalam berbisnis online mungkin akan bisa bangkit kembali dan berjuang lebih keras, tapi beberapa orang lainnya bisa jadi mengalami frustasi dan putus asa dengan bisnisnya. Nah, inilah yang harus kita pahami sejak awal, yang namanya berbisnis, resiko mengalami kegagalan itu sudah ada di depan mata. Sudah siapkah kita menjadi orang yang berhasil di bisnis online? Sudah siapkah kita menghadapi kegagalan?

Artikel lain: Peluang bisnis online

Berikut ini adalah fakta tentang bisnis online yang harus kita pahami:

1. Bisnis Online Butuh Modal

Modal yang dimaksud di sini adalah modal materiil dan modal non materiil. Modal yang paling penting menurut saya adalah modal non materiil, yaitu dari diri kita sendiri. Kita harus memiliki keinginan yang kuat untuk memulai sebuah bisnis online, harus konsisten & persisten, mau bekerja keras, kreatif, inovatif, dan pantang menyerah.

Selain modal non materiil, tentunya kita juga harus punya modal materiil. Yang namanya bisnis online tentunya hanya bisa dijalankan kalau kita punya koneksi internet, dan ini pasti butuh modal. Walaupun nilainya tidak terlalu besar, ini tetap harus diperhitungkan sebagai modal yang kita keluarkan.

Jika kita tidak punya perangkat untuk menjalankan bisnis online, seperti PC/ laptop dan modem internet, kita bisa menjalankan bisnis online dari warnet (warung internet). Namun, pastikan Anda bisa menjaga keamanan semua akun Anda di internet. Nah, dari sini kita sudah bisa melihat bahwa bisnis online itu pasti butuh modal materiil. Jadi, jangan percaya dengan bahasa marketing jualan ebook yang bilang bisnis online itu bisa dijalankan tanpa modal sama sekali alias modal dengkul.

2. Bisnis Online Butuh Kerja Keras dan Cerdas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis online itu butuh kerja keras. Orang yang sudah bisa menjalankan bisnis onlinenya dengan santai adalah mereka yang sudah melalui banyak tahapan belajar yang tidak sebentar dan telah berhasil melewati berbagai rintangan. Berbeda halnya dengan mereka yang masih pemula, semua orang yang baru belajar bisnis online butuh kerja keras dan cerdas dalam membangun bisnis online mereka.

Agar bisa menjalankan bisnis internet dengan baik tentunya kita harus punya pengetahuan yang memadai tentang bisnis online. Proses belajar dan juga pengalamanlah yang bisa memberikan itu semua, ilmu internet marketing itu tidak bisa dikuasai hanya dalam satu-dua malam saja, itu mustahil walaupun Anda seorang yang jenius.

3. Bisnis Online Butuh Waktu

Sama halnya dengan poin 2 di atas, bisnis online itu butuh waktu untuk bisa berhasil. Jadi, jika ada sales letter jualan ebook yang mengatakan bisnis online itu bisa berhasil dalam waktu singkat maka saya boleh bilang itu adalah SCAM atau penipuan, hati-hati dengan bahasa marketing seperti ini.

Kalau Anda serius ingin membangun sebuah usaha online, maka Anda harus menganggapnya sebagai sebuah investasi jangka panjang. Memang ada beberapa bisnis online yang bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat, namun tidak semua jenis bisnis online seperti itu. Salah satu contoh adalah forum kaskus yang dibangun oleh Andrew Darwis dan sahabatnya Ken Dean Lawadinata. Proses keberhasilan forum terbesar di Indonesia ini membutuhkan waktu hingga beberapa tahun sampai akhirnya bisa seperti sekarang ini.

Artikel terkait: Usaha sampingan

4. Bisnis Online Bisa Dikerjakan Siapa Saja

Salah satu kelebihan bisnis online adalah dapat dikerjakan oleh siapa saja. Ketika saya melamar di perusahaan tempat saya dulu bekerja, dalam wawancara mereka menanyakan ijazah kuliah saya, nilai indeks prestasi saya, apa nama kampus saya, dan pengalaman kerja. Ini memang prosedur yang harus kita lalui jika ingin bekerja di dunia kantoran.

Tapi hal ini tidak terjadi dalam dunia bisnis online, karena siapa saja bisa mengerjakannya tanpa harus punya pendidikan formal yang tinggi. Yang paling penting dalam bisnis online adalah kerja keras dan cerdas, kemauan untuk selalu belajar, dan punya semangat juang yang tinggi. Hari ini mungkin Anda adalah seorang pemula yang masih baru belajar, tapi mungkin saja beberapa tahun ke depan Anda akan menjadi seorang ahli dalam dunia internet marketing.

Saya tidak mengatakan bahwa pendidikan formal itu tidak penting. Yang mau saya tekankan adalah semua orang bisa berhasil di bisnis online jika mereka bersungguh-sungguh, tidak perduli apa latar belakang pendidikannya karena ada banyak jenis bisnis online yang bisa dikerjakan.

5. Banyak Jutawan dan Miliarder dari Bisnis Online

Ini adalah kabar gembira bagi semua orang yang menyukai bisnis online. Semua orang punya peluang menjadi seorang jutawan atau bahkan miliarder dari bisnis online. Beberapa contoh orang Indonesia yang sukses di bisnis online dan punya penghasilan yang sangat besar adalah Anne Ahira (pemilik AsianBrain.com), Andrew Darwis (pemilik Kaskus.co.id), Hendrik Tio (pendiri Bhineka.com), Budiono Darsono (pendiri Detik.com), dan masih banyak lagi.

Nah, melihat fakta-fakta tentang bisnis online yang disebutkan di atas, apakah Anda siap untuk memulai bisnis online Anda sendiri? Bisnis online memang menawarkan potensi keuntungan yang menggiurkan, tetapi bisnis online juga punya resiko sendiri, walaupun resikonya tidak sebesar bisnis konvensional. Selain itu, bisnis online bisa dijalankan secara otomatis, 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, jadi potensi keuntungannya akan lebih besar dibanding bisnis offline. Namun, bukan berarti Anda bisa menganggap ini adalah sesuatu yang mudah karena untuk menjadi seorang pebisnis online itu membutuhkan waktu, harus tekun belajar, dan tidak mudah menyerah. Terimakasih sudah membaca artikel saya icon smile Fakta Tentang Bisnis Online Yang Tidak Diketahui Banyak Orang


30 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya mahasiswa ,, dan ingin mencoba bisnis online .. tapi yang cocok untuk saya apa ya ..yang kira2 1 bulan bisa dapet cukup :) ,, saran nya mas ,,,,

  2. artikelnya sangat bermanfaat, khusus buat Pribadi menjadi rujukan bagi saya yang baru mulai terjung dalam bisnis online bahwa bisnis online itu butuh waktu, fokus, konsisten dan belajar.

  3. masyarakat umum masih banyak yang keliru perihal bisnis online , bisnis online itu sendiri menurut saya ada 2 tipe , bisnis online true sama bisnis online semi , yang true contohnya kaya yang disebutin mas tadi founder2 situs2 besar , sedangkan bisnis online semi itu bisnis konvensional tapi medianya online contoh toko online .. kayaknya begitu ya … mampir diblog saya dong mas , kasih reviewnya .. salam kenal

  4. sangat menginspirasi membaca artikel ini, bisnis online perlu waktu karena harus praktek dan jangan putus asa, yang saya alami juga begitu saya suka mentok tapi setelah membaca artikel ini bisa jadi semangat lagim terima kasih sudah berbagi

  5. Salam kenal mas Marikxon Manurung, saya Anggara Sugiharto..bagus gan artikelnya, saya suka dengan informasi inspiratif seperti ini, smoga sukses slalu dengan blognya ya gan :)

    kunjungi blog saya juga ya mas..yuk sambung silaturahmi sesama blogger :)

    • Salam kenal mas Angwie, terimakasih atas kunjungannya di web saya yang sederhana ini hehehe. Tadi saya mampir sebentar di blog nya mas Angwie, isinya artikel motivasi … semangat mas :)

  6. keren nih, memang seperti itu adanya, apalagi bagi mereka yang berasal dari rakyat biasa, dipandang sebagai pengangguran yang bisanya cuma mau main komputer dan gak mau kerja.

    Ketika udah dapet uang, di kira malah melakukan korupsi, itu gimana mas

    • Dikalangan internet marketer ada istilah ‘pengangguran profesional’. Memang kalau orang awam melihat mereka akan sebelah mata karena dianggap tidak punya kerjaan seperti layaknya pekerja kantoran. Tapi kalau mereka tahu penghasilan internet marketer yang jauh lebih besar dari gaji pegawai kantoran, mereka akan kaget. Langkah terbaik adalah dengan memberikan informasi kepada orang awam tersebut tentang profesi Anda sebagai pebisnis online, apapun bisnisnya asalkan tidak melanggar aturan dan etika pasti akan mendapat apresiasi dari orang sekitar Anda.

  7. Gan mo tny klo kaya kaskus itu dpt laba dari mana ya? Klo diliat iklan gak byk. Sama jg spt facebook, twitter dll mereka dpt laba dari mana pdhal servis mereka gratis.

    • Waduh mas Beboy ini, penghasilan mereka itu dari iklan mas. Iklan di kaskus ada beberapa jenis, iklan mandiri dan juga iklan Google Adsense. Trafik Kaskus per hari banyak sekali, tentunya nilai penghasilan dari iklannya juga pasti besar. Jangan lihat jumlah iklannya mas, yang mas tidak ketahui adalah advertiser berani bayar mahal untuk pasang iklan di sana. Apalagi Facebook dan Twitter, trafik mereka dari seluruh pengguna Global … advertiser mereka itu dari seluruh dunia mas hehehe :)

  8. Saya baru beberapa tahun menekuni bisnis online, tapi sampai sekarang belum bisa memaksimalkan hasilnya…setelah membaca artikel ini saya tahu saya berada di bisnis yang tepat..

    tetap semangat..semoga bisa seperti agan Max..

6 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com