Elon Musk ~ Pendiri Paypal, Layanan Transaksi Online No. 1 Di Dunia

elon musk Elon Musk ~ Pendiri Paypal, Layanan Transaksi Online No. 1 Di Dunia

Image dari telegraph.co.uk

Jika anda seorang pengusaha internet atau telah terbiasa dengan kegiatan jual beli melalui media online  tentunya tidak asing lagi jika mendengar nama Paypal. Dan untuk anda yang belum mengetahuinya, Paypal adalah sebuah media layanan online yang berfungsi sebagai sarana transaksi di dunia maya, simplenya Paypal bisa dikatakan sebagai “bank” yang ada di dunia online sehingga siapa saja yang sudah mempunyai akun Paypal bisa dengan mudah bertransaksi di dunia online dalam lingkup global. Dan Paypal yang kini telah di akuisisi oleh sebuah website jual beli internasional eBay tersebut, tercatat sebagai perusahaan layanan transaksi online terbesar dan dengan jangkauan terluas di dunia.

Namun mungkin kebanyakan dari anda masih belum tahu bahwa ada sosok luar biasa yang merupakan suksesor dari Paypal. Siapakah dia? Dialah Elon Musk, seorang insiyur teknik dengan talenta luar biasa dan juga mimpi yang tiada batas. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai kisah sukses dari pendiri Paypal ini, ada baik nya menyimak biografi singkat Elon Musk berikut ini.

Riwayat Hidup Elon Musk

Elon merupakan warga keturunan Kanada-Afrika, yang lahir di kota Pretoria, Afrika Selatan pada tanggal 28 Juni 1971. Ia merupakan anak dari pasangan suami istri yang cukup menarik, ayah Elon adalah seorang insinyur dan peneliti bernama Errol Musk. Ayah nya tersebut adalah seorang penduduk asli afrika selatan dan ibu nya adalah seorang ahli gizi sekaligus model berkembangsaan Kanada yang bernama Maye. Setelah menikah mereka memutuskan untuk tinggal dan membesarkan Elon di Afrika Selatan.

Elon muda adalah sosok yang sangat aktif dan terkenal cerdas dalam beberapa hal. Sesuatu yang cukup mengejutkan sudah ditunjuk kan oleh nya ketika ia menginjak usia 10 tahun. Ketika itu ia dibelikan sebuah perangkat komputer, dengan alat tersebut ia berhasil membuat sebuah program game yang sederhana namun sangat menarik bernama Blastar. Dua tahun setelah itu, program nya tersebut laku terjual dengan harga $500.

Artikel terkait: Cara membuat akun Paypal

Beberapa tahun berselang, ia telah tumbuh menjadi seorang pemuda dengan tekad yang lebih besar lagi. Tepat pada tahun 1988 ketika dirinya menginjak usisa 17 tahun, Elon memutuskan untuk pindah ke Kanada. Keputusan tersebut ia ambil karena ingin lebih mengembangkan bakat nya di bidang  teknik dan komputer. Disamping itu, di saat yang sama tengah digencarkan program wajib militer yang mengharus kan pemuda di Afrika Selatan untuk masuk militer, melihat potensi dari anak nya tentu orang tua Elon tidak mau jika anak nya berkembang di ranah yang tidak sesuai dengannya. Dan jadilah Elon pergi ke Kanada barat dimana banyak keluarga dari ibunya tinggal di sana.

Di sana ia melanjutkan studi dan berhasil menuntaskan S1 bidang teknik nya di University of Pennsylvania dan Universitas Wharton School. Namun keputusan besar ia lakukan ketika hendak menyelesaikan program pendidikan master nya di Universitas Stanford. Pada waktu itu ia memutuskan untuk tidak menuntaskan program master nya dan memilih fokus mengembangkan sebuah proyek pribadi nya, Zip2. Namun pengorbanan nya tidak sia sia, beberapa tahun setelah keputusannya tersebut, Zip2 menarik keinginan perusahaan besar Compaq AltaVista untuk membelinya dengan harga $ 341 juta, tentunya pencapaian yang seimbang dengan perjuangan dan pengorbanan nya.

Biodata Singkat Elon Musk

Lahir : Pretoria, 28 Juni 1971 (umur 42)
Tempat tinggal : Los Angeles, California
Kebangsaan : Amerika Serikat
Pendidikan :

  • Queen’s University
  • The Wharton School (BEc.)
  • University of Pennsylvania, (BSc.)

Website :

Elon Musk dan  Paypal

Setelah sukses dengan project Zip2 nya, pada tahun 1999 Elon kembali membuat gebrakan baru dengan membuat layanan online X.com. X.com sendiri adalah penyedian perencanaan keuangan online yang mulai populer setelah bergandeng dengan perusahaan Confinity yang akhirnya membentuk layanan transaksi online dengan nama yang masih sama dengan awal nya yaitu X.com. Namun setelah beberapa pertimbangan direksi akhirnya pada tahun 2001 nama perusahaan tersebut diganti menjadi Paypal Inc.

Pergantian nama tersebut ternyata membawa keberuntungan dan kesuksesan yang lebih besar bagi Paypal. Dan hingga setahun berselang, Ebay berhasil meninang Paypal bergabung dengan layanan usaha nya dengan biaya $ 1,5 miliar, harga yang sangat besar pada waktu itu. Dan berkat kerja keras dan dedikasi Elon pada Paypal, jadilah Paypal menggungguli banyak pesaing layanan serupa seperti Billpoint, AlertPay, Liberty Reserve, bahkan layanan dari Yahoo, Yahoo! PayDirect, yang harus gulung tikar karena tidak mampu bersaing.

Artikel lain: Matt Mullenweg ~ Kreator WordPress

Saat ini, Elon Musk masih aktif menjalankan banyak proyek diantaranya mengembangkan proyek instalasi teknologi luar angkasa, SpaceX dan perusahaan otomotif Tesla Motor. Dari sederet prestasi nya tersebut tidak sedikit penghargaan yang telah didapatkan oleh Elon seperti di antaranya menjadi jajaran Manusia Paling Berpengaruh versi majalah Time dan Esquire,  dan masih banyak lagi lainnya.

Ada beberapa orang di dunia ini yang di anugerah kan kelebihan baik dalam keadaan fisik maupun kemampuan berfikir. Namun semua anugerah yang telah diberikan oleh tuhan tersebut tidak akan ada arti jika kita kita bisa memaksimalkan nya menjadi sebuah tindakan nyata, seperti yang telah dilakukan oleh sang pendiri Paypal, Elon Musk. Be Inspired!


4 total comments on this postSubmit yours
  1. Mudah-mudahan ada generasi anak muda indonesia yang bisa berprestasi seperti elon,…aminn….

  2. Out of The box .. ! Orang kreatif cenderung berbuat berubah-ubah membuat orang lain cendrung berpikir dia tidak normal.

  3. referensi yg bagus nih. Ternyata elon musk benar2 orang yg kreatif.

    • Bukan hanya kreatif mas, tapi termasuk jenius juga nih orang dalam dunia usaha. Idenya gila dan baru, selalu out of the box.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com