Elevenia ~ eCommerce Pendatang Baru Di Indonesia

Elevenia Ecommerce Pendatang Baru Di Indonesia Elevenia ~ eCommerce Pendatang Baru Di Indonesia

Image dari techinasia.com

Di zaman yang sudah serba canggih ini, berbelanja tak hanya dapat dilakukan secara konvensional dengan mengunjungi pasar tradisional atau pusat perbelanjaan modern, tapi juga melalui perangkat mobile. Mungkin berbelanja dengan cara konvensional masih banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang ingin tawar menawar ketika membeli suatu barang atau orang-orang yang berniat melakukan shopping di mall. Akan tetapi bagi pebisnis atau kalangan eksekutif yang memiliki segudang aktivitas padat, berbelanja (membeli suatu barang atau jasa) harus dilakukan secara efektif dan cepat sehingga tidak membuang-buang waktu mereka yang berharga. Karena latar belakang itulah, konsep belanja ala #eCommerce semakin berkembang pesat di Indonesia.

Tidak mengherankan bila perkembangan online shop yang memanfaatkan konsep eCommerce kian berkembang pesat di Indonesia. Mulai dari online shop kecil-kecilan yang memanfaatkan social media seperti Facebook, Twitter dan BlackBerry Messenger hingga situs resmi yang meng-organize transaksi jual beli barang dan jasa dari seluruh Indonesia seperti TokoBagus.com atau Berniaga.com.

Seperti artikel saya sebelumnya tentang beberapa jenis eCommerce di Indonesia, situs Elevenia termasuk type classified atau daftar iklan baris. Situs-situs tersebut hanya menjadi fasilitator komunikasi antara pihak penjual dan pembeli. Situs tersebut memberikan fasilitas pada calon penjual untuk mengiklankan produk beserta deskripsi lengkap dan contact person yang dapat dihubungi.

Selain situs-situs berkonsep classified tersebut, ada pula situs yang memang menyajikan konsep Marketplace C2C (customer to customer). Situs semacam ini menyajikan virtual online shop kepada calon pembeli dan juga penjual dalam satu tempat persis seperti konsep di pusat perbelanjaan. Calon pembeli dapat bebas memasukkan produk apa saja yang ingin dibeli ke dalam “keranjang belanjaan” sambil melihat-lihat produk lainnya. Sedangkan penjual baik yang bersifat individual maupun perusahaan bisa menjual berbagai macam barang di sana, tentunya lewat ketentuan yang telah di tetapkan pihak ecommerce tersebut.

Ada beberapa situs yang sukses menyajikan konsep toko virtual tersebut di Indonesia seperti contohnya Tokopedia dan Lamido. Dan salah satunya yang paling gress adalah situs asli Indonesia, Elevenia.co.id. Dengan mengutamakan sistem keamanan jual beli barang plus konsep Escrow yang diusung ecommerce baru yang satu ini, menurut saya Elevania bisa saja menyodok naik menjadi salah satu ecommerce pendatang baru yang sukses.

Artikel lain: My Little Brown Box ~ Toko Online Parfum Pria Original

Perkembangan Ecommerce Elevenia

Elevenia adalah situs fasilitator yang menawarkan konsep berbeda dari situs lainnya. Bila situs-situs lain hanya memfasilitasi space pengiklanan dan selanjutnya menyerahkan kesepakatan transaksi pada pihak penjual dan pembeli, berbeda dengan konsep yang ditawarkan Elevenia. Situs ini merupakan produk dari PT. XL Planet (joint venture dari PT. XL Axiata Tbk dan PT. SK Planet Co, Ltd.). Elevenia akan memfasilitasi proses transaksi antara penjual dan pembeli. Penjual dan pembeli tak perlu berhubungan langsung atau melakukan COD (Cash On Delivery), tapi seluruh keamanan dan jaminan pembelian produk akan difasilitasi oleh Elevenia.

Situs Elevenia menyajikan desain website yang menarik dengan pemilihan warna layout yang atraktif. Para pengguna internet yang berselancar ke situs ini pasti tertarik untuk melihat-lihat apa yang disajikan dan ditawarkan oleh situs ini. Apalagi ketika melihat display produk yang menarik dan tag aneka diskon dan voucher belanja. Merelakan sedikit waktu untuk membuka kategori produk pasti tak masalah. Sampai Maret 2014 terdapat delapan kategori produk pada situs Elevenia yakni fashion, beauty & health, babies & kids, home &garden, gadget & computer, hobby dan service & food.

Bagaimana Sistem Transaksi yang Di organize oleh Elevenia?

Mengenai proses transaksi jual beli di Elevenia, seperti yang sudah saya katakana sebelumnya Elevania menggunakan sistem Escrow sebagai pihak ketiga dalam proses pembayaran. Pada tahap 1, pembeli melakukan transaksi pembelian dan membayar melalui fasilitas pembayaran yang disediakan Elevenia atau yang disebut Escrow tadi. Selanjutnya pada tahap 2, Elevenia akan memberi notifikasi pada penjual bahwa ada transaksi pembelian yang masuk.

Setelah mendapat pemberitahuan dari Elevenia, maka di tahap ke 3 penjual akan mengirimkan barang pada pembeli. Pada tahap keempat pembeli harus melakukan konfirmasi apabila barang telah diterima. Dan tahap terakhir yakni tahap ke 5, Elevenia akan melakukan pencairan dana pada penjual setelah menerima konfirmasi pembeli. Mungkin bagi rekan rekan yang pernah transaksi online di Forum jual beli Kaskus pasti sudah faham tentang proses tersebut.

Bertransaksi dengan Elevenia akan memberikan jaminan keamanan pada penjual maupun pembeli dan menghindarkan terjadinya penipuan. Ada dua paket keanggotaan yang ditawarkan Elevenia pada penjual, yakni penjual individu dan penjual atas nama perusahaan, detilnya bisa Anda baca di websitenya. Disamping itu bagi para pembeli, tersedia pula keanggotaan bagi pembeli yang mendaftarkan aktivitas pembelian. Tentunya Elevania menawarkan kemudahan bagi para member pembelinya.

Baca juga: 3 Langkah Cerdas Belanja Online Agar Lebih Puas

Mau coba dulu sebelum mendaftarkan account pembeli di Elevenia?

Jangan kawatir. Elevenia juga mengizinkan transaksi pembelian bagi pembeli non anggota dengan maksimal jumlah pembelian sebesar 1 juta rupiah. Sistem pembayaran via bank dan penggunaan jasa delivery juga sudah ditetapkan oleh Elevenia untuk menjamin kepuasan penjual dan pembeli.

Sebagai penutup berikut ini sebuah video tentang Ecommerce baru di Indonesia, Elevania. Bagi para shopper cewek, ada tas gratis dari CLK bagi para member Elevania yang beruntung, ekslusif brand-nya Cinta Laura lho icon smile Elevenia ~ eCommerce Pendatang Baru Di Indonesia

Terkait: #eCommerce, #Belanja online


7 total comments on this postSubmit yours
  1. Belanja di elevenia itu mengecewakan. Sudah di bayar tapi dicancel sepihak. Trus pengembalian uangnya ga jelas. Yang ada rugi belanja di elevenia. Aq kapokk ga lagi2 belanja di situ. Ga aq rekomendasiin buat para customer mending beli di situs online lain yang lebih jelas n ga bikin rugi.

  2. Untuk mendaftar di Elevenia memang mebutuhkan proses yang cukup panjang. Kalau mendaftar sebagai pembeli cukup gampang, tapi kalau mau menjadi penjual butuh proses yang lumayan panjang. Selain proses pendaftaran awal yang cukup ribet, waktu memasukkan (listing) produkpun ribet dan ruwet bukan main. Butuh kerja keras agar bisa tampil. Banyak sekali form yang harus kita isi. Tapi semua pasti ada tujuan dan manfaatnya kan. Semua demi kenyamanan, keamanan, dan kepuasan customer.

  3. Wah, tak disangka banyak situs bisnis daring yang meluncur di negara ini. Elevenia yang (menurut saya) baru muncul, ternyata sudah memiliki peringkat yang baik di Alexa. Ternyata situs seperti ini mampu menarik perhatian masyarakat dengan cepat.

  4. Indonesia makin dibanjirin ecommerce. yang penting memberi kemudahan utk customer dan tetap bersaing sehat aja.

  5. Makin ramai aja nih bisnis online, selagi masih positif, lanjut terus moga makin maju, daripada bisnis online tipu menipu dan arisan berantai, mendingan yang pasti-pasti aja deh

  6. ternyata di Elevenia banyak jual Barang Bekas :D,untuk register member di situs situs ini juga banyak pilihan,berbeda dengan situs tokopedia,untuk penjual badan usaha di haruskan alamat lengkap dan dokumen siup,aman sih tapi lumayan ribet daftarnya gan :D,

  7. Artikelnya bagus. Terimakasih informasinya, kalau ada waktu mungkin bisa berkunjung ke blog saya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com