Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

menahan komentar spam Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Belakangan ini banyak sekali komentar SPAM yang masuk ke blog saya, beberapa dikirim dengan menggunakan software yang berusaha meninggalkan link-link website lain di kolom komentar blog saya, dan beberapa dikirim dengan cara manual. Menurut saya tidak ada gunanya mengirimkan komentar SPAM seperti itu, selain mengganggu pemilik blog, promosi dengan cara seperti itu tidak akan efektif. Di bawah ini contoh komentar SPAM dengan menggunakan software.

Untuk komentar SPAM yang menggunakan software bisa diatasi dengan menggunakan plugin Akismet. Jadi, setiap SPAM Comment akan masuk ke folder SPAM di WP saya, dan akan lebih mudah menghapusnya sekaligus. Saya sangat merekomendasikan plugin ini untuk bloggers yang menggunakan platform WordPress untuk blog mereka. Namun, selain spam dari software, banyak juga komentar SPAM yang dikirimkan dengan cara manual. Nah, komentar seperti ini yang sering bikin repot.

Beberapa komentar yang masuk ke blog saya berisi link promosi afiliasi dan juga blog pribadi sahabat blogger lain dari dalam negeri. Sebenarnya tidak masalah promosi link affiliasi, tapi harusnya jangan di halaman komentarnya tp di kolom tempat meletakkan alamat website, dan tentu saja berkomentar dengan cara sewajarnya.

Beberapa komentar dari teman-teman blogger hanya berisi kata-kata yang sangat singkat, seperti “nice” “makasih sob“, “artikel menarik“, “terimakasih artikelnya“, dan lain-lain. Komentar mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik artikel yang ada di blog saya, jadi ya saya hapus saja. Yang saya heran, mereka yang melakukan SPAM dengan cara manual, ga capek ya? Hehehe.

Awalnya saya hanya menggunakan Akismet untuk menghalau komentar SPAM yang dikirimkan dengan menggunakan software. Ternyata tidak cukup karena banyak SPAM yang masuk dengan cara manual, jadi harus moderasi dan menghapusnya setiap hari.

Artikel terkait: Cara membuat blog gratis di WP dan Blogger

Bagaimana menyikapi komentar SPAM tersebut?

Sebagai blogger, tentu saya mengharapkan komentar dari pembaca artikel saya, tapi saya tidak ingin blog saya “terganggu” dengan adanya SPAM. Lalu, bagaimana caranya? Pemilik blog perlu memiliki alat untuk mencegah para SPAMers ini beraksi, atau paling tidak meminimalisir. Di bawah ini beberapa pilihan yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi masalah komentar SPAM tersebut:

Opsi 1: Pasang Captcha Pada Blog

Tadinya saya ingin memasang captcha pada bagian komentar di blog saya, jadi setiap orang yang ingin berkomentar harus mengetikkan kata yang tertera pada captcha yang muncul. Tapi menurut saya, ini justru membuat orang yang ingin meninggalkan komentar menjadi tidak nyaman, dan saya biasanya tidak suka berkomentar pada blog yang menerapkan cara seperti ini. Saya tidak mengunakan opsi ini.

Opsi 2: Menggunakan sistem Komentar Yang Berbeda (Diqus atau Jetpack)

Disqus sangat banyak digunakan saat ini. Namun, saya pribadi kurang menyukainya. Pada sistem komentar ini, teman-teman blogger tidak bisa meninggalkan alamat situs mereka karena Disqus tidak menyediakan kolom untuk mengisi alamat blog/website. Tentunya blogger ingin meninggalkan “jejak” blog mereka di blog lain untuk mendapatkan trafik dari blog tersebut.

Saling mengunjungi blog sahabat bloggers lain adalah salah satu cara yang sering dilakukan sesama blogger selama ini untuk berinteraksi satu sama lain. Jadi, kalau tidak ada kolom untuk meninggalkan alamat website, tentunya blogger lain akan enggan meninggalkan komentar di blog tersebut. Saya tidak menggunakan opsi ini.

Opsi 3: Menambahkan Check Box Untuk Mengaktifkan Tombol Kirim Komentar

Menurut saya ini adalah salah satu cara termudah untuk menghalau para SPAMers yang meninggalkan komentar dengan cara manual. Untuk menambahkan Check Box tersebut bisa dilakukan dengan cara manual menambahkan code tertentu pada file comments.php.

Saya lebih suka menggunakan plugin, yaitu dengan menginstal plugin GASP (Growmap Anti Spambot Plugin). Plugins ini gratis dan bisa ditemukan dengan menggunakan kolom search pada wordpress dengan mengetikkan keywords “Growmap Anti Spambot Plugin”, bisa juga dengan cara Download GASP dan upload melalui cpanel. Saya menggunakan plugin GASP dan plugin Akismet.

Conclusion:

Menurut saya, masalah komentar SPAM ini tidak akan bisa diatasi seratus persen hanya dengan mengandalkan plugin Akismet dan GASP. Kita tetap harus melakukan moderasi secara manual. Biasanya saya melakukan moderasi pada komentar yang baru masuk setiap harinya. Dan untuk beberapa orang yang sudah beberapa kali mengirimkan komentar, saya setting Auto approve tanpa moderasi lagi. Anda punya cara lain untuk mengatasi komentar SPAM? Silahkan bagikan melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya.


26 total comments on this postSubmit yours
  1. eh mas kira-kira komen dari spam bot itu bisa naikin trafik juga ya?

  2. Saya pakai gasp tapi ga mempan 100%
    kayanya si pada pakai spambot karena komennya panjang2 dan rata2 sama itu2 aja, tiap hari puluhan yg masuk.
    sy lagi nyari buat blok spambot & udah modif htaccess tapi masih pada lolos :(

  3. makasih banyak mas penjelasannya, di dashboard saya juga banyak komentr spam,smg bs dicoba

  4. Klo untuk Blogspot gmn gan ?

    oh ya, klo boleh tau cara naikin visitor blog/web dengan cepat gimana ya? blog saya sepi terus nih gan. Tolong dibantu

  5. memang komentar spam bikin pusing, dan malahan membuat memory virtual usage di cpanel jadi meningkat tajam…thank’s atas infonya mas.

  6. Spammer sekarang tambah merajalela, beruntunglah kita ada orang-orang baik yg menyediakan plugin utk menghalau spam.

  7. kalau untuk blogspot gmna ya mas ?

  8. Klo biar ga masuk sama sekali bisa ga ya
    soalnya kalo ngapusin satu2 di spam gempor juga.. tiap hari pasti ada aja yg komen (kayanya pake bot) soalnya isinya link semua sekarang lebih dari 800 yg harus diapusin

    Makasih

    • Saya pakai plugin Akismet juga, plugin ini akan memblokir semua SPAM yang dikirim dengan software.

  9. Artikel yang sangat bagus bermanfaat sekali . Terimaksih

  10. Lha kalau membuat pengaturan biar blog kita nggak perlu menampilkan captcha atau password gimana, mas? Pengaturannya dimana ya?

  11. Jika di biar kan komentar spam nya, lalu apa yang terjadi dengan blog kita ?

    • Sama saja kalau mas Fujianto ditanya, “kalau ada orang buang sampah di dalam rumah kamu, apa yang terjadi dengan rumah mu?”

  12. 1. cara buat menu tab (yg ada recent post, populer post, comments) dan social share seperti web maxmanroe.com gimana? tks

    • Halo Amrilio, themes ini didesain oleh web developer yang saya hire setahun yang lalu. Terus terang saya kurang mengerti coding, jadi saya ga bisa menjawab pertanyaan pertama. Saya menggunakan plugins advanced social share dari WordPress dan diatur sedemikian rupa sehingga akhirnya seperti yang kamu lihat di blog ini.

  13. Saya mau pake plugin spam quiz tapi ribet penggunaannya

  14. kalau untuk blogger bagaimana gan?
    kan tidak ada Plug in seperti WP, dan juga tidak ada Chek box, palingan yang ada submit captha doank…………

  15. Waktu itu pernah liat yg bukan pake captcha, pake matematika. Jadi yg komentar hrus jwb soal dulu. Kira” ada pluginya ga ya mas?

    • Iya, itu ada pluginnya juga. Tapi saya kurang suka pake itu, yang mau komen malah terganggu

  16. wah ini baru info yg saya cari, hampir bingung setengah mati untuk menghadapi komen spam -_-
    thanks gan :D

  17. Kalau pakai wordpress lebih enak mas langsung masuk perangkap komentar spamnya coba kalau blogspot masih ada juga yang masuk spamnya terutama link hidup.

    • Pake moderasi berarti mas, jangan otomatis approve.

  18. Selama ini ini sih spam yang aneh-aneh spt bahasa yg aneh dengan link ga jelas langsung masuk ke spam box, ada yg bisa terlihat ada yang tidak.

    Kalau blog di pasangi captcha bikin pengunjung malas berkomentar, klo pas online dari hp tulisannya kecil sekali 2-3 kali coba selalu salah captcha ya gagal berkomentar deh :D .

    • Syukurlah, blog saya belakangan ini banyak komentar spam nya. Yang saya heran, udah pake akismet tp masih ada yang lolos, makanya saya tambahin lagi pakai centang box biar tambah aman hehehe

  19. Nah ini yang aku cari, banyak banget comment spam sampai mesti hapus2in

    • Iya mas, memang harus sabar menghadapi para spamer ini. Mau gimana lagi, kadang memang harus hapus komen dengan cara manual hehehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com