Cara Menghapus Semua Direct Messages di Twitter dengan Mudah

direct messages Cara Menghapus Semua Direct Messages di Twitter dengan Mudah

Semua pengguna Twitter pasti sudah tahu tentang fasilitas Twitter yang satu ini – Direct Messages atau sering disingkat dengan DM. Fasilitas DM ini sering digunakan untuk berkomunikasi dengan followers atau orang yang kita follow dan lebih private dibanding tweet biasa – orang lain tidak bisa membacanya. Jika Anda sangat sering menggunakan fasilitas DM ini ketika berkomunikasi dengan teman Anda di twitter, kemungkinan besar inbox DM Anda sudah dipenuhi dengan banyak sekali pesan. Memang ini tidak berpengaruh pada akun twitter kita, tapi tentu saja kita ingin membersihkannya suatu saat agar inbox di twitter tidak terlalu banyak.

Terus terang, fasilitas DM ini seringkali mengganggu aktifitas saya di twitter. Kebanyakan orang yang mengirimkan pesan ke inbox saya mengirimkan pesan promosi website atau bisnisnya, bahkan menurut pengalaman saya fasilitas ini sangat sering dimanfaatkan oleh SPAMMERS. Bayangkan saja, dalam hitungan menit bisa ada 5 pesan yang masuk ke inbox saya, dan 90% dari DM itu adalah SPAM berisi link yang dikirim dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ini yang membuat inbox saya banyak diisi pesan dari orang yang tidak saya kenal, dan pastinya saya ingin menghapusnya.

Selain spammers, fasilitas DM ini seringkali digunakan para penipu online untuk mencuri akun twitter orang lain atau informasi penting seseorang, misalnya informasi kartu kredit, password, data pribadi yang sensitif, dan lain-lain. Berhati-hatilah dengan pesan berisi link yang masuk ke dalam inbox Anda. Jangan pernah meng-klik link yang ada di dalam pesan itu karena bisa jadi itu adalah kegiatan phising. Baca selengkapnya apa itu Phising.

Artikel terkait: Cara menambah followers di Twitter

Sayangnya Twitter tidak menyediakan fasilitas untuk BULK delete DM yang masuk ke inbox. Kalau ingin menghapus DM yang masuk harus dilakukan secara manual satu per satu, hmm… sangat memakan waktu dan membutuhkan kesabaran ekstra hehehe. Aplikasi resmi twitter mobile memberikan fasilitas untuk menghapus direct messages atau percakapan dengan pengguna tertentu, tapi dengan fasilitas ini kita tidak bisa menghapus DM sekaligus hanya dengan satu klik saja. Nah, untuk membantu kita menghapus semua DM sekaligus, sekarang sudah ada aplikasi twitter yang sangat berguna dan mudah dalam pemakaiannya.

Bagaimana Cara Menghapus Semua Direct Messages di Twitter Sekaligus?

Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka halaman situs DMCleaner.com
  2. Klik tombol “Sign in with twitter” untuk login ke aplikasi tersebut dengan menggunakan twitter OAuth.
  3. Ketika sudah login, DMCleaner akan memeriksa semua daftar DM yang ada di akun twitter Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan beberapa pilihan dalam menghapus DM di twitter,  apakah Anda ingin menghapus semua DM atau sebagian saja. Lihat gambar:

cara menghapus direct messages Cara Menghapus Semua Direct Messages di Twitter dengan Mudah

Kita bisa menghapus semua DM yang ada di inbox dan juga outbox. Kita juga bisa memilih pesan tertentu yang ingin dihapus, misalnya Anda ingin menghapus DM di inbox saja. Jika Anda ingin menghapus DM dari orang tertentu, maka Anda bisa meng-klik link “Delete only DMs with specific users”, masukkan username profile orang tersebut (tanpa tanda @) ke dalam kolom isian lalu klik tombol “Apply Changes”. Tapi jika Anda ingin menghapus semua DM maka Anda bisa meng-klik link “Delete all received DMs”, lalu klik tombol “Apply Changes”. Setelah itu DMCleaner akan menghapus pesan dalam inbox sesuai dengan perintah yang Anda lakukan sebelumnya.

Jika sebelumnya DM yang masuk ke dalam inbox Anda jumlahnya sangat banyak dan Anda ingin menghapus semuanya sekaligus maka prosesnya akan membutuhkan waktu yang agak lama. Namun, dengan bantuan aplikasi ini, proses menghapus direct messages dalam inbox akun twitter kita akan jauh lebih mudah. Semoga artikel ini membantu icon smile Cara Menghapus Semua Direct Messages di Twitter dengan Mudah


19 total comments on this postSubmit yours
  1. Mas kok waktu saya ngehapus belum selesai juga yaa…. ada sekitar 319 dm yang masuk.. udah dua jam nungguin nih:(

  2. ngga berhasil tuh, masih nyepam juga

  3. makasihh gan atas infonyaa niceee

  4. sob saya punya 2 pesan masuk di twitter , tapi pas di lihat tidak ada pesan masuknya dan tidak bisa ilang juga pesan masuk tersebut meski sudah pake DMCleaner juga. itu gimna ya sob ??

    • Coba pake cara manual, bisa jadi itu adalah pesan lama yang lupa di hapus… jadi perlu dicek satu per satu

  5. dok, following saya tuh nambah banyak (otomatis) mau hapus semua gmn caranya ya? thanks

    • Cara menghapus following yang tidak follow back Pake tweepi.com, daftar dulu. Nanti bisa dipelajari pelan-pelan :)

      • akun twiiter sy sering ikut aplikasi followers, tp sekarang jika pakai lagi laporan yg menjadi follower nambah tapi di daftar followersnya todak nambah… gimana ya.. terima kasih

  6. Kmrn baru delete 1 per 1 :)

  7. Wahh makasih ya informasinya :D

  8. Wahh terima kasih Sob informasinya.. memang selama ini lumayan kesel dengan DM2 bginian, notifikasinya malah menuh2in email, wkwkwk tapi yang mbuat sy lebih kesel sekrg adalah akun twitterku suspende, apa ada solusinya? heheheh salam kenal…

    • Kalau akun twitternya di suspend, ajukan pada twitter utk mengembalikan akunnya mas Ancis. Salah satu twitter yang saya kelola pernah disuspend, tapi bisa dikembalikan lagi kog. Nanti akan saya buat artikel untuk membahas masalah itu. Thanks :)

  9. Wah saya mau coba aplikasinya. Sebelumnya ya memang hapus satu persatu DM, makan waktu. Dulu saya kira DM muncul di publik, untungnya tidak ya krn kadang ada link yg aneh2.

    • DM memang fungsi nya untuk berkomunikasi secara private pada tweeps lain, tp sekarang jadi banyak spamers dan scamers yang menggunakan DM. Jadi mengganggu

  10. mantaap tipsnya, kang..
    meski saya jarang dapet DM.. :D

    • Jarang dapet DM ya, pasti followersnya atau following nya sedikit hehehe :D

  11. saya jarang dapet DM, kang..
    soalnya jarang twitteran .. :D

    • Wah kalo itu sih pasti jarang, lebih aman lagi kalo ga punya twitter hahaha

  12. Nah ini dia yang kucari.. artikel yang sangat membantu.. :)
    Thanks

5 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com