Cara Mengamankan Blog WordPress Dari Serangan Hacker

Saya pernah punya pengalaman buruk pada salah satu blog WordPress yang saya bangun untuk affiliasi Amazon. Blog tersebut punya pengunjung yang cukup stabil dan sudah menghasilkan. Tapi tiba-tiba suatu hari blog tersebut kena hack. Parahnya, saat itu saya sedang keluar kota selama seminggu lebih dan tidak menghetahui bahwa website saya tersebut berhasil diserang oleh hacker. Akibatnya, blog tersebut mengalami penurunan SERP yang sangat signifikan dan kehilangan trafik. Anda pernah mengalami hal yang sama? Tahu kan rasanya gimana? DONGKOL!

Menurut data yang saya dapat per bulan Januari 2014, ada 100 – 200 upaya login tanpa authorisasi ke website Maxmanroe.com setiap harinya. Rata-rata upaya yang dilakukan oleh para hackers untuk masuk ke website ini adalah dengan tehnik brute force. Pada saat ini, mungkin saja website Anda juga menjadi salah satu target para hacker tersebut…hayoo! Lalu bagaimana cara mengamankan blog WordPress?

Cara Mengamankan Blog WordPress Dari Serangan Hacker Cara Mengamankan Blog WordPress Dari Serangan Hacker

Image dari copyblogger.com

Menjaga keamanan sebuah blog WordPress itu dilihat dari dua sisi, yaitu keamanan dari servernya dan juga dari script WordPressnya. Blog Maxmanroe.com saat ini menggunakan Virtual Private Server (VPS) sehingga saya harus mengoptimalkan sendiri keamanan server saya. Berbeda dengan blog WordPress pada shared hosting, cukup hanya mengoptimalkan pada sisi script WordPress-nya saja. Oh ya, waktu itu saya khusus menyewa orang untuk mengoptimalkan keamanan VPS saya, soalnya untuk pekerjaan yang satu ini sangat vital dan harus dilakukan oleh orang yang kompeten. Nah, di artikel ini saya khusus membahas optimasi keamanan blog WP dari sisi script WordPress-nya.

Artikel lain: Mengapa blog saya menggunakan WordPress

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengamankan blog WordPress dari serangan hacker:

1. Full Back up File Blog WordPress

Langkah pertama yang wajib kita lakukan sebelum melakukan hal lainnya adalah melakukan full back up terhadap seluruh file blog Anda. Hal ini sangat diperlukan jika terjadi kesalahan atau error sewaktu Anda melakukan setting keamanan blog. Anda bisa melakukan full back up file melalui cPanel.

2. Gunakan Password Yang Kuat

Langkah ini sebenarnya yang paling mudah, dan saking mudahnya orang sering lupa melakukannya. Buatlah password yang kuat untuk login ke WP admin dan cPanel blog Anda. Sebagian orang mungkin tidak ingin pusing membuat password yang kuat untuk blog mereka, tapi akan terasa sangat pusing bahkan pusing tujuh keliling jika blog Anda dihack orang lain karena password blog Anda tidak kuat.

Kalau Anda bingung bagaimana cara membuat password yang kuat, silahkan baca artikel saya sebelumnya, yaitu tips membuat password yang lebih kuat. Tapi mohon jangan menggunakan password yang ada di artikel tersebut, banyak orang yang sudah membacanya hehehe.

3. Gunakan Admin User Dengan Nama Yang Unik

Ketika kita menginstal WordPress ke hosting, secara default nama admin user nya adalah “Admin”. Ini bukan pilihan nama Admin yang unik karena sangat mudah ditebak hacker. Jika Anda terlanjur menggunakan user name “Admin” saat menginstal WordPress, saya sarankan untuk mengganti nama adminnya dengan yang lebih unik. Ini bisa dilakukan dengan cara menambahkan user Admin baru yang lebih aman:

a. Pada dashboard Anda, klik “Users” – “Add New”. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka pada username dan passwordnya, masing-masing minimal 8 karakter.
b. Setelah Anda buat admin user baru, silahkan logout dari dashboard Anda. Lalu login ke dashboard lagi dengan user baru tersebut.
c. Klik “Users” – “All Users”, pada user lama silahkan klik EDIT, lalu ubah RULE nya menjadi “no role for this site”. Lalu klik SAVE. (credit to klikhost.com)

4. Install Plugins Untuk Keamanan

Sebenarnya WordPress itu sendiri sudah memiliki keamanan yang sangat baik. Namun, tentu saja setiap website yang menggunakan script WordPress membutuhkan pengaturan keamanannya sendiri. Nah, untuk itu kita perlu menginstal beberapa plugins berikut ini:

A. Better WP Security 

Plugin ini membantu melindungi instalasi WordPress Anda dari penyerang. Memperkuat standar keamanan WordPress dengan menyembunyikan daerah vital situs Anda, melindungi akses ke file penting melalui htaccess, mencegah usaha login brute-force, mendeteksi upaya serangan, dan banyak lagi.

Update: Saya sudah tidak menggunakan plugin Better WP Security karena update terbaru (berganti nama jadi iTheme Security) yang dirilis oleh developernya ternyata membuat server saya bermasalah.

B. BulletProof Security

BulletProof Security melindungi situs Anda dari XSS, RFI, CRLF, CSRF, Base64, Kode Injection dan SQL Injection, upaya hacking. Melindungi wp-config.php, bb-config.php, php.ini, php5.ini, install.php dan README.html dengan melindungi keamanan htaccess, dan lain-lain.

C. Login LockDown

Menambahkan beberapa keamanan ekstra untuk WordPress dengan membatasi jumlah gagal login dan kapan dapat kembali mencoba lagi dari berbagai IP yang diberikan.

Cara seting ketiga plugins ini bisa dilihat di sini

D. Wordpress Firewall

Plugin ini akan mem-blok permintaan yang tampak mencurigakan ke WordPress. Cara setting plugin ini sangat mudah, sebenarnya plugin ini dibiarkan default saja sudah bekerja dengan baik.

5. Ubah File Permision di cPanel

Langkah selanjutnya adalah dengan mengubah permision untuk beberapa file di dalam cPanel blog WordPress Anda. Diantaranya:

  • .htacces > ubah permisionnya menjadi 0404
  • wp-config.php > ubah permisionnya menjadi 0400
  • index.php > ubah permisionnya menjadi 0400
  • wp-blog-header.php > ubah permisionnya menjadi 0400
  • wp-admin > ubah permisionnya menjadi 0705
  • wp-includes > ubah permisionnya menjadi 0705
  • wp-content > ubah permisionnya menjadi 0705
  • wp-content/bps-backup > ubah permisionnya menjadi 0755

6. Lakukan Update Pada WordPress dan Plugins

WordPress selalu melakukan update setiap kali ada bug pada script mereka. Informasi update ini bisa kita lihat melalui dashboard WordPress blog kita masing-masing. Bagitu juga dengan plugins, kebanyakan plugins WordPress melakukan update untuk mengoptimalkan plugins tersebut. Anda harus hati-hati pada sebuah plugin yang tidak pernah ada update, kemungkinan developernya sudah tidak memberikan support atau sudah melupakan plugins mereka.

Beberapa orang mungkin tidak mau meng-update script WordPress dan plugins mereka karena khawatir akan terjadi crash saat pada saat melakukan update. Tapi akan lebih menyakitkan lagi kalau blog Anda dihack orang karena tidak mengupdate script WordPress blog Anda. Ayo pilih mana?

Baca juga: Membuat website versi mobile dengan WP Touch Pro

7. Menyewa Hosting Yang Handal

Seperti yang saya sebutkan di awal, keamanan blog WordPress kita juga tergantung dari sisi servernya. Karena blog saya menggunakan VPS, saya juga harus memperhatikan keamanan servernya. Saat ini saya menggunakan VPS dari Hawkhost dimana salah satu fitur paket yang saya beli dilengkapi dengan fitur keamanan.

Berbeda jika Anda menggunakan shared hosting, Anda hanya fokus pada keamana dari sisi script WordPress-nya. Kalau Anda ingin menggunakan shared hosting, sebaiknya pilihlah hosting yang berkualitas dengan tingkat keamanan yang baik.

Ok, di atas tadi adalah beberapa langkah yang saya lakukan untuk meningkatkan keamanan blog WordPress saya. Saya tidak mengatakan bahwa dengan melakukan langkah di atas maka blog WordPress Anda akan aman 100%. Tapi setidaknya, cara tersebut dapat membuat blog WordPress Anda jauh lebih aman dari sebelumnya.


21 total comments on this postSubmit yours
  1. Pada poin3, kalau tidak memodifikasi theme agar tidak menampilkan link author posts, tetap saja mudah diketahui. Kalau urusan bruteforce saya cuma mengamankan dengan menentukan IP yang boleh mengakses wp-login.php menggunakan .htaccess, dan saya tidak suka menggunakan plugin apapun untuk WordPress.

    • Good Job… banyak cara untuk mengamankan blog, artikel ini hanya salah satu dari sekian banyak cara :)

  2. Aduh saya barusan malah install plugin better wp security. Setelah baca dari artikelnya max monroe, aku jadi panik. Aku coba cari referensi lain, ternyata benar banyak kasus ERROR setelah menginstall plugin better wp security dan melakukan update rutin plugin atau wp version. Bahkan ada yang setelah uninstall blognya jadi terkena blank screen (aku jg gak ngerti apa itu, tapi dari namanya saja sudah menakutkan).

    Jadi baru install 2 jam-an, aku langsung hapus aplikasi ini. Untung pas selama aplikasi ini terinstall belum ada update apa2 dari plugin2 yang terpasang. Ya meski sempat update beberapa setingan, tapi hanya setingan luar saja, seperi blok akses ke wp-config atau ke readme, hanya sekitar 4-5 setingan saja.

    Setelah aku hapus/unistall, puji syukur blog masih dalam keadaan aman, c-panel berfungsi, wp-admin berfungsi, dan blog berjalan bagus/bisa diakses. Apa ada yang perlu aku cek lagi kak monroe untuk lebih amannya?

    • Perlu dicek saat logout apakah webnya berjalan normal, kadang saat kita login web berjalan normal tapi pas log out webnya error. Dulu web saya pernah blank setelah log out, ternyata terjadi crash akibat plugin WP cache dan beberapa settingan. Yang saya lakukan menghapus cache web dari cpanel dan menghapus plugin yg bermasalah.

      • Puji syukur sudah sehari ini aman kak. Tidak ada username yang berubah, logout login lancar. Sudah cek di c-panel pluginnya sudah engga ada. Semoga benar2 aman. hehe

        • Oh ya mas, untuk file2 permission itu di bagian cPanel » File Manager » public_html » klik menu File Permission yang di paling KANAN pada tiap folder/file yah?

          cuma gitu doang ya mas, engga ada tambahan seting lain lagi?

          • Yup benar sekali. File permission untuk tiap file/folder sesuai dengan nama yang saya sebutkan di atas. Ya, gitu aja sih. Tapi kalau nanti misalnya kita mau setting fitur lain dari WP yang membutuhkan akses ke .htacces maka file permissionnya diubah dulu baru disetting. Kalau udah disetting baru kita kembalikan lagi seperti di atas.

  3. Bener gan, ane cukup gunain wp-better security, manteb banget plugin ini, tapi nyiksa banget saat pindah hosting. :D

  4. wah.. iya om,,, beberapa waktu yang lalu saya juga dapat email dari Firewall yang mengatakan ada orang yang berupaya masuk ke wp saya… untung saya install plugin firewall yang om katakan disalah satu halaman posting om.. :D terimakasih banyak om.. saya jadi sedikit tahu hal yang sensitif kayak gini

  5. Baru tahu sekarang kalo di WP ada plugin untuk security makasih mas atas informasinya

  6. Bisa2 yg pnya blognya bingung cara masuk ke blognya sendiri.. Hehheh

    • Hehehe makanya harus hati-hati juga saat setting keamanan blog WP nya. Sebenarnya nggak terlalu sulit untuk melakukan langkah-langkah di atas, coba satu-satu nanti juga bisa sendiri. Ya paling nggak kita harus mau belajarlah, nanti lama-lama akan lebih paham.

  7. Bagaimana dengan hostingan Indonesia apa cukup aman dari ancaman hacker, saya pake idwebhost gan.

  8. Yang paling penting kayanya backup walau kadang males :)
    biar gimana yg namanya hacker pasti bisa cari akal
    kalo sy paling backup mingguan & pilih manual aja databasenya sy backup

    • Bener mba, back up data base itu penting banget. Harus dilakukan secara rutin, paling nggak sekali sebulan lah :)

  9. makasih banget ilmunya mas,saya sangat baru sekali dalam wp masih awam soale mas

  10. di karenakan dulu blog saya copas mas 95%, awalnya cuma di hack di peringatkan dengan merubah tampilan index, saya sudah minta maaf, ternyata masih belum cukup, lusanya malah di babat habis postingan blog saya, padahal saya copas juga nyantumin sumbernya, selain itu saya copas juga copas viral, saya copas bersumber dari blog copas, blog yang saya copas juga blog copas juga bgt seterusnya mas, saya malah g pernah copas dari blog dengan content ori, kalau kata bang amdhas, plugin security malah bisa jadi sumber hacking mas, dan saya disarankan untuk gak memakai plugin security, jadi ya saya ikutin saja mas saran bang amdhas untuk g gunakan.

    • Oh pantesan waktu itu saya buka blognya mas Rizky malah diredirect ke web orang lain. Banyak lho orang yang ga suka blognya dicopas walaupun ngasi sumber hehehe. Hmm blogger terkenal dari luar dan dalam negeri selalu menyarankan untuk pasang plugins security, kog Amdhas malah menyarankan sebaliknya… btw siapa Amdhas itu? Mungkin yang dia maksud mengamankan dengan cara manual ya, dengan coding tertentu di file WordPress nya.

  11. meski blog saya pernah 2x di bantai hacker, tapi justru dari itu saya malah banyak pelaaran yang saya dapatkan dan saya malah berterima kasih sama mas hackernya, untuk urusan keamanan blog saya tanpa plugin security mas, kata bang amdhas malah g bagus katanya kalau pakai security.

    • Kog berterimakasih sama hacker nya? Alasannya ga bagus pakai security kenapa mas? Menurut saya, justru pemilik blog/ website harusnya sangat perhatian pada security. Saya jadi bingung nih sama komentarnya mas Rizky hehehe.

2 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com