Cara Memulihkan Situs Yang Kena Dampak Algoritma Google Penguin

bisnis ibu

 penguin recovery plan Cara Memulihkan Situs Yang Kena Dampak Algoritma Google Penguin

Tips Memulihkan situs yang kena dampak algoritma Google Penguin

Pada era algoritma google panda dan penguin, para webmaster dan praktisi SEO pasti akan lebih berhati-hati dalam melakukan optimasi situs yang mereka kerjakan karena bila salah strategi bukan SERP yang bagus akan didapatkan tapi bisa jadi website yang dioptimasi malah turun SERP nya atau bahkan bisa masuk sandbox. Bahkan ketika anda melakukan taktik SEO yang anda anggap aman, google bisa menganggapnya sebagai kegiatan SPAM. Hal ini bisa anda liat dari begitu banyaknya keluhan di internet dari ratusan bahkan ribuan orang karena website mereka mendapat posisi buruk di SERP akibat update algoritma google penguin, walaupun mereka mengaku melakukan kegiatan SEO dengan cara yang menurut para praktisi SEO adalah cara yang sangat baik.

Jika anda bertanya bagaimana cara memulihkan dampak algoritma google penguin, maka boleh saya katakan tidak ada jawaban yang pasti yang bisa menjadi jaminan bahwa SERP situs anda akan kembali seperti semula! Tapi google memberikan beberapa pedoman dan rekomendasi pada Google Webmaster Guidelines nya, dan juga tehnik untuk mengurangi kemungkinan onpage over optimization, mengurangi kemungkinan offpage over optimization, dan kualitas konten situs. Semoga beberapa tips berikut ini dapat memulihkan situs anda yang terkena dampak algoritma google penguin ataupun update google berikutnya:

1. Ubah Onpage Optimization Situs

Untuk membantu kegiatan SEO anda, onpage SEO adalah salah satu yang diperlukan, tapi melakukan onpage optimization yang berlebihan pada situs anda akan membuat situs anda jelek di mata search engine. Banyak webmaster yang melakukan optimasi situs yang berlebihan dan bahkan menjadi prioritas utama mereka sebelum melakukan kegiatan backlink.

Mesin pencari akan sangat mudah mengetahui tehnik over onpage optimization yang dilakukan oleh webmaster, namun tidak pasti seperti apa praktek yang membuat sebuah situs dianggap sebagai “over optimization”. Dari informasi yang saya temukan secara online ada beberapa faktor yang menjadi kriteria mesin pencari menganggap sebuah situs “onpage over optimization”

- Title tags yang berlebihan adalah salah satu faktor yang bisa membuat sebuah website dianggap over optimization oleh mesin pencari. Mungkin selama ini anda menggunakan title tags seperti ini Keyword 1 | Keyword 2 | Keyword 3, kalau anda menggunakan title tags seperti ini kemungkinan besar mesin pencari akan menganggap situs dioptimasi berlebihan dan bisa dianggap SPAM. Title tags yang baik yang bisa anda pakai adalah dengan menggunakan frase yang mengandung salah satu keywords situs anda, dan maksimalkan title tags anda maksimum 60 karakter.

- Heading tags yang berlebihan juga salah satu faktor kenapa sebuah situs dianggap over optimization. Gunakan header tags yang mudah dibaca oleh user situs anda lebih baik dibanding bila anda mengulang header tags beberapa kali pada konten anda.

- Intenal links, membuat internal linking pada setiap konten anda adalah strategy yang baik. Buatlah internal linking dari sebuah konten ke konten yang lain dalam situs anda yang memang masih terkait dan lakukan internal linking dengan cara yang alami.

Tehnik keywords stuffing sudah tidak berlaku lagi sejak lama, jadi anda lebih baik melupakan strategy itu untuk selamanya. Jika beberapa konten anda masih terdapat keywords stuffing, segera lakukan perubahan pada konten tersebut dan pastikan anda tidak melakukannya lagi untuk konten anda berikutnya.

2. Hapus Backlinks Yang Buruk dan Bangun Kembali Backlinks Yang Baru

Bila anda pernah melakukan backlinks yang berlebihan pada situs anda maka kemungkinan besar anda akan menerima notifikasi di akun google webmaster anda bahwa situs anda mendapat backlinks yang berlebihan. Dan anda perlu melakukan perbaikan backlinks anda secepatnya sebelum masalah yang lebih banyak didapatkan oleh situs anda. Berikut ini adalah beberapa elemen yang perlu anda tambahkan pada situs anda:

- Linking domain diversity, menerima backlinks terlalu banyak dari sedikit domain dapat membuat situs anda dianggap sebagai over optimization, biasanya ini terjadi bila links situs anda berada pada site wide, header, atau footer di situs lain. Bila memungkinkan, anda bisa menghubungi webmaster situs tersebut dan meminta dia untuk menghapus link anda dari site wide, header, atau footer situs nya. Tapi bila mereka tidak merespon permintaan anda, sebaiknya anda segera membangun backlinks ke situs anda dari situs-situs authority untuk mengurangi efek buruk pada SEO situs anda.

- Bad Neighborhood backlinks, cek sumber backlinks situs anda apakah ada backlinks dari situs-situs porno, judi, atau sejenisnya. Backlinks dari situs-situs ini dapat memberikan dampak buruk pada SEO situs anda, jadi bila anda pernah mendapat links dari situs-situs sejenis sebaiknya anda segera menghubungi pemilik situs dan memintanya untuk menghapus link anda.

- Anchor text, menggunakan anchor text yang sama atau terlalu sedikit fariasi pada semua backlinks situs anda tentu saja akan membuat situs anda dianggap over optimization. Secara logika, bagaimana mungkin semua backlinks menggunakan anchor text yang sama, itu sangat tidak wajar. Selanjutnya anda lebih baik menggunakan anchor text berfariasi dan luas untuk setiap backlinks yang anda bangun.

3. Fokus Pada Kualitas Konten

Tujuan mesin pencari adalah untuk menghasilkan pencarian yang terbaik bagi penggunanya, dan hal ini berarti menyajikan konten yang berkualitas dan menyisihkan website SPAM. Lalu anda mungkin bertanya, konten berkualitas itu seperti apa?

Bila anda tidak yakin konten yang baik itu seperti apa, sebaiknya anda meminta seorang teman yang tidak mengerti tentang SEO untuk membaca konten anda, dan mintalah pendapatnya tentang konten anda tersebut. Anda juga dapat membaca salah satu sumber untuk menilai kualitas konten anda, silahkan baca artikel ini.

Jika saat ini situs anda tidak terkena panda atau penguin, jangan berpikir bahwa situs anda tidak akan terkena penguin dan panda di masa yang akan datang. Search engine terutama google selalu melakukan update pada algoritmanya, jadi sebaiknya anda mulai mengatur strategi SEO anda secara keseluruhan.


12 total comments on this postSubmit yours
  1. web saya sudah terlanjur dibuang google baru dpt info ini :(

  2. sip gan infonya… sangat membantu buat ane yang masih pemula

  3. Thanks artikelnya Mas

  4. dan akhirnya blog saya pon ikut juga kena imbasnya google sanbox, sangat sedih rasanya kehilangan visitor setia, berharap ini cepat belalu dan kembali normal seperti awalnya,
    Thanks Om buat postingan ini, sangat membantu

  5. Memang benar hapus backlink itu perlu jika sudah terasa efek buruk dan dapat pesan dari webmaster google. Makanya di google webmaster disediakan tool Disavow link untuk mencegah pengindekan sumber backlink.

    Selain Disavow link. saya juga menghapus backlink dari beberapa blog saya dan hasilnya serp jadi naik. ketika itu sedang optimasi mengikuti kontes seo menggunakan blogspot.

    Cara lain untuk mengatasi hal seperti ini periksa link yang rusak di blog sendiri maupun di sumber backlink kita. Jika ada link rusak di sumber backlink maka gunakan Disavow link.

  6. Hmmm, Google Penguin memang membuat kacau. Terimakasih artikelnya menambah wawasan saya untuk memulihkan blog saya di SERP.
    Salam persahabatan.

  7. mungkin ini yang saya perlukan. blog saya kena dampaknya. Masak artikel terbaru gak ada yang ke index, udah itu visitor menurun drastis lagi

    semoga dengan cara ini bisa kembali lagi

  8. Jangan asal ngomong … Emang Bung tau berapa jumlah backlink mereka yang terkena penguin. Ngawur ngatasin penguin pake ngapusin backlink.

    • Hello bung Brian,

      Saya ga ngomong lho, saya nulis kog hehehe :D
      Saya ga harus tau berapa jumlah backlinks orang lain, ga perlu mas. Tapi harusnya orang yang punya website tau backlinks websitenya dapat dari mana aja (jika backlink itu dibangun, bukan alami karena diberikan oleh orang lain secara sukarela). Kalau situs sampean dikasi backlinks dari situs-situs spam dengan jumlah yang sangat banyak dan tidak ada variasi anchor text (kita ga bicara angka spesifik) pasti efeknya ya kena pinalty.

      Nah, kalau kita bisa request ke yg punya website utk menghapus link kita, ya kenapa enggak? Bangun backlinks lagi dari authority site, karena pada intinya jumlah backlinks bukanlah yang utama, tapi sumbernya. Kalau memang nggak bisa, ya coba bangun backlinks baru dari high authority site, dan bangun konten yang berkualitas. Oh ya, kalau memungkinkan dapatkan trafik dari sumber lain, misalnya media sosial.

      Sepertinya bung Brian lebih mengerti tentang SEO dan perubahan algoritma Google dibanding saya… saya masih belajar lho bung Brian :). Kalau bung Brian mengatakan saya ngawur, tolong kasi tau saya cara yang benar untuk memulihkan situs yang kena dampak update algoritma Google penguin.

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :D

  9. luar biasa nih gan artikelnya! ini salah satu artikel yg sy cari web sy salah satu kena peringatan dari google penguin

  10. Terima kasih tips-nya. Sangat bermanfaat.

2 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow Me on Twitter

Join My Circle in Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com