Cara Membuat Website/ Blog WordPress Versi Mobile Dengan WPTouch Pro

Cara Membuat Website Blog WordPress Versi Mobile Cara Membuat Website/ Blog WordPress Versi Mobile Dengan WPTouch Pro

Kita tahu bahwa pengguna smartphone di Indonesia semakin meningkat, dan jumlah peningkatan ini terlihat sangat signifikan. Kemudahan dalam mengakses internet melalui ponsel pintar membuat kebanyakan orang tertarik untuk memiliki perangkat mobile tersebut. Tidak hanya untuk mengakses media sosial dan email, pengguna smartphone juga sering membuka konten dari halaman website/ blog untuk membaca informasi yang ada di sana. Nah, bagi pemilik website/ blog wordpress, Anda harus menyediakan versi mobile untuk situs Anda.

Website maxmanroe.com saat ini menggunakan Plugin WP Touch Pro 3 untuk membuat versi mobile nya. Plugin ini saya beli dari situs www.bravenewcode.com dengan harga $49 untuk single license. Sebenarnya plugin ini tersedia dalam versi gratis yaitu WP Touch yang bisa kita download dari Dashboar WP Admin masing-masing, dan saya pernah menggunakan versi gratisnya selama beberapa bulan. Namun, saya melihat banyak kelebihan versi berbayarnya, jadi saya putuskan untuk membeli versi tersebut. Bagi Anda yang ingin versi gratis nya, silahkan download di SINI. Jika Anda ingin menggunakan versi berbayar silahkan lihat informasinya di SINI.

Di artikel ini saya akan menjelaskan cara saya membuat website/ blog WordPress versi mobile dengan menggunakan WPTouch Pro.

Artikel lain: Mengapa blog saya menggunakan WordPress?

1. Proses Install Plugin WP Touch Pro

Setelah melakukan proses order dan membayar, plugin tersebut akan dikirimkan oleh developer nya ke email Anda dengan mengirimkan link download. File yang Anda terima akan berbentuk zip. Setelah berhasil di download, langkah selanjutnya adalah menginstal ke WordPress Anda melalui halaman dashboard WP Anda, lalu upload plugin WP Touch Pro.

2. Setting Plugin WP Touch Pro

Setelah plugin tersebut berhasil diinstal dan diaktivasi, langkah selanjutnya adalah membuat settingan website/ blog versi mobile Anda. Di sebelah kiri halaman dashboard WordPress kita akan melihat link untuk masuk ke halaman WP Touch, silahkan klik link itu.

A. Pengaturan Inti

Pada halaman ini kita bisa membuat beberapa pengaturan inti, diantaranya memasukkan judul situs, mengatur regionalisasi untuk bahasa, mengatur mode tampilan, dan beberapa pengaturan lainnya. Anda bisa mengatur sesuai dengan yang Anda inginkan.

B. Tema & Ekstensi

Di dalam halaman ini kita akan melihat beberapa pilihan themes untuk mobile site. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok dengan situs Anda. Maxmanroe.com menggunakan theme CMS dari WP Touch Pro untuk versi mobile nya. Pada halaman ekstensi kita bisa melihat beberapa fitur tambahan dari WP Touch Pro, seperti Infinity Cache untuk membantu mempercepat load website, Responsive images untuk meningkatkan kualitas gambar pada mobile site, dan Mobile content. Sayangnya saya tidak bisa menggunakan fitur ini karena harus meningkatkan lisensi WPTouch Pro milik saya. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.

C. Pengaturan CMS (Theme CMS)

Di halaman ini kita bisa mengatur banyak hal seperti, mengatur jumlah konten yang tampil di homepage, mengatur jumlah link artikel terkait pada single post, mengatur slide, mengatur warna theme dan halaman situs, memasukkan logo website kita, menambahkan link media sosial, menambahkan script atau kode iklan, dan pengaturan lainnya. Proses pengaturannya sangat mudah, kita tidak harus mengerti kode html yang rumit. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.

D. Pengaturan Menu

Pada halaman ini kita bisa mengatur tampilan menu dan pages sesuai yang kita harapkan. Pada theme yang saya gunakan (CMS), ada 2 pilihan menu, yaitu menu utama dan menu alternatif. Kita bisa mengatur halaman mana yang masuk dalam tiap menu, saya memilih pages untuk menu alternatif dan category untuk menu utama. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.

Di bawah ini adalah tampilan maxmanroe.com di Smartphone Android saya.

1. Halaman Homepage

2. Halaman Artikel

Apa Kelebihan WP Touch Pro dengan Versi Gratis?

Pada dasarnya pengaturan WPTouch Pro hampir sama dengan yang versi gratis, tapi versi berbayar memiliki beberapa kelebihan seperti;

  • Pilihan themes lebih banyak dengan tampilan lebih menarik
  • Kita bisa membuat pengaturan yang lebih mendalam dan sesuai dengan keinginan kita
  • Bisa ditambahkan iklan Adsense atau iklan mobile lainnya
  • Dan beberapa kelebihan lainnya

Bagi Anda yang belum siap membeli versi berbayar bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu untuk membantu para pengunjung yang mengakses website/ blog Anda dari smartphone. Situs yang tidak punya versi mobile akan lebih sulit diakses dari smartphone, selain itu tampilan full site akan terlihat kecil di smartphone. Jika Anda serius ingin membangun sebuah situs untuk bisnis, saya sangat menyarankan Anda untuk membuat versi mobile-nya karena kedepannya akan semakin banyak pengunjung situs Anda dari smartphone.

Baca juga: Plugins related posts terbaik untuk situs WordPress

Berikut adalah video tutorial dan review untuk WPTouch Pro.


18 total comments on this postSubmit yours
  1. NumPang bookmark dulu om…

  2. Halo mas.. Sebenarnya pertanyaan saya hampir sama dengan pertanyaan (cintamela yang belum terjawab), versi gratis bisa tidak dipasangkan google adsense? dan request tutorial yg gratis dong mas. Belum cukup dana buat beli yg versi pronya. terima kasih.

    • Untuk versi gratisnya tidak ada fasilitas untuk memasukkan iklan mas. Kalau mau masukin iklan adsense di WP Touch versi gratis bisa dengan menggunakan plugins untuk inject ads… temen saya pernah pake plugin itu, maaf saya lupa nama plugin nya.

  3. Terima Kasih ,, plug in ini apakah bisa di custom agar seperti toko online versi mobile?

    • Kalau untuk toko online sepertinya ga bisa deh, karena theme toko online biasanya ada fitur khusus yang tidak didukung oleh plugin ini. WP Touch pro cocoknya untuk blog atau portal berita.

  4. Terimakasih om max !
    Sangat membantu sekali .

  5. tutorial untuk website selain wordpress bagaimana gan?

  6. kalau dalam bentuk PHP codingnya gaimana caranya yahhh,,, supaya web kita menjadi friendly di mobile browser…

    • Wah itu ilmu tingkat tinggi mas, saya ga bisa buat coding seperti itu, maaf ya :)

  7. Sepertinya plugin ini hanya berlaku di smartphone saja seperti iPhone dan Android, namun tidak pada perangkat mobile lainnya. Saya mencoba mengakses blog agan melalui berbagai perangkat dan hanya bekerja maksimal pada perangkat smartphone

    • Untuk tablet memang masih menampilkan versi desktop, developernya membuat plugin ini memang khusus untuk smartphone.

  8. mas, untuk wp touch yang gratis apa bisa dipasang adsense? terima kasih

  9. ijin prakktek bos,…
    ilmu yang sangat bermanfaat!!!

  10. wah bgus ne tutorialnya, ijin mau di praktekin dulu mas :)

  11. kelebihannya apa WP Touch Pro 3 yang berbayar?

    • Another fast reader…. Mohon baca artikelnya dengan baik mba Sularsi :)

  12. solusi terbaik untuk agar nyaman bagi pengunjung mobile :) .. cukup simple dan mudah .. kalau saya dulu pernah pake yang free, kalau gak salah namanya mobile smart

  13. Mantap mas informasinya..
    di bookmark dl..sy msh setia sm blogspot..:)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com