Cara Membuat NoFollow/ Dofollow Link Pada Postingan Blog WordPress

Membuat NoFollow Dofollow Link Cara Membuat NoFollow/ Dofollow Link Pada Postingan Blog WordPressSebenarnya sudah sangat banyak diskusi yang membahas tentang link “dofollow” dan “nofollow” pada sebuah blog, dan sebagian besar blogger atau internet marketer pasti sudah paham tentang perbedaan kedua links ini. Dofollow link adalah tag pada link yang mengarahkan bot untuk mengunjungi halaman yang di-link, baik itu halaman pada domain yang sama ataupun pada domain lain. Sedangkan nofollow link adalah tag pada sebuah link yang memerintahkan bot untuk tidak mengunjungi halaman yang di-link tersebut.

Trus Kenapa Saya Harus Perduli?

Untuk web/ blog WordPress, link yang ada pada blog post – misalnya link ke artikel di blog lain – akan “dofollow” secara default. Dofollow link pada sebuah artikel di blog Anda akan memberikan “link juice” dari blog Anda ke blog orang lain, yang artinya Anda memberitahukan ke pada Googlebot atau bot search engine lainnya bahwa Anda merekomendasikan halaman di blog orang lain itu dan layak mendapat credit dari blog Anda, tentu saja ini akan berpengaruh pada SEO.

Ada baiknya kita tidak memberikan tag dofollow pada link banner sponsor, link iklan, dan link ke web lain yang memiliki reputasi buruk (porn, judi, casino, adult health) karena mungkin saja Anda akan kehilangan credit di mata search engine dan mengurangi score SEO blog Anda. Terus terang, link dari maxmanroe.com menuju URL lain pada bagian komentar saya setting nofollow, hal ini saya lakukan untuk menjaga kredibilitas blog ini di mata search engine apabila link di bagian komentar ternyata berasal dari blog yang mempunyai reputasi kurang baik di mata search engine. Dengan memberikan tag nofollow pada link tersebut maka Googlebot akan mengerti bahwa blog saya tidak memberikan kredit pada halaman web lain walaupun link mereka ada di blog saya.

OK, Bagaimana Cara Memasang Tag NoFollow Pada Links?

Ada dua cara untuk membuat Nofollow/ Dofollow link pada blog:

1. Dengan cara manual

Cara manual tentunya sedikit lebih sulit dibanding dengan menggunakan plugins, Anda harus sedikit mengerti tentang kode html agar tidak terjadi error pada link yang dibuat. Pada cara manual, setelah Anda membuat link, langkah selanjutnya adalah tinggal menambahkan rel=”nofollow” pada kode html nya. Link pada postingan bisa di-edit dengan cara mengubah halaman menjadi tampilan text terlebih dahulu, cari kode html link yang dibuat, lalu tambahkan rel=”nofollow”. Contoh kode html nya,

Before <a href=”http://wordpress.org/”>WorPress</a>

After <a href=”http://wordpress.org/” rel=”nofollow”>WorPress</a>

Setelah menambahkan rel nofollow, kita bisa ubah lagi halaman dalam tampilan visual, nanti akan kelihatan link nya.

2. Dengan bantuan plugins

Plugins yang saya recomendasikan untuk membuat link nofollow adalah plugins Follow Nofollow Control (free). Dengan plugins ini kita bisa memilih domain mana saja yang ingin kita masukkan tag Nofollow atau dofollow, sangat mudah. Langkah pertama adalah install dulu pluginsnya dari dashboard wordpress Anda. Lalu setting plugins sesuai dengan keinginan Anda. Saya sendiri lebih suka untuk membuat settingan plugins nofollow secara default, dan memasukkan list domain yang akan saya jadikan dofollow pada kolom yang disediakan oleh plugins tersebut, klik save changes. Dengan plugins ini, link dofollow dan nofollow pada blog dapat kita atur dengan sangat mudah sesuai dengan keinginan kita. Lihat gambar:

follow nofollow 1024x647 Cara Membuat NoFollow/ Dofollow Link Pada Postingan Blog WordPress

Setelah Anda dapat menambahkan rel dofollow dan nofollow pada setiap link di postingan artikel, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan kredit di mata searh engine karena memberikan link dofollow menuju web/ blog lain yang tidak Anda inginkan. Semoga artikel ini bisa membantu.


59 total comments on this postSubmit yours
  1. terima kasih infonya..sudah lama menggunakan wordpress baru kali ini saya tahu cara membuat link jadi follow dan nofollow

  2. info yang sangat menarik pak bos, makasih

  3. Minta saran dan kritiknya
    soalnya buat jualan min…..
    hehehe

  4. ya… situs dofollow sebagai bukti ikatan SEO Blogger yang tidak terlihat untuk saling mengunjugi…

    mantap

  5. ini yang di cari..terima kasih banyak mas.like penceted :)

  6. Sumpah sampai sekarang aq masi rada2 bingung masalah jenis2 link ini. Smapai2 untuk optimasi web sendiri, harus hire orang.
    Makasi mas untuk infonya, salam.

  7. Jadi kalo saa buat article, lalu saya tambah link utk refrensi or sumber misal ke kaksus.co.id itu hrus dofollow yah ?

  8. Terimakasih om atas info plugins nofollow nya, saya langsung terapkan di web saya. Suskses selalu buat maxmanroe

  9. Makasih om atas tutornya….

  10. om, kalo misal kita buat blog dummy, nah kan linknya yg menuju ke blog utama ditaruh di artikel, itu bagusnya dibuat nofollow ato dofollow ?
    makasih :)

6 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com