Cara Install WordPress di Cpanel Hosting

Cara Install Wordpress di Cpanel Hosting Cara Install Wordpress di Cpanel Hosting

Cara install WordPress di Cpanel Hosting – Sebenarnya sudah cukup banyak informasi yang bisa dilihat di internet mengenai WordPress, tapi saya coba menulisnya dengan cara saya hehehe. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstall WordPress di hosting kita, diantaranya adalah:

  1. Dengan cara manual
  2. Dengan bantuan fantastico
  3. Dengan bantuan softaculous

Cara termudah untuk melakukan instalasi WordPress di Cpanel hosting kita adalah dengan menggunakan bantuan fantastico dan softaculous. Dengan bantuan dua tools ini proses dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak perduli Anda adalah seorang pemula yang belum begitu mengerti tentang instalasi WordPress. Walaupun kedua tools ini (fantastico, softacolous) dapat digunakan dengan mudah, tapi saya pribadi menyarankan untuk menggunakan softaculous.

Cara Install WordPress di Cpanel Hosting Dengan Bantuan Softaculous

1. Langkah pertama adalah masuk ke Cpanel hosting anda, namadomain.com/cpanel. Masukkan username dan password Cpanel hosting.

cpanel Cara Install Wordpress di Cpanel Hosting
2. Setelah berada di dalam Cpanel, kita bisa scroll ke bagian bawah untuk mencari link untuk Softaculous. Lalu klik link softaculous tersebut dan kita akan diarahkan ke halaman berikutnya.

softaculous Cara Install Wordpress di Cpanel Hosting
3. Setelah kita berada di dalam halaman Softaculous, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress nya. Anda akan melihat logo WordPress dihalaman instalasi, lalu arahkan kursor mouse ke logo tersebut dan klik Install.

option Cara Install Wordpress di Cpanel Hosting
4. Setelah itu kita akan masuk kehalaman berikutnya, dimana kita bisa masukkan beberapa data untuk domain yang akan diinstall script WordPress. Masukkan data-data yang diperlukan seperti nama domain, nama blog, deskripsi, admin user name, dan admin password, untuk kolom lainnya biarkan saja default. Oh ya, jangan lupa untuk menyimpan data penting WP admin seperti username dan password untuk login. Periksa kembali data yang kita masukkan, bila sudah yakin klik Install. Tunggu proses installasinya, biasanya hanya beberapa detik saja.

install Cara Install Wordpress di Cpanel Hosting

5. Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah mengecek WP admin kita. Coba masuk ke WP admin dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin di browser, lalu masukkan user name dan password yang sudah dibuat tadi untuk login. Sampai di sini proses instalasi script WordPres ke Cpanel Hosting sudah selesai.

Cara di atas adalah cara install WordPress di Cpanel hosting yang menurut saya paling mudah dan aman dan prosesnya installasinya sendiri tidak sampai 5 menit. Anda tidak mungkin melakukan kesalahan jika melakukan langkah-langkah di atas dengan benar. Selamat mencoba!


16 total comments on this postSubmit yours
  1. terima kasih atas ilmu yang telah kau bagikan untuk kami semua mas brow,,,,

  2. Gan, kolom In Directory berisi WP.
    Nah, kalau mau login jadi namadomain.com/wp/wp-admin

    • Oh itu berarti Anda buat direktori WP. Kalo mau di root nya ga usah pake direktori WP lagi, kosongin aja kolom direktori sewaktu akan install WordPress nya

  3. di softaculous saya ko ga ada icon wordpress nya ya ? kenapa sih

    • Harusnya sih ada mas, coba tanyaa pihak hostingnya deh… kenapa ga ada WP di softaculous nya

  4. Berkat ada softaculous, proses instalasi sangat mudah yah bang.. Tidak sampai 5 menit bahkan.. Tidak perlu buat database dan segala macemnya lagi..

  5. iyaa gan.. tapi instal ke Softaculous blm di jlsin gan..

  6. mkasih mas,wah bebenar mudah di phami tutorialnya ..
    salam kenal mas…

  7. Maksih Om.., :)

  8. ketika install plugin stats berhasil, namun tidak terdeteksi di dashboard. Saya menggunakan wordpress shared hosting premium. mohon bantuan gan

  9. Wah ini yang di cari mas …. berguna banget … pas bangett nemu nya di web ini ….
    thanks mas atas info nya :D

  10. enak ya tinggal klik sini klik sana haha

  11. Terima kasih info nya mudah2an bermanfaat……

  12. terimakasih ataz ilmunya gan .. tolong di share juga yg manualnya

  13. makasih informasinya. membantu sangat. mau pindah ke wp soalnya..

  14. Akhirnya dapat pencerahan juga, sekarang saya lagi mau coba build blog pake wordpress soalnya.

5 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com