Bob Sadino ~ Pengusaha Nyentrik Nan Inspiratif

Bob Sadino Bob Sadino ~ Pengusaha Nyentrik Nan Inspiratif

Image dari aryavee.blogspot.com

Nama Bob Sadino pasti sudah cukup terkenal, terutama bagi Anda para pengusaha, dan kisah hidup sosok nyentrik yang satu ini bisa menjadi inspirasi dalam menjalankan bisnis. Yang menarik dari kisah Bob adalah dari sisi jatuh bangunnya kehidupan yang pernah ia jalani. Dan berikut ini ulasan singkat mengenai Bob Sadino, semoga bisa menjadi tambahan informasi dan inspirasi bagi Anda.

Perjalanan Hidup Bob Sadino

Saat baru pertama kali melihat beliau tentu tidak akan ada yang menyangka bahwa sosok yang satu ini adalah pengusaha sukses. Bob Sadino, pria yang suka mengenakan celana pendek dan kemeja lengan pendek ini telah berhasil menginspirasi banyak orang dengan gaya nyentriknya tersebut. Pemilik tunggal dari jaringan usaha Kemchick dan Kemfood ini telah beberapa kali menampakkan wajahnya di layar televisi dan menginspirasi banyak orang.

Bob Sadino lahir di Lampung, 9 Maret 1939, anak bungsu dari lima bersaudara ini berasal dari keluarga yang berkecukupan. Tapi bukan faktor tersebut yang menjadikan Om Bob menjadi pengusaha sukses seperti sekarang. Saat Om Bob berusia 19 tahun orang tuanya meninggal. Om Bob pun dipercaya untuk mewarisi seluruh warisan kedua orang tuanya karena saudara-saudara Om Bob yang lain telah mapan secara ekonomi. Om Bob kemudian memanfaatkan warisan orang tuanya itu untuk berkeliling dunia.

Salah satu Negara yang dikunjunginya adalah Belanda.Ia pun memutuskan untuk menetap disana dan bekerja di  sebuah perusahaan bernama Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Selama 9 tahun Om Bob menetap di Belanda, dan kemudian bertemu dengan seorang wanita Indonesia bernama Soelami Soejoed yang sekarang menjadi istrinya.

Perjalanan Bob Sadino yang penuh lika-liku pun dimulai saat Om Bob mulai merasa jenuh dengan kehidupan di Eropa dan ingin kembali ke Indonesia. Pada tahun 1967, Om Bob memboyong istri dan kedua anaknya pulang kampung ke Indonesia. Tak lupa Ia juga membawa pulang dua buah mobil Mercedes keluaran 1960 kesukaannya. Namun karena belum memiliki tempat tinggal dan harus membiayai keluarganya, Om Bob kemudian menjual salah satu mobil mercedesnya demi membeli sebidang tanah di kawasan kemang.

Artikel lain: Mario Teguh ~ Eksekutif Sekaligus Motivator Sukses Indonesia

Biografi Singkat Bob Sadino

  • Nama : Bob Sadino
  • Lahir : Tanjungkarang, Lampung, 9Maret 1933
  • Pendidikan :
  • SD, Yogyakarta (1947)
  • SMP, Jakarta (1950)
  • SMA, Jakarta (1953)
  • Karir :
  • Karyawan Unilever (1954-1955)
  • Karyawan Djakarta Lloyd, Amsterdam dan Hamburg (1950-1967)
  • Pemilik Tunggal Kem Chicks (supermarket) (1969-sekarang)
  • Dirut PT BogaCatur Rata
  • PT Kem Foods (pabriksosisdan ham)
  • PT Kem Farms (kebunsayur)

Perjalanan Karir Bob Sadino

Di Indonesia, Bob Sadino bekerja di PT. UNILEVER Indonesia. Suatu hari Om Bob memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempat ia bekerja, karena pola pikirnya yang ingin maju dan sukses secara mandiri. OmBob tidak ingin kerja terikat dan terus menerus di perintah oleh atasan. Sangistri pun turut mendukung keputusan Om Bob. Tekad Om Bob sudah bulat, Ia kemudian membuka usaha penyewaan mobil Mercedes milik satu-satunya itu, dan memberanikan diri untuk menjadi sopir.

Namun sayangnya usaha Bob Sadino yang pertama ini tak berjalan lancar, mobil mercedesnya mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Om Bob tentu saja tak dapat membiayai kerusakannya. Jatuh bangun kehidupannya tak membuat semangatnya surut, Om Bob kemudian mencoba cara lain untuk menafkahi keluarganya. Ia pun melakoni pekerjaan sebagai Tukang batu yang hanya di hargai Rp.100,-.

Kondisi ini tentu saja membuat Bob Sadino sangat depresi dan sedih, kehidupan yang tadinya dirasa aman dan masih di atas roda telah berbalik 180 derajat saat itu.Namun dari pengalaman hidupnya yang getir itu tak lantas membuat Bob Sadino patah arang, semangat juangnya terus membara untuk menyongsong masa depan yang lebih baik bersama anak istrinya.

Bob Sadino Bangkit Dari Keterpurukan

Suatu hari, seorang sahabat Om Bob menyarankannya untuk beternak dan berbisnis telur ayam negeri. karena pada waktu itu telur ayam negeri masih jarang di pasaran. Melihat peluangbisnis yang ada Om Bob akhirnya tertarik dan setuju menggeluti bisnis itu. Bersama istri yang mendukungnya, Om Bob memulai bisnis itu berjualan telur melalui pintu ke pintu kepada orang-orang asing yang ada di daerah kemang.

Kebetulan Kemang adalah pusat pemukiman orang asing di Jakarta. Mereka menjual telur itu beberapa kilogram perharinya. Berbekal pengalaman hidup di Eropa, Om Bob tidak mengalami kesulitan dalam berbahasa inggris, ia mengerti seluk beluk budaya kehdupan masyarakat Eropa. Ada sebuah momen yang mengilhami seorang Bob Sadino di kala sedang beternak ayam-ayam negerinya. Iaberpikir seekor ayam saja bisa mencari makannya sendiri dan menyambung hidup, apalagi seorang manusia seperti dirinya yang memiliki akal budi. Lewat Ilham inilah yang kemudian membuatnya menjadi seorang pengusaha yang gigih berjuang dan pantang menyerah.

Kerja keras telah terbukti dan Lambat laun, bisnis yang digeluti Om Bob pun semakin meningkat dan tanpa disadarinya, Om Bob telah menjadi pelopor ayam negeri beserta telurnya di Indonesia. Terkadang ada beberapa pelanggan asing yang mengeluhkan pelayanan yang belum maksimal dari Om Bob. Hal ini kemudian membuat Bob semakin banyak belajar dari pengalaman bisnisnya bahwa pelayanan yang maksimal adalah kunci utama keberhasilan seorang pengusaha.

Selain menekuni bisnis telur, Bob Sadino juga melirik bisnis daging ayam, yang menjadi cikal bakal berdirinya Kemchick dan Kemfood yang masih didominasi oleh orang asing dan orang Indonesia yang tinggal di Kemang. Selain itu, bisnis hortikultural sayur-sayuran yang menerapkan sistem hidroponik milik Bob Sadino juga berjalan sukses. Bob Sadino merupakan sosok yang sederhana dalam kesehariannya maupun dalam bisnisnya, ia lebih mengedepankan tindakan dalam mengubah nasib dari pada hanya teori-teori sukses yang selama ini diajarkan.

Bob Sadino pernah membandingkan antara orang pintar dan orang goblok. Menurutnya, orang pintar zaman sekarang terlalu banyak berpikir dan berencana mengenai hidup dan bisnisnya. Alhasil, tak satupun dari rencana-rencana itu yang terwujud karena mereka terlalu banyak pertimbangan dan hitung-hitungan. Berbeda dengan orang goblok yang dalam melakukan suatu bisnis tanpa banyak perhitungan dan pertimbangan langsung melakukan tindakan nyata, karena baginya hidup butuh makan hari ini.

Baca juga: Martha Tilaar ~ Pengusaha Kosmetik Wanita Sukses Asal Indonesia

Sebagai penutup, berikut ini sebuah video wawancara bersama Bob Sadino. Semoga bisa menjadi tambahan inspirasi untuk Anda.

Terkait: #Profile, #Pengusaha Sukses


2 total comments on this postSubmit yours
  1. sifat pantang menyerah, mempunyai niat dan keinginan yang tinggi memang sudah menjadi kunci kesuksesan semua orang yah gan ?
    kita harus memiliki sifat tersebut dan memanfaatkan cerita om bob ini senagai motivasi kita.
    thanks yah gan atas infonya
    sukses terus

  2. Meninggalkan kehidupan yang lumayan saat masih di luar negeri dan menjalani berbagai macam usaha di negeri sendiri sampai menemukan jalan untuk berkembang dan sukses, sangat menginspirasi untuk banyak orang. Saya juga pernah membaca, Bob Sadino banyak belajar pada saat awal berjualan telur bahkan pernah dimaki-maki oleh seorang pembantu. Tapi disitu beliau belajar bagaimana bersikap menjadi seorang “server” untuk konsumen nya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com