Bisnis MLM Online ~ Apakah Model MLM Terbaru Ini Punya Potensi?

bisnis mlm Bisnis MLM Online ~ Apakah Model MLM Terbaru Ini Punya Potensi?

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) adalah network marketing atau bisnis  di dalam jaringan yang sistemnya sangat berbeda dengan sistem bisnis konvensional. Produk yang dijual pada bisnis MLM ini biasanya langsung dipasarkan oleh dan untuk orang-orang yang ada di dalam jaringan tersebut atau orang di luar network mereka tanpa melalui jalur distribusi yang rumit seperti yang biasa terjadi pada bisnis konvensional. Ini membuat proses penjualan menjadi lebih efektif karena tidak membutuhkan biaya tambahan pada proses distribusi barang yang dijual.

Namun, banyak diantara kita yang menganggap bahwa bisnis MLM itu adalah sebuah bisnis yang hanya menguntungkan sebagian orang saja. Bahkan ada juga orang yang mengatakan bahwa bisnis MLM itu adalah sebuah bisnis money game karena dianggap hanya menguntungkan orang yang berada di atas saja. Apakah benar seperti itu?

Kalau kita bicara bisnis MLM (Multi Level Marketing), berarti harus ada produk yang dijual, baik itu produk fisik ataupun produk digital yang memang dibutuhkan banyak orang. Kalau ternyata MLM tersebut tidak punya produk atau produknya tidak jelas sama sekali, maka Anda sudah sepatutnya curiga. Model bisnis MLM tanpa produk disebut juga dengan arisan berantai, dimana orang-orang yang berada pada posisi atas akan mendapatkan keuntungan, sedangkan orang-orang yang terakhir mendaftar akan ‘gigit jari’ karena mereka tidak akan mendapatkan keuntungan.

Artikel terkait: Fakta tentang bisnis online

Saya Menganggap Bisnis MLM Sudah Mati

Dulu saya pernah ikut bisnis MLM dan menjalankannya dengan cara yang lama, secara offline. Anda tahu kan bagaimana kegiatan orang-orang yang ikut bisnis MLM dalam membangun bisnis mereka? Ya, kita harus ikut pertemuan, training berkali-kali, cari prospek, follow up prospek, menjual produknya, dan masih banyak lagi kerjaan ‘printilan’ lainnya yang sangat menyita waktu, pikiran, dan tenaga. Terus terang, saya bukan tipe marketing seperti itu, dan hasilnya udah bisa dipastikan…. Saya gagal icon razz Bisnis MLM Online ~ Apakah Model MLM Terbaru Ini Punya Potensi?

Mengalami kegagalan di bisnis MLM waktu itu tidak membuat saya berpikir bahwa MLM yang saya kerjakan adalah scam atau money game. Semua jenis bisnis memang harus dikerjakan dengan serius secara kontinu termasuk MLM. Kegagalan saya waktu itu adalah karena kurangnya waktu dalam mengerjakannya dan saya merasa terlalu lelah untuk melanjutkannya. Selain itu, pekerjaan di kantor yang menguras banyak energi membuat saya tidak sanggup untuk membuat bisnis MLM yang saya kerjakan berjalan dengan baik.

Waktu itu saya menganggap bisnis MLM sudah mati karena hanya bisa dikerjakan orang-orang tertentu saja, bukan saya. Bisnis MLM tidak cocok buat saya karena saya bukan tipe orang yang bisa mempengaruhi orang lain, dan juga bukan tipe marketing offline yang bisa menjual sebuah produk dengan bahasa marketing yang disusun sedemikian rupa. Ditambah lagi, saya orangnya agak malas kalau harus merayu orang lain untuk membeli sebuah produk hehehe. Singkat kata, waktu itu saya jadi tidak suka bisnis MLM.

Bisnis MLM Online ~ Mahluk Apa Lagi ini?

Beberapa minggu yang lalu saya baru ketemu website BlakBlakan dari sebuah iklan. Web ini dibuat khusus untuk bisnis MLM yang katanya bisa dijalankan secara online, wah apalagi nih? Saya jadi penasaran dong. Menurut pengelola website tersebut, kita bisa mengerjakan bisnis MLM tanpa harus ketemu dengan calon prospek, tidak perlu follow up sendiri, tidak perlu repot ngurusin presentasi bisnis, dll. Yang perlu dilakukan adalah mempromosikan website replika milik kita kepada orang lain. Website replika ini akan disediakan oleh pihak pengelola bisnis MLM online tersebut. Pemilik website itu adalah Rudy Setiawan, seorang internet marketer kelas dunia.

Membaca sales letter dari Pak Rudy membuat saya tertarik untuk bergabung dalam bisnis MLM online yang dia kelola itu. Tidak lama setetelah membaca penawaran dari Pak Rudy, saya langsung bergabung dan mengambil salah satu paket yang agak murah. Bukannya tidak mau ngambil paket yang lebih besar, tapi waktu itu dana yang tersisa untuk pengeluaran tak terduga hanya cukup untuk paket yang murah hehehe.

Produk yang dijual pada bisnis Multi Level Marketing ini adalah produk-produk kesehatan dari Golden Life (P.T. Golden Inti Gemilang). Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dan sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia network marketing. Selain itu, perusahaan ini dimiliki oleh konsorsium bisnis yang sukses selama lebih dari 10 tahun di bidang trading, kesehatan, transportasi, otomotif, food, sport industry, dan lainnya. Tentunya mereka ini bukanlah perusahaan ecek-ecek yang baru berdiri. Baca tentang perusahaan Golden Life di sini.

Kenapa bergabung dengan Pak Rudy Setiawan? Kenapa tidak langsung bergabung dengan Golden Life?

Bisnis MLM online yang ditawarkan oleh Pak Rudy memiliki kelebihan tersendiri. Dia sudah membuat sebuah sistem dalam bentuk web, dimana setiap orang yang bergabung dengan MLM Golden Life di dalam network/ jaringannya akan mendapatkan beberapa fasilitas dan support secara online yang tidak akan di dapatkan jika kita bergabung langsung ke Golden Life.

Salah satu support yang membuat saya sangat terbantu adalah sistem dari Blakblakan yang memfollow up calon member baru secara online yang dilakukan secara otomatis oleh sistem web yang telah dibuat oleh Pak Rudy. Setiap orang yang mendaftarkan emailnya melalui referensi saya, akan difollow up secara berkala oleh timnya Pak Rudy melalui email, jadi saya tidak perlu repot lagi untuk mengirimkan email pada calon member tersebut.

Bagaimana Potensi Bisnis MLM Online Ini?

Menurut saya semua model bisnis pasti membutuhkan kerja keras dan juga butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Sama halnya dengan bisnis Multi Level Marketing online. Baru satu minggu saya menjadi member aktif di BlakBlakan+Golden Life, downline saya sudah ratusan. Sayangnya downline ini masih belum bergabung di dalam MLM nya, baru mendaftar di BlakBlakan saja hehehe.

Ketika artikel ini saya buat, baru ada satu downline yang menjadi member BlakBlakan+Golden Life. Tapi ini adalah sebuah kemajuan yang positif, berarti sistem yang dibuat oleh Pak Rudy Setiawan berjalan dengan baik. Hanya tinggal menunggu waktu saja, dan member yang lain kemungkinan besar akan ikut bergabung dalam group saya. Menurut saya, ini adalah sebuah potensi bisnis yang sangat baik untuk jangka panjang.

Mungkin Anda tertarik untuk bergabung dalam sebuah bisnis MLM online. Sebaiknya jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk bergabung, akan lebih baik bila kita mempelajari terlebih dahulu tentang perusahaannya, potensi bisnisnya, sistemnya, dan lain-lain.

Artikel terkait: Peluang bisnis online

Berikut ini adalah tips singkat buat Anda dalam memilih bisnis MLM, agar terhindar dari bisnis MLM yang merugikan:

1. Perhatikan produk yang dijual

Lebih baik bergabung dengan MLM yang fokus pada produk sejenis tapi memiliki varian produk. Misalnya bisnis MLM yang fokus pada produk kesehatan, dan memiliki beberapa jenis produk untuk kesehatan. Mengembangkan bisnis seperti ini lebih mudah dibandingkan MLM yang jenis produknya sangat berfariasi. Perhatikan juga harga produknya, sebaiknya pilih MLM yang tidak mengharuskan membernya untuk menginvestasikan uang dalam jumlah yang besar.

2. Pastikan produk yang dijual berkualitas

Tentunya kita tidak ingin bergabung dengan MLM yang produknya tidak berkualitas, tidak punya paten, dan tidak punya kredibilitasnya di mata konsumen. Ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan pembeli/ customer yang akan menggunakan produk tersebut. Selain itu, pastikan produk tersebut adalah produk yang selalu dibutuhkan oleh pelanggan, misalnya obat-obatan, produk kesehatan, dan kosmetik.

3. Pilih perusahaan MLM yang punya reputasi baik

Akan lebih baik bila Anda memilih perusahaan MLM yang sudah cukup bonafit. Perusahaan ini biasanya memiliki banyak distributor yang sudah sukses dan sudah dikenal masyarakat luas.

4. Pastikan MLM tersebut memberikan support

Setiap orang yang bergabung dalam MLM pasti membutuhkan support, baik itu untuk membantu follow up, membantu untuk promosi, atau hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis MLM yang diikuti. Inilah yang saya sukai dari sistem yang dibuat oleh Pak Rudy, saya tidak perlu melakukan proses follow up pada calon member baru – tapi kalau saya mau sih bisa saja.

Nah, dari uraian singkat saya di atas, kita sudah bisa sedikit memahami tentang bisnis MLM online, dimana kita bisa menjalankan bisnis tersebut secara online. Bisnis MLM ini tentunya membutuhkan modal, namun modal dan waktu yang dikeluarkan tidak sebesar jika kita memulai bisnis MLM konvensional. Selain itu, sistem yang dibuat sedemikian rupa sangat memudahkan kita untuk menjalankannya. Terimakasih sudah membaca artikel saya, salam sukses icon smile Bisnis MLM Online ~ Apakah Model MLM Terbaru Ini Punya Potensi?

Tentang MLM di Wikipedia


32 total comments on this postSubmit yours
  1. bingung ..

  2. Yang bilang MLM dilarang di amerika dan eropa, datannya dari mana? mantan penasehat gedung putih Doug Wied skrng bisnis MLM, Donald triump, Bill clinton tokoh dunia yg dukung MLM, menteri kesehatan malaysia jg ikut MLM, kerja di perusahaan konglomerat yg untung jg konglomerat, jaman skarang MLM banyak yg online, 90% bisa dikerjakan di rumah

  3. Bisnis MLM itu bagus!, sayangnya di Indonesia ini yang mengerti MLM kurang dari 5%. Kebanyakan yang disangka MLM itu adalah Money Game dengan berbagai variasi yang disangka oleh kebanyakan orang adalah MLM. Atau si Money gamenya yang nyamar dan pura-pura berkedok MLM.

    Mereka yang ngaku pernah dan tahu MLM kebanyakan yang dimaksud adalah Moneygame.

  4. DI AMERIKA DAN EROPA MLM SUDAH DILARANG, HANYA MENGUNTUNGKAN SEGELINTIR ORANG, PENUH TIPUAN, IMING CEPAT KAYA PASTI BOHONG, DAN DALAM ISLAM HARAM, WAHAI UMAT ISLAM JANGAN TERTIPU JANJI JANJI MLM

    • Wah ga perlu capslock dong hurufnya mas Alfian, masa mau tulis komen aja tekan capslock hahaha. Terkait komentar Anda mengenai MLM yang dilarang di Eropa dan Amerika, sebaiknya Anda membaca beritanya secara menyeluruh biar Anda ga salah mengerti. Di Indonesia juga melarang MLM yang tidak sehat, sama halnya seperti di Amerika dan Eropa. Makanya saya sebutkan di artikel ini, tidak semua bisnis yang mengaku MLM adalah MLM yang sehat.

  5. maaf agan, kalau menurut pandangan masyarakat nih ya, katanya yang namanya bisnis MLM itu lebih banyak menguntungkan bagi upline. Saya pernah ikut bisnis online di dunia nyata, tapi gagal terus, apakah ada perbedaan antara MLM dunia nyata dengan MLM online?

  6. Udh tau MLM yg pke sistem syariah blm..? MLM ini lbh bisa dkatakan MPS (Mobile Payment Service), menjadikan pengeluaran pokok kita sehari-hari jdi pemasukan/income..? VSI(Veritra Sentosa Internasional) owner & foundernya Ust.Yusuf Mansyur… Klo di teliti dgn kajian positif “Gile bener nih peluang usaha”.. Mantabb and super maximal Dahsyat…

  7. bagusan mana nih. Affiliate marketing dengan MLM online? terus apakah benar – benar aman?

  8. saya jadi bingung hehehe

  9. jadi penasaran…MLM apa sebelumnya yang pernah diikuti…

    kegagalan pertama biasanya akan diikuti oleh kegagalan selanjutnya..
    obatnya hanya berpenampilan seolah-olah sukses.

  10. Bisnis MLM bukan merupakan bisnis yang menjanjikan makan siang gratis, maksudnya tanpa kerja kerja dan upaya yang serius mustahil mendapatkan apa yang dijanjikan

    Yang membedakan adalah apakah kerja keras yang diupayakan sudah diimbangi dengan kerja cerdas, dengan katalain upaya kita sudah diberi, nilai kali dan daya ungkit yang maksimal?

    Beruntung saat ini dunia online sudah menjadi konsumsi target pasar bisnis MLM ini, sehingga bisa menjadi alat bantu untuk mendapatkan nilai kali dan daya ungkit bisnis kita

    Adapun ketika ingin memilih bisnis MLM jangan lupakan aspek peluang dunia online ini, pastikan bisnis yang kita pilih memiliki suport sistem yang memberikan perhatian terhadap peluang yang sangat luar biasa ini

    “GO ONLINE atau BANKRUT”

  11. Semua bisa sukses dengan kekuatan gotong-royong.trim salam sukses

  12. Semoga semua sukses dg bisnisnya masing2 ya…

7 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com