Tentang Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?

Author Rank SEO dan Google Plus Tentang Author Rank, SEO dan Google Plus ~ Mengapa Mereka Penting?

Para pelaku internet marketing, blogger, web master, dan pengguna internet lainnya, pasti sudah tahu tentang keberadaan media sosial Google plus. Ini adalah salah satu media sosial yang saat ini sudah mulai trend di kalangan blogger, terutama internet marketer yang sering menggunakan Google. Menurut saya, munculnya media sosial yang diciptakan oleh Google ini tidak hanya ingin menyaingi “keperkasaan” media sosial lainnya seperti Twitter dan Facebook. Saya melihat ada misi lain yang sedang dilakukan oleh pihak Google dengan media sosialnya ini.

Google sangat fokus pada core bisnis mereka, yaitu layanan Search Engine pada seluruh dunia. Mereka ingin memberikan hasil pencarian yang bisa membantu para pengguna Search Engine Google dengan menampilkan halaman website yang berkualitas. Kalau dulu, banyak sekali internet marketer yang bisa mengakali hasil pencarian di Google, namun setelah pengembangan algoritma Google Panda dan Penguin, ceritanya sudah berbeda sekarang.

Namun, Google merasa masih ada yang kurang. Mereka ingin halaman utama hasil pencarian di Search Engine Google diisi dengan konten yang berkualitas dan berasal dari Author yang punya kompetensi di bidangnya. Dari sinilah pertama kali muncul ide mereka untuk membuat Google Authorship. Pertama kali mereka membuat pendekatan tentang ini yaitu ketika Pubcon 2011, yang diungkapkan oleh Enginer Senior Google, Matt Cutts. Kutipan dari pernyataan Matt Cutts

Social is a good way to create a reputation for authors. If the reputation of content authors is transparent, it will make the whole web better.

Kalau Anda sering menggunakan Search Engine Google, pasti Anda akan melihat tampilan foto dan nama penulis konten sebuah halaman website di dalam hasil pencarian Google. Mereka ingin membantu para pengguna mesin pencari Google untuk menemukan tulisan dari Author tertentu, dan Google juga memanfaatkan Author Rank (reputasi seorang penulis)  dalam penentuan ranking sebuah halaman situs di halaman pencarian mereka.

Artikel terkait: Menghadapi perubahan algoritma Google

Berbeda dengan algoritma yang lama, hasil pencarian Search Engine Google saat ini sangat dipengaruhi oleh Author Rank seorang penulis konten. Jika seorang penulis konten memiliki reputasi yang baik, maka kemungkinan besar setiap artikelnya akan diprioritaskan di halaman pencarian, terutama bila si penulis memiliki spesialisasi atau fokus membuat konten pada topik tertentu di sebuah situs.

Jika seseorang sudah mengimplementasikan Google Authorship di situs mereka, maka konten mereka yang berada pada hasil pencarian Google akan menampilkan gambar Thumbnail dan link menuju profile si penulis di Google Plus. Contoh tampilannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 1

Gambar 2

Bagaimana Cara Menerapkan Google Authorship Pada Situs?

Saat ini, sudah banyak website yang memasang Google Authorship di situs mereka, dengan tujuan agar pengguna Search Engine Google lebih mengenal siapa penulis atau pembuat konten di sebuah situs. Selain itu, penerapan Google Authorship ini akan sangat berpengaruh pada ranking sebuah konten di dalam hasil pencarian Google, dengan catatan si penulis konten memiliki Author Rank yang bagus. Saya sendiri memiliki Author Rank 88 dari 100, angka yang sangat baik menurut saya. Untuk mengetahui Author Rank Anda, silahkan cek di sini.

Cara menerapkan Google Authorship sebenarnya sangat mudah, berikut ini adalah caranya:

1. Anda harus membuat akun Google Plus (G+). Caranya mudah sekali, cukup dengan memiliki akun email di Gmail. Lengkapi akun Google plus Anda dengan Biodata, Foto, dan informasi lain.

2. Setelah akun G+ Anda siap, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi bahwa Anda adalah Author dari website/ blog tersebut. Cara termudah adalah dengan memasang URL Google Plus Anda di dalam website/ blog. Untuk blog WordPress bisa memasukkan URL Google Plus di bagian profile blog WordPress nya. Lalu tambahkan link website Anda di halaman Google plus Anda, tepatnya di halaman “About” di bagian “Contributor To”. Lihat gambar di bawah,

Author Rank & SEO Di Masa Yang Akan Datang

Saat ini dan di masa-masa yang akan datang, Author Rank akan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam SEO. Jika ingin konten di website/ blog Anda mendapat perhatian dari mesin pencari Google, maka Author Rank yang baik akan sangat membantu sekali. Ini adalah cara baru untuk meningkatkan Authority sebuah domain, tidak seperti dulu yang sangat memperhatikan jumlah backlinks.

Beberapa orang salah mengartikan tentang Author Rank. Mereka menganggap bahwa semakin banyak yang memasukkan dia di dalam lingkaran Google plus orang lain, maka Author Rank nya akan semakin baik. Bahkan ada beberapa orang yang membuat banyak akun “Fake” di Google plus lalu memasukkan akun utamanya ke dalam lingkaran akun Fake tadi. Mereka berpikir itu akan berpengaruh pada Author Rank. Tidak seperti itu. Author Rank itu lebih kepada konten berkualitas pada niche tertentu, dan juga adanya keterlibatan orang lain dengan Anda.

Artikel lain: Memilih jasa SEO

Menurut saya, Google Page Rank (PR) yang selama ini dikejar-kejar para blogger tidak begitu ampuh lagi dalam SEO. Karena Author Rank sudah lebih diperhatikan oleh Google. Saya mengatakan hal ini bukan karena SOK TAU, tapi melihat beberapa riset kecil-kecilan yang saya lakukan tentang Author Rank dan Google Page Rank.

Saya perhatikan, situs yang memiliki Author Rank tinggi tapi PR nya rendah, kontennya banyak ditampilkan di halaman utama Google. Ini artinya, Google menganggap bahwa konten itu berkualitas namun belum begitu terekspose selama ini. Sebaliknya, situs yang memiliki PR tinggi tapi Author Rank nya sangat rendah, ini bisa dicurigai over backlinks oleh Google. Dan yang terbaik adalah situs Anda harus memiliki Author Rank tinggi dan PR nya juga tinggi, dijamin konten yang Anda tulis cepat masuk halaman utama Google.


34 total comments on this postSubmit yours
  1. beberapa kasus blog yang saya punya, sulit sekali untuk memunculkan foto google+ di pencarian google

  2. Saya lupa baca dimana tapi ada di inbox dari feed langganan
    kalau tidak salah si kedepannya author anonymous akan lebih tidak dianggap oleh serp google dibandingkan dengan author yg real atau yg mencantumkan identitasnya termasuk menggunakan profil g+ dll

3 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com