Apa Itu Twitter Buzzer ~ Peluang Penghasilan Aktivis Media Sosial

Twiter Buzzer Apa Itu Twitter Buzzer ~ Peluang Penghasilan Aktivis Media Sosial

Ilustrasi dari Dominic V. Aratari/ CNN Money

Sosial media merupakan salah satu hal yang paling dinamis di dunia saat ini, tidak lagi hanya dalam konsep lama menjadi jembatan komunikasi antar manusia di dunia maya, nyatanya media sosial media sudah berubah dengan berbagai fungsinya. Orang sudah memanfaatkan sosial media untuk memenuhi banyak kebutuhannya mulai dari media pengekpresian diri, menggalang dukungan, hingga mencari penghasilan lewat berbagai cara tentunya.

Dan salah satu celah penghasilan yang bisa dimanfaatkan dari makin berkembangnya ranah media sosial adalah twitter buzzer. Twitter buzzer merupakan salah satu peluang mendapatkan pundi uang lewat media sosial khususnya Twitter, yang selain menyenangkan namun juga menawarkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Hanya dengan memanfaatkan akun twitter dan men-tweet sebuah informasi saja, si empunya akun twitter tersebut bisa mendapatkan bayaran ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Menarik bukan?!

Apakah Twitter Buzzer itu?

“Buzzer/ Influencer adalah seseorang yang didengarkan opininya, dipercayai, dan membuat orang lain bereaksi setelahnya.” Jeff Staple, pengamat sosial media.

Secara sederhana, seorang twitter buzzer adalah pengguna twitter yang dapat memberikan pengaruh pada orang lain hanya melalui tweet yang ia tuliskan. Hal tersebut merupakan indentitas utama dari seorang twitter buzzer, karena pada dasarnya buzzer harus mempunyai kemampuan influence atau mempengaruhi orang lain. Oleh sebab itu, ada pula yang menyebut seorang buzzer dengan istilah influencer. Namun pada dasarnya kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama.

Para twitter buzzer tersebut mempunyai tugas untuk menuliskan tweet yang berisi tentang informasi atau rekomendasi sebuah event atau produk dari penyewa jasa twitter buzzer tersebut. Para penyewa jasa twitter buzzer kebanyakan merupakan perusahaan besar atau pemilik usaha yang ingin usahanya lebih dikenal oleh banyak orang di dunia maya.

Tidak hanya dalam dunia bisnis, penyewa jasa twitter buzzer juga datang dari organisasi atau kelompok. Mereka menggunakan jasa twitter buzzer untuk memperkenalkan sebuah event atau mungkin sebuah pesan sosial bagi masyarakat banyak. Bahkan peluang kreatif ini nyatanya juga dilirik oleh para pelaku dunia politik. Apakah tujuannya? Tidak lain dan tidak bukan tentu masih untuk urusan pencitraan.

Disini tugas dari twitter buzzer terkadang tidak terbatas hanya untuk memposting sebuah tweet saja, namun tidak jarang pula menjalankan campaign atau rangkaian informasi lebih lanjut kepada para followernya. Jadi tugas dari seorang twitter buzzer bisa menjadi layaknya brand ambassador dari penyewa jasanya tersebut. Untuk itu seorang twitter buzzer juga harus benar-benar mengerti apa yang ia sebarkan ke dunia maya.

Artikel lain: Kurang Inovasi, Facebook ‘Membajak’ Beberapa Fitur Twitter

Bagaimana Syarat Menjadi Seorang Twitter Buzzer?

1. Populer

Untuk menjadi seorang twitter buzzer sudah mutlak anda harus populer dikalangan para pengguna Twitter secara khusus dan secara umum di dunia sosial media. Salah satu indikatornya adalah jumlah follower, semakin banyak jumlah follower tentu akan semakin bagus. Namun harus anda pahami bahwa punya banyak follower tidak selalu berarti populer. Karena saat ini sudah amat umum orang bisa punya banyak follower dengan mudah, seperti dengan membeli follower. Dan bukan “populer” seperti itu yang disyaratkan untuk menjadi seorang twitter buzzer.

Perhatikan saja, akun seorang selebritis atau seseorang yang dianggap ahli dalam sebuah bidang. Kebanyakan dari mereka sudah pasti memiliki banyak follower, dan yang lebih penting mereka bisa dikatakan benar-benar populer karena mereka mendapatkan banyak follower karena memang mereka punya “sesuatu” yang bisa menarik perhatian orang lain.

Ketika mereka dapat menarik perhatian banyak orang, tidak jarang apa yang mereka katanya lewat tweet bisa mempengaruhi orang lain. Sebagai contoh, jika seorang selebritis A men-tweet informasi “abis hangout di Café ***, kumpul2 sama sahabat” sudah pasti para fans yang juga followersnya akan penasaran dan pengen tahu tentang Café tersebut. Hasilnya? poin plus untuk Café yang namanya telah “didompleng” oleh seleb tersebut.

Artikel terkait: Cara menambah followers Twitter

2. Aktif dan Kreatif

Mungkin ada yang berfikir yang bisa menjadi seorang twitter buzzer hanya dari kalangan seleb saja, jawabnya TIDAK. Semua orang bisa menjadi seorang twitter buzzer, yang terpenting adalah menjadi pribadi yang aktif dan kreatif.

Aktif disini dapat diartikan bahwa orang tersebut terbiasa untuk menggunakan akun twitternya dengan rutin dan mampu memanage akunnya tersebut. Seorang twitter buzzer tidak jarang harus mampu selalu online dalam waktu yang teratur, karena pada umumnya para follower dari seorang twitter buzzer akan selalu menunggu tweet baru yang akan muncul.

Dari sini anda juga harus bisa berkomunikasi  dengan baik dengan para follower anda agar para followers bisa tepat nyaman dan selalu memperhatikan “gerak-gerik” anda di dunia maya. Selain itu kemampuan berpromosi lewat tweet juga harus dimiliki agar para follower bisa tertarik dengan tiap informasi yang kita sebarkan.

Berikutnya adalah Kreatif. Jika anda bukan seorang seleb maka salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan menjadi “ahli” disatu bidang. Ahli dapat memiliki arti yang luas. Ahli bisa berarti dalam sebuah bidang seperti ahli medis, pendidikan, bisnis, hingga yang meliputi hoby seperti fotografi, memasak, dll. Namun ahli juga bisa menjurus dalam hal kreatif seperti ahli pantun, ahli kata-kata romantis, hingga ahli lelucon. Dalam industri ini kreatifitas mutlak diperlukan agar apa yang kita sampaikan bisa bernilai komersil bagi para pihak yang membutuhkan jasa buzzer kita.

Baca juga: Tips Mudah Mengamankan Akun Media Sosial Dari Serangan Hacker

3. Potensi Menjadi Twitter Buzzer

Saat ini dengan makin diliriknya sosial media sebagai lahan promosi oleh media koorporat tentunya menjadikan potensi dari twitter buzzer masih sangat besar. Mengintip dari beberapa informasi yang ada, nilai fee dari seorang twitter buzzer bisa mencapai kisaran ratusan ribu rupiah hingga ada yang jutaan rupiah per tweet yang  mereka tuliskan.

Memang nominal yang fantastis jika difikir secara logisnya, namun itulah kekuatan dari sosial media. Meskipun hanya deretan kata-kata biasa, jika diucapkan oleh orang yang tepat, maka efeknya pun akan sangat menguntungkan bagi sebagian pihak. Hal tersebutlah yang menjadikan para penyewa jasa twitter buzzer berani membayar harga mahal.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut dan mencoba menjadi twitter buzzer anda bisa mengunjungi salah satu website agensi twitter buzzer yaitu Goviral.co.id. Sebagai penutup tidak ada salahnya anda melihat video tentang twitter buzzer berikut ini.

Tags terkait: #Media Sosial, #Twitter


11 total comments on this postSubmit yours
  1. pernah mendaftar jadi buzzer , di approve tapi jarang dapat iklan. mungkin karena sempat tidak aktif di sosmed :D

  2. Jasa buzzer memang sangat menguntungkan gan, selain efek nya viral bisa juga jadi sarana branding, tapi pilih2 jasa buzzer gan, banyak juga yang ngaku buzzer tapi bukan di buzz, malah diisi followers bot :)
    Thx gan infonyaa

  3. Saya sedang memulai akun twitter untuk kebutuhan bisnis yang satu ini. Yang pertama untuk dilakukan adalah bagaimana caranya supaya twitter saya bisa bermanfaat bagi yang lain..

  4. Sekarang media sosial sudah bisa dimanfaatkan pengguna untuk mendapat penghasilan, selain berjualan online ternyata ada peluang lain… terima kasih infonya….

  5. yess!!!, stuju!!.

    I am a buzzer.

    Salam kenal dari Medan..

  6. Pekerjaan paling enak dan duit nya lumayan :-) mesti banyak followers nya tp follower sekarang bisa beli, di kaskus banyak yg jual cuman bener atau kagak tuch

  7. memang saat ini kita haus pintar memanfaatkan social media buat jadi media promosi

  8. Kira2 ngebuzzer gitu tuh lebih efektif dalam menambah jumlah follower nggak sih ? Teknik penargetannya gimana yah ?

  9. Sekarang sudah banyak yang menawarkan jasa followers :)
    Dan jadi enak kalau promosi di twitter apalagi followers nya banyak

  10. Wah bener gan. saya juga sedang mengutamakan social media nih

  11. iya pengen juga tuh banyak di follow di twitter biar bisa promosi sekalian

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com