Apa Itu Paypal? Bagaimana Cara daftar / Membuat Akun Paypal?

apa itu paypal Apa Itu Paypal? Bagaimana Cara daftar / Membuat Akun Paypal?

Di dalam bisnis online ada beberapa macam cara atau sistem pembayaran, mulai dari transfer melalui rekening bank lokal hingga penggunaan uang virtual. Tidak seperti transaksi dengan transfer rekening bank lokal, mekanisme pembayaran secara virtual atau online memiliki sistem yang sangat kompleks dengan berbagai mekanisme dan derivatif-nya. Selain itu, proses transaksi virtual ini juga melibatkan pihak ketiga yaitu Secure Payment Gateway dan Credit Card Authorization Service, diantaranya adalah Paypal, Ipayment, Nochex, dan lain-lain.

Diantara sekian banyak alat pembayaran virtual yang ada, saya baru menggunakan paypal. Jadi, di artikel ini saya akan sedikit membahasa tentang Paypal, dan cara mendaftar dan membuat akun Paypal.

I. Apa itu Paypal?

Kutipan dari Wikipedia:

PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Paypal itu adalah salah satu dari sekian banyak alat pembayaran (Payment Processor) virtual. Sampai saat ini, Paypal adalah alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh internet marketer karena memang alat pembayaran ini adalah yang paling aman.

Paypal bisa diibaratkan sebagai rekening virtual, berbeda dengan rekening bank lokal yang diakses via online. Kalau rekening bank lokal biasanya bisa digunakan untuk transaksi di dalam satu negara, berbeda dengan paypal yang bisa digunakan untuk transaksi oleh seluruh pengguna internet dari negara mana saja, tentunya mereka yang sudah punya akun Paypal. Hanya dengan mengetahui email Paypal seseorang, kita bisa mengirimkan uang virtual ke akun Paypal orang tersebut dengan cepat dan aman.

Para pengguna internet yang ingin melakukan transaksi online baik mengirim atau menerima uang, misalnya untuk membeli barang, membeli lisensi software original, membeli ebook, mengirim donasi, dan lain-lain, biasanya menggunakan Paypal sebagai media transaksi karena lebih cepat dan aman. eBay.com (situs lelang online) dan banyak situs eCommerce menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran mereka, ini tentunya mengharuskan para member mereka untuk memiliki akun Paypal agar bisa melakukan transaksi.

Artikel terkait: 3 Jenis transaksi online terpopuler di Indonesia

Apa keuntungan bagi pembeli?

Pihak pembeli yang menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran bisa mengirimkan komplain kepada pihak Paypal dalam waktu 45 hari jika barang yang dibeli belum sampai pada waktu yang ditentukan pihak penjual atau barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan deskripsi barang yang diberikan oleh si penjual. Jika si pembeli yang tidak puas bisa membuktikan bahwa si penjual melakukan penipuan (fraud) maka si pembeli akan mendapatkan pengembalian uang (charge back) dari perusahaan kartu kreditnya.

Apa keuntungan bagi penjual?

Paypal tentunya tidak hanya melindungi satu pihak saja, tapi semua pihak. Paypal juga melindungi penjual dari permintaan pengembalian uang atau komplain bohong dari si pembeli yang berniat buruk. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim atau komplain palsu dari pembeli yang mengaku telah mengirimkan uang yang ternyata tidak ada catatan bukti pembayaran dan catatan transaksi.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan mengunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayaran di masing-masing akun Paypal, baik penjual maupun pembeli. Catatan ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa telah terjadi pengiriman uang antara pembeli dan penjual.

II. Cara Daftar / Membuat Akun Paypal

Untuk memiliki akun Paypal, Anda harus memenuhi persyaratan, antara lain; memiliki akun email yang aktif dan harus berusia minimal 18 tahun atau lebih. Jika saat ini Anda belum memiliki email, maka sebaiknya Anda membuatnya terlebih dahulu. Silahkan baca artikel saya sebelumnya, yaitu tentang cara membuat akun email.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka halaman website www.Paypal.com. Perhatikan pada bagian atas, tentukan apakah Anda ingin membuat akun Paypal untuk Pribadi atau untuk Bisnis. Dalam contoh ini, saya akan membuat akun Paypal untuk Pribadi. Lalu klik tombol ” Daftar” pada bagian atas kanan, nanti akan diarahkan ke halaman baru. Lihat gambar di bawah:

2. Pilih jenis akun yang Anda inginkan, dalam artikel ini Saya akan memilih akun “Primer” karna Saya ingin akun Paypal yang bisa digunakan untuk berbelanja dan menerima uang secara online. Lihat gambar di bawah:

3. Masukkan data pribadi Anda pada kolom yang disediakan, lalu klik tombol “Setuju dan Buat Rekening”. Lihat gambar di bawah:

5. Nanti akan muncul halaman verifikasi dimana Anda harus memasukkan kode ke dalam kolom yang di sediakan, lalu klik tombol “Lanjutkan”. Lihat gambar di bawah:

6. Langkah selanjutnya adalah klik tombol “Masuk ke Rekening Saya”. Nanti akan muncul halaman akun Paypal Anda. Lihat gambar di bawah:

7. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi melalui email. Cek inbox email Anda dan cari email dari Paypal. Klik link untuk konfirmasi yang ada di dalam email tersebut. Lihat gambar di bawah:

8. Setelah melakukan klik pada link konfirmasi di email, nanti akan muncul halaman baru dimana Anda harus memasukkan password Paypal Anda. Password ini adalah password yang Anda buat saat mendaftar pada langkah 3.

9. Setelah langkah 8, Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat pertanyaan keamanan. Pertanyaan ini akan ditanyakan pada Anda ketika Anda lupa password, jadi pastikan Anda memilih pertanyaan dan jawaban yang mudah diingat. Setelah memilih pertanyaan dan mengisi jawaban pada kolom yang di sediakan, silahkah klik tombol “Kirimkan. Lihat gambar di bawah:

10. Sampai di sini sebenarnya Anda sudah berhasil memiliki akun Paypal. Selanjutnya Anda bisa masuk ke halaman rekening Paypal Anda atau memasukkan data kartu kredit Anda. Lihat gambar di bawah:

Perlu Anda perhatikan bahwa Akun yang sudah aktif perlu di verifikasi oleh pihak Paypal Agar akun tersebut bisa digunakan untuk melakukan pembelian dan menerima pembayaran. Agar akun Paypal tersebut mendapat status “Verified”, Anda harus memasukkan data kartu kredit atau VCC (virtual credit card) Anda ke dalam akun Paypal Anda tersebut.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Paypal dan cara membuat akun Paypal. Mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu.


60 total comments on this postSubmit yours
  1. Gimana klo kredit card ane gk ane masukin dh konfirmasi jg nih… nunggu 17 pas ane punya rekening bisa ya gan?

    • Hanya bisa daftar saja, tapi kalau belum nambahin data kartu kredit akun paypal nya belum verified

  2. Berarti klo mau daftar paypal harus ada credit card doong??

  3. Beli vcc dimana? Gimana caranya spy dgn vcc tp dana kita bisa cair ke rekening lokal kita?

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com