Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

bisnis online gratis tanpa modal Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?

Saya yakin mereka yang membuka halaman ini karena ingin mencari informasi tentang bisnis online gratis tanpa modal. Sejauh pengalaman saya selama ini, tidak ada bisnis online yang bisa dijalankan dengan gratis. Mungkin Anda akan berargumen “Ah masa sih, setahu saya banyak bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal materiil”. Saya juga punya argumen sendiri “tidak ada bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal materiil sama sekali”.

Ada hal yang sering kita lupakan ketika mendengar atau membaca informasi tentang bisnis internet tanpa modal, misalnya program semacam PTC (paid to click), atau program lainnya. Memang banyak program bisnis online yang bisa diikuti secara gratis dan tanpa modal pada awalnya. Tapi ketika kita mulai menjalankan bisnis tersebut justru akan membutuhkan modal. Jadi, daftarnya gratis tapi untuk menjalankan bisnisnya pasti butuh modal. Saya lebih setuju bila dikatakan bisnis online bisa dijalankan dengan modal kecil.

Dari data yang Saya temukan di Google Adword: Keyword Planner, ternyata banyak sekali netter yang mencari informasi tentang bisnis online gratis tanpa modal. Dan yang mengagetkan saya adalah hasil pencarian di halaman utama Google untuk kata kunci tersebut diisi oleh situs-situs yang menawarkan program-program PTC yang menurut saya hanya buang-buang waktu saja.

Program PTC (paid to click) menurut saya tidak bisa disebut sebuah bisnis yang menjanjikan, apalagi bisnis online gratis tanpa modal. Daftarnya memang gratis, tapi untuk menjalankannya Anda harus menghabiskan waktu dan uang untuk biaya internet hanya untuk meng-klik iklan-iklan yang ada di website PTC tersebut, wasting time.

Artikel terkait: Usaha online tanpa modal besar

Saya akan jelaskan kenapa bisnis online itu tidak ada yang benar-benar gratis. Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang sering dijalankan pebisnis online:

1. PTC (Paid To Click)

Program PTC adalah program dimana kita akan dibayar hanya untuk nge-klik iklan-iklan yang disediakan oleh pihak penyelenggara program PTC. Setelah kita nge-klik iklan yang diberikan, kita harus melihat website yang kita klik iklannya minimal selama 30 detik.

Memang program ini terkesan mudah dan bisa memberikan penghasilan tanpa harus kerja keras dan tidak butuh modal. Pada kenyataannya, Anda akan membutuhkan biaya untuk koneksi internet atau ke warnet, dan juga harus menghabiskan waktu yang tidak sebentar dalam melakukannya. Uang yang ditawarkan untuk sekali klik iklan juga sangat murah, sangat tidak sebanding dengan waktu yang Anda habiskan untuk melakukannya.

Menurut saya pribadi, program PTC hanya akan membuang-buang waktu Anda yang berharga. Kalau Anda ingin berbisnis online yang sesungguhnya, sebaiknya jangan pilih PTC. Tapi bila Anda hanya ingin iseng saja, silahkan mencoba mengikuti program PTC.

2. PTS (Paid To Survey)

Program PTS adalah program dimana kita dibayar untuk mengisi angket atau survey yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Tujuan dari program PTS ini sebenarnya adalah untuk mendapatkan gambaran dari masyarakat secara online tentang sebuah produk, jasa, atau sebuah website. Kita akan dibayar jika mengisi angket/ survey yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Program PTS biasanya memang gratis, tapi Anda pasti akan mengeluarkan biaya untuk koneksi internet dan juga harus menyisihkan waktu Anda untuk mengisi survey online. Saya menganggap ini bukan bisnis online gratis tanpa modal karena tetap saja kita mengeluarkan uang untuk koneksi internet.

Program ini memang mudah dilakukan dan biasanya tidak butuh waktu terlalu lama. Namun, jika kita bicara tentang sebuah bisnis untuk jangka panjang, maka program PTS bukanlah pilihan yang tepat. Anda memang bisa mendapatkan uang dari program ini, tapi tidak banyak dan survey yang bisa diisi juga terbatas.

2. PPC (Pay Per Click)

Program PPC ini adalah program yang bisa diikuti oleh mereka yang punya website atau blog yang kemudian disebut dengan publisher. Publisher akan dibayar oleh pihak penyelenggara program PPC jika pengunjung website/ blog miliknya melakukan klik pada iklan yang ada di dalam blog tersebut. Namun, pemilik website tidak boleh meng-klik yang ada di dalam blognya karena akan merugikan pihak pengiklan.

Program PPC adalah salah satu jenis bisnis online yang menurut saya cukup menjanjikan. Selain kita bisa mengembangkan kemampuan dalam membangun website/ blog, kita juga bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Salah satu program PPC yang banyak disukai oleh publisher adalah Google Adsense. Perusahaan ini berlokasi di Amerika Serikat, namun sudah mengembangkan bisnisnya ke manca negara, termasuk Indonesia. Selain Google Adsense, ada banyak perusahaan PPC lainnya, baik itu lokal ataupun dari luar negeri, diantaranya; Chitika.com, Bidvertiser.com, Kliksaya.com, Adsensecamp.com, Kumpulbloger.com, Sitti.co.id, dan lain-lain.

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis online untuk jangka panjang, maka program PPC adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan. Namun, Anda harus mulai membangun website/ blog untuk bisa mendaftar menjadi publisher PPC. Memang membuat website/ blog itu terkesan sulit dan mahal, padahal sebenarnya tidak sesulit dan semahal yang dipikir oleh banyak orang.

Artikel terkait: Apa itu internet marketing?

3. PPS (Pay Per Sale)

Program PPS adalah program dimana kita akan dibayar jika kita berhasil menjual sebuah produk/ jasa/ membership, kepada orang lain. Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher PPS sangat beragam, tergantung persentase yang diberikan oleh pihak penyelenggara program PPS.

Sama halnya dengan program PPC, biasanya untuk menjadi publisher program PPS kita harus memiliki sebuah website atau blog. Melalui website/ blog tersebut kita bisa memasarkan produk-produk yang dijual oleh pihak penyelenggara PPS. Setiap publisher diberikan link affiliate, dan ketika seseorang membeli produk dari link affiliasi tersebut maka publisher akan mendapatkan uang. Beberapa program PPS yang sangat terkenal adalah Amazon.com, ClickBank.com.

4. Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah tehnik penjualan dimana penjual tidak menyetok barang yang dijual, dan ketika ada order barang dari calon pembeli, penjual akan meneruskan detail order barang dan alamat pembeli tersebut kepada supplier/ produsen. Dengan kata lain, bisnis ini bisa dijalankan tanpa harus punya barang atau modal untuk pembelian barang.

Tapi tunggu dulu, bukan berarti Anda tidak mengeluarkan uang sama sekali. Untuk menjalankan bisnis dropship secara online tentunya Anda harus punya koneksi internet, ini salah satu cost yang harus Anda keluarkan secara rutin. Selain itu, bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis dropship lebih profesional biasanya akan membangun sebuah website untuk memajang display barang yang dijual. Tentu saja ini adalah cost juga yang harus dikeluarkan, jadi tidak bisa benar-benar gratis atau modal dengkul hehehe.

5. Menyediakan Jasa

Bisnis online menyediakan jasa ada banyak kita temukan di internet. Salah satu yang sering saya temukan adalah jasa membuat website, jasa pemasaran online, jasa SEO, dan masih banyak yang lainnya. Biasanya bisnis menyediakan jasa online ini disediakan oleh mereka yang punya keahlian atau kelebihan khusus yang jarang dimiliki orang lain.

Para pengguna jasa biasanya adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal tertentu, atau bisa juga karena tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya. Bisnis online penyedia jasa tentunya harus mengeluarkan biaya untuk mempromosikan bisnis mereka secara online ataupun offline. Selain itu, biaya operasional bisnis ini pastinya ada.

Kesimpulan:

Beberapa jenis bisnis online yang disebutkan di atas adalah jenis bisnis online yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis online. Dari penjelasan dari kelima jenis bisnis online tersebut, tidak ada satupun yang bisa dijalankan tanpa modal sama sekali. Semuanya butuh modal, materiil dan non materiil. Jadi, mulai sekarang kita harus mengubah mindset bahwa bisnis online gratis tanpa modal itu ada. Intinya, tidak ada satupun bisnis online yang bisa dikerjakan tanpa modal sama sekali.

Dalam memilih bisnis online, sangat penting untuk memahami potensi diri dan juga potensi yang ada di sekitar kita. Tidak perlu terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk menjalankan sebuah bisnis online. Lakukan apa yang menjadi kelebihan kita, dan maksimalkan sebaik mungkin. Setiap orang pasti membutuhkan proses dalam menjalankan bisnis onlinenya, karena itu jangan mudah putus asa dan tetap lakukan yang terbaik. Terimakasih sudah membaca artikel saya icon smile Apa Benar Ada Bisnis Online Gratis Tanpa Modal?


32 total comments on this postSubmit yours
  1. Semua bisnis sy yakin pakai modal. Bahkn tenth jg ada resikonya. Berbisnis berarti berani modal Dan hdapi resiko.

  2. Saya setuju BO dan bisnis apapun pastinya memerlukan modal sekecil atau sebesar apapun itu.
    Tapi khusus untuk Bisnis Online koneksi internet tidaklah dipandang sebagai modal, karena untuk terkoneksi ke internet sebenarnya bisa saja menggunakan komputer kantor bagi karyawan, tergantung kondisi. terlebih, tanpa berbisnis di dunia maya, uang yang dikeluarkan hanya untuk surfing di dunia maya seperti chatting, sosial networking dan lainnya cukup menghamburkan uang juga, sekecil apapun biaya paket internetnya..

    mau tidak mau, tanpa berbisnispun kita akan tetap terkoneksi ke internet untuk mengikuti perkembangan jaman.

    Jadi, sekarang permasalahannya, sudut pandang anda dalam berbisnis, jika mau untuk cepat, itu adalah hal yang mustahil.
    Namun, jika bekerja keras dan bersabar, apapun jenis BO yang dijalankan pasti akan berhasil pada waktunya, dan itulah Bisnis Sebenarnya.

    Buat Mas Max Manroe, bisa menghubungi saya untuk mengetahui Bisnis Online yang layak dan terpercaya saat ini.
    Namun, sebelum mas menghubungi saya, mohon rubah paradigmanya tentang bisnis yang membuat kaya dalam semalam seperti BO kebanyakan.

    Salam sukses dari saya.

    • Bahasa Indonesia yang benar itu “Ubah” bang, bukan “rubah”, kalau rubah itu nama hewan hehehe. Paradigma yang mana maksudnya? Saya tidak pernah mengatakan bahwa bisnis online itu bisa bikin kaya dalam semalam. Saya membuat artikel ini dengan melihat bisnis online dari sudut pandang banyak orang, bukan hanya dari sudut pandang seorang karyawan yang bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis di kantor, tentunya semua hal bisa dianggap sebagai modal.

      Modal yang saya maksud bukan hanya modal materiil, tapi termasuk yang non materiil, misalnya skill, kemauan, kerja keras, dan lain-lain, itu modal juga. Kalau yang abang maksud hanya modal materiil ya itu beda ceritanya hehehe. Di Share di sini aja bang peluang bisnis online yang layak dan terpercaya itu apa, selain saya kan banyak juga orang yang ingin belajar bisnis online. Thanks buat komentarnya bang Jasran :)

  3. Saya tidak sangat setuju yang nomor 1. Karena kalo bisnis PTC dijalankan selama 2 tahun tanpa henti maka hasilnya bisa melebihi UMR DKI. Dan saya sudah buktikan. Jika sudah menghasilkan maka kerjanya pun cukup 2 jam/hari, dengan penghasilan $500 /bulan.

    • Semoga sukses dengan bisnis PTC nya mas :)

  4. Setuju gan, untuk hasil maksimal maka kita jg hrs berani mengeluarkan budget yg ekstra..
    Hidup ini selalu butuh keseimbangan.. :)

  5. Setuju gan, semua perlu modal dan perlu proses…. untuk sukses sedikit banyak tentu memerlukan modal dan yang penting harus mau berproses..

  6. Memang benar gan,tidak ada yang gratis di dunia ini selain bernafas atau buang angin.hehehe. apalagi bisnis online.. pastilah keluar uang,minimal buat beli pulsa untuk kuota. ok trims nasehatnya gan..

  7. pada hakekatnya memang tidak ada bisnis online gratisan, semua membutuhkan modal, membutuhkan keterampilan dan pengetahuan. jadi kalau memang mau terjun di dunia bisnis online secara serius harus memiliki itu semua.

4 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com