9 Langkah Untuk Membuat Konten Anda Disukai Pembaca dan Google

Membuat Konten Anda Disukai Pembaca dan Google 9 Langkah Untuk Membuat Konten Anda Disukai Pembaca dan Google

Teman-teman blogger pasti sering mencari informasi tentang “bagaimana cara membuat konten yang disukai oleh pembaca dan rangkingnya baik di mesin pencari”. Itu kembali lagi ke tujuan kita membangun sebuah blog, apakah hanya sekedar tempat curhat, tempat berpuisi, atau dijadikan sebagai lahan bisnis di internet. Kalau Anda membangun blog untuk bisnis, maka sebaiknya perhatikan beberapa langkah yang akan saya bahas di artikel ini.

Dari pengalaman saya selama beberapa tahun membangun blog untuk bisnis online, membangun konten dengan tujuan SEO saja pada akhirnya tidak akan bertahan lama di mesin pencari. Dulu, Saya selalu mengikuti trik-trik khusus dalam membuat artikel, triks ini diajarkan oleh banyak internet marketer. Faktanya, trik-trik khusus ini ternyata tidak memberikan manfaat untuk blog saya, karena cenderung hanya menyasar pada tujuan SEO yang membuat pembaca blog saya bosan.

Anda pasti pernah juga melakukannya, misalnya memaksakan keyword density (kepadatan kata kunci) dalam artikel, memaksakan H1 – H2 – H3 harus selalu ada kata kunci yang dibidik, dan lain-lain. Saya pernah melakukan hal-hal seperti itu, dan tidak ada manfaatnya untuk jangka panjang bagi blog saya karena artikel seperti itu ternyata tidak disukai pembaca.

Saya sadur dari entrepreneur.com, berikut ini adalah 9 langkah untuk membuat konten blog Anda disukai oleh pembaca dan Google:

Artikel lain: Google HummingBird ~ Update Terbaru Dari Mesin Telusur Google

1. Menulis Untuk Pembaca dan Optimasi Untuk Robot Search Engine

Pembaca blog Anda pastinya tidak ingin membaca artikel yang dibuat untuk tujuan SEO, mereka ingin membaca informasi menarik dari blog Anda. Bahkan mesin pencari lebih mengutamakan konten yang alami dibandikan dengan konten-konten yang dibuat untuk tujuan SEO semata.

Walaupun Anda menulis dengan cara alami tentunya artikel tersebut tetap bisa dioptimasi untuk robot mesin pencari. Tetap fokus membuat artikel yang menjadi ‘darah dan daging’ blog Anda, dan berikan bantuan pada robot mesin pencari agar menemukan konten Anda tersebut.

2. Lupakan Tentang Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)

Salah satu mitos SEO yang seringkali kita perhatikan dalam membuat sebuah konten artikel adalah kepadatan kata kunci (keywords density). Beberapa orang mengatakan keywords density yang baik adalah 3% – 5% dari total kata dalam artikel, beberapa orang lainnya mengatakan keywords density sebaiknya berkisar antara 1% – 3% saja dari total kata dalam artikel. Faktanya, Google tidak pernah menyebutkan tentang keywords density.

Tentunya kita perlu memasukkan kata kunci di dalam konten, atau menambahkan kata kunci yang relevan dengan artikel yang kita buat. Namun kita harus menggunakannya secara sewajarnya, biarkan konten Anda mengalir secara alami. Memaksakan keywords di tempat yang tidak semestinya lebih sering merusak kualitas konten Anda, tidak akan membuatnya lebih baik di mesin pencari.

3. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan Sinonimnya

Anda pasti pernah mendengar tentang Latent Semantic Indexing (LSI). Mesin pencari selalu menghubungkan sebuah kata kunci dengan kata kunci lainnya yang masih terkait. Karena itu, variasikan kata kunci di dalam konten Anda. Dengan menggunakan variasi kata kunci, konten Anda akan semakin relevan dengan topik yang Anda bahas tanpa harus memasukkan kata kunci yang sama berkali-kali.

4. Buatlah Artikel Berkualitas Dengan Pembahasan Topik Yang Mendalam

Semua orang suka bicara to-the-point, langsung pada inti sari. Namun, jika kita membuat sebuah konten yang menjelaskan secara mendalam tentang sebuah topik, tentunya ini akan semakin baik. Saya pribadi tidak terlalu memperhatikan jumlah kata dalam setiap artikel yang saya buat, tapi biasanya artikel yang panjang dan mendalam biasanya lebih baik posisinya di SERP Google dibandingkan dengan artikel yang singkat dan dangkal.

Bukan berarti setiap artikel dengan jumlah kata yang banyak akan selalu menang di SERP mesin pencari. Ini hanya sebagai gambaran bahwa kualitas sebuah konten itu sangat penting jika ingin mendapatkan ranking yang baik di Google. Jangan pula memaksakan diri membuat artikel panjang dengan bertele-tele, buatlah artikel tersebut sesuai dengan fakta dan sesuai dengan pengetahuan Anda.

5. Gunakan Long Tail Keywords Pada Judul Konten

Judul yang panjang biasanya lebih menguntungkan di mesin pencari dibandingkan dengan konten dengan judul yang terlalu singkat. Memang, judul dengan kata kunci yang panjang biasanya pencarinya lebih sedikit dibandingkan dengan judul dengan kata kunci yang singkat. Namun pada kenyataannya, konten dengan judul yang panjang biasanya lebih baik posisinya di mesin pencari dibandingkan dengan konten yang judulnya singkat. Selain itu, konten dengan judul yang panjang dan deskriptif biasanya konversinya lebih bagus.

6. Respon Audiens Anda Dengan Baik

Jika blog Anda punya audiens/ pembaca setia, maka Anda harus siap memberikan respon dan menjawab komentar atau pertanyaan-pertanyaan mereka. Berikan jawaban yang mereka butuhkan, tentunya Anda hanya akan menjawab komentar atau pertanyaan yang sesuai dengan topik Anda. Kalau kita melihat dari sisi SEO, keterlibatan pembaca di dalam sebuah blog adalah sebuah keuntungan.

7. Berikan Kemudahan Bagi Pembaca Anda Untuk Menyebarkan Konten Anda

Menyebarkan link konten Anda di media sosial akan memberikan trafik langsung dan dampak SEO yang baik bagi keseluruhan blog Anda. Semakin banyak orang yang menyebarkan konten Anda, hasilnya akan semakin baik. Karena itu, sediakan tombol media sosial di blog Anda agar memudahkan pembaca Anda untuk menyebarkan artikel yang mereka sukai di blog Anda.

8. Gunakan Google+

Google+ akan semakin besar peranannya di dalam SEO. Selain itu, dengan menggunakan Google+ Anda akan mendapatkan Author Rank dan terhubung dengan pengguna Google+ lainnya. Author rank adalah salah satu faktor dalam SEO, dan menurut saya peranannya akan semakin besar untuk SEO di masa-masa yang akan datang. Jadi, sebaiknya Anda gunakan Google+ dari sekarang, dan hubungkan blog Anda dengan akun Google+ Anda.

Baca juga: Tentang Author Rank, SEO dan Google Plus

9. Gunakan Judul dan Deskripsi

Title tags Anda adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh Google ketika robot mereka ‘membaca’ blog Anda. Tentunya akan lebih baik lagi bila judul konten dilengkapi dengan deskripsi dari konten Anda, karena pengguna mesin pencari akan melihat judul dan deskripsi konten Anda di SERP Google. Gunakan judul dan deskripsi yang deskriptif dan mengajak audiens untuk membuka situs Anda.


113 total comments on this postSubmit yours
  1. artikel yg bermanfaat, terima kasih sharingnya

  2. harusnya ini sangat berguna yah, tapi buat saya kok gk ngaruh2, hahahahha, sebelumnya makasih ya mas

  3. Yang agak sulitdari tips diatas adalah kesadaran pembaca untuk share artikel yang kita buat walaupun mereka merasa artikel yang kita buat bermenfaat. membangun budaya share supaya mudah dan banyak dishare bagaimana ya?

  4. keren tipsnya makasih masbrow

  5. Wah, terimakasih gan. Bagus untuk blogger yang masih pemula seperti saya ini

  6. Terimakasih gan, sangat bermanfaat buat blogger pemula seperti saya

  7. wah ini nih yang perlu saya pelajari lebih dalam, thanks buat infonya gan…
    sukses selalu…

  8. saya menyukai benar artikel ini. dimana anda tidak hanya bicara namun juga menerapkannya pada setiap artikel yang anda buat. tidak ada kata-kata atau kalimat yang tidak enak di baca. semua menarik. beda dengan artikel lain yang suka memaksakan KW tertentu untuk mengejar SEO. Saya berterimakasih atas petunjuk2nya meski 50% pembahasan di atas rasa-rasanya sudah pernah di bahas oleh blogger lain.

  9. selain diatas, nggak yang memperngaruhi gan? soalnya ane udah nyoba hampir semua langkah diatas, tapi pengunjung masih sepi gan

  10. Makasih buat infonya, somoga bermanfaat buat kita semua

  11. Mas, mau nanya dong..
    itu tentang author rank maksud nya gimana ya?
    masih newbie banget mas..
    makasi mas :)

  12. makasih infonya om..
    penting banget nih soalnya saya lagi ikutan kontes seo, hehee

    kaloberkenan silahkan nyepam pada artikel kontes seo saya dan saya akan dengan senang hati menerimanya :)

  13. bener banget nih…. artikel ini aja aku baca ampe abis gak loncat2,,, krna mmg menarik…..
    setuju banget yg nomer 3 trnyata ada yg namay LSI…. heheheee #newbie

  14. web saya toko online
    trik no 6 yg saya suka dan saya jalanin
    thanks

  15. Kalo untuk blog wallpaper gimana bro mas ?
    biar visitor bisa betah cari gambar di blog kita dan gimana biar trafic nya naik terus ?

    • Sering-sering ngforum mas, banyak kok tread2 nya tentang seo wallpaper..
      sekedar membantu aja mas..

  16. info yang cukup menarik, tapi saya mau tanya gan, untuk jenis web online shop yang lebih focus pada produk dari pada artikel yang panjang itu bagaimana siasat pengaturan kontens pada web semacam itu, sehingga pada search engine web kita bisa menempati top 10 ?

    • Toko onlinenya harus punya fitur blog. Optimalkan SEO homepage dan juga artikel yang dibangun pada blognya.

  17. diera alogaritma google , konten emng bisa diartikan seperti raja gan , apa lagi artikel ori tanpa copas dengan 4-5 paragraf behhh itu kesukaan google bgt bang hehee
    makasih bang tipsnya :)

    • Kalau saya sih ga kuat 4-5 artikel per hari hehehe. Satu artikel per hari aja kalo rutin selama sebulan udah mantap tuh :). Mungkin nanti kalau web ini semakin besar bisa submit 5 artikel per hari.

  18. Membaca tips yg ke-4, jika dilogikakan secara awam mungkin kayak orang ujian esai saat kuliah kali ya. Umumnya, walaupun jawabannya tidak terlalu tepat namun terhadap jawaban yang panjang lebar pak dosen akan memberikan nilai yg lebih besar ketimbang jawaban yang singkat …

  19. artikel yang sangat keren sekali, kalau artikel yang tidak terindek itu kenapa ya gan? apakah karena seonya tidak berjalan? saya masih newbie mohon pencerahannya gan. semoga sukses

3 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com