6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

Membuat Konten Blog Lebih SEO 6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO

Lama juga ga nulis, ini artikel pertama saya di bulan Maret 2013… mungkin ada temen yg berpikir “dasar blogger pemalas” hehehe. Tapi sebenarnya belakangan ini saya ga bisa nulis karna banyak kerjaan (offline dan online), udah gitu penulis yang lain juga pada sibuk sama urusan masing-masing huhuhu. OK … kembali ke Laptop. Sesuai dengan judulnya, artikel ini membahas tentang cara sederhana untuk membuat konten blog jadi lebih SEO.

Banyak bloger yang tidak terlalu perduli tentang SEO (search engine optimization) atau bahkan tidak tahu tentang SEO. Mereka biasanya menulis konten tanpa memperdulikan poin-poin penting dalam konten mereka yang bisa mempengaruhi SERP di Google atau search engine lainnya, mungkin blogger ini termasuk Anda. Bagi orang yang terbiasa dengan kegiatan SEO, mereka biasanya akan menulis konten lebih lama dibanding dengan blogger lain yang tidak perduli tentang SEO karena pelaku SEO memang selalu memperhatikan banyak faktor sebelum mem-publish kontennya… kadang mereka pusing sendiri hehehe.

Saya tidak mencoba mengajak Anda untuk menjadi ‘blogger SEO’, tp sekedar sharing beberapa tips untuk memaksimalkan konten Anda di mesin pencari. Berikut ini adalah 6 cara untuk membuat konten blog lebih SEO:

Artikel terkait: Memilih jasa SEO Indonesia

1. Buat Konten Yang Original dan Berkualitas

Kalau kita bicara tentang SEO maka akan sangat berkaitan dengan kualitas dan originalitas konten. Kalau kita membuat blog yang kontennya hanya copy paste dari sumber lain, kemungkinan besar blog kita akan kena pinalti. Ga percaya? Coba aja copy konten di blog ini dan posting di blog Anda, liat hasilnya beberapa bulan lagi – jangan ya hehehe.

Trus, konten yang original itu gimana kalau topiknya ternyata udah banyak ditulis sama orang lain. Bisa saja kita menulis topik yang sama dengan topik di blog orang lain, tapi kita tentunya punya gaya bahasa sendiri, itu tidak jadi masalah. Trus artikel yang berkualitas itu yang gimana? Konten blog biasanya berupa artikel, gambar, dan video, atau bisa saja cuma salah satu dari mereka. Selama konten Anda memberikan informasi yang bermanfaat dan disukai oleh pembaca maka konten itu sudah bisa dibilang berkualitas. Kita tidak usah terlalu mikirin tentang jumlah kata dalam sebuah artikel konten, yang penting pembacanya suka, udah beres. Tapi kita harus ingat, ini kan untuk konten blog bukan micro blog seperti twitter yg hanya menawarkan 140 karakter utk 1 konten, jadi ya jumlah katanya bisa lebih banyak (300 – 1000+ kata)

2. Masukkan Gambar/ Video Yang Relevan

Ibarat taman tanpa bunga itulah yang terjadi kalau sebuah artikel dalam blog tidak ada gambar atau video. Gambar memang bisa mewakili kata-kata, tapi gambar tanpa kata-kata seperti bernyanyi sendiri di malam sunyi ( sorry ngelantur dikit nih hehehe).  Jadi, artikel dan gambar sebaiknya selalu bersama-sama di dalam konten kita, lebih bagus lagi kalo ada video yang relevan. Untuk gambar, jangan lupa untuk memberikan tag ALT (alternative) pada gambar dengan keyword yang sesuai dengan topik yang ada dalam artikel. Ini tujuannya untuk optimasi gambar tersebut pada hasil pencarian di search engine.

3. Buat Title dan Meta Description Artikel

Title/ Judul artikel sangat penting untuk SEO sebuah blog karena judul adalah informasi awal tentang isi dari artikel yang akan dibuat. Buatlah judul yang deskriptif dan dapat mewakili topik dari konten yang akan dibuat, dan pastikan judul tersebut juga mengandung kata kunci penting. Selain mengandung kata kunci, ada baiknya judul juga bisa menarik perhatian calon pembaca dari mesin pencari seperti Google. Contoh sederhana, cara 1: Membuat Blog di WordPress, bandingkan dengan cara 2: Cara Membuat Blog di WordPress Dengan Mudah dan Cepat. Tentunya judul yang dibuat dengan cara 2 lebih menarik calon pembaca, sehingga kemungkinan besar orang yang meng-klik di mesin pencari menjadi lebih besar.

Meta description adalah salah satu cara agar mesin pencari seperti Google cepat mengenali topik artikel yang kita tulis. Jadi pastikan untuk selalu menulis description artikel Anda setiap kali membuat konten di blog. Biasanya search engine hanya membaca 160 karakter dari bagian description, jadi jangan lupa untuk memasukkan kata kunci topik artikel yang dibuat di dalam 160 karakter itu.

4. Gunakan Tags Sewajarnya

Blogger pemula yang belum paham tentang fungsi tag dan tidak mengetahui ‘keganasan’ Google belakangan ini, pasti memilih untuk memasukkan keyword dan tag sebanyak-banyaknya bahkan memasukan tag yang tidak perlu ke dalam konten mereka. Tags pada konten bertujuan untuk menunjukkan topik konten yang dibuat, nah jika tag yang dimasukkan jumlahnya sangat banyak ini akan membuat konten kita tidak fokus dan seperti SPAM. Untuk sebuah konten akan lebih baik bila kita memasukkan maksimal 5 tag saja yg memang benar-benar terkait dengan artikel yang dibuat.

5. Masukkan Keywords Sewajarnya

Sama halnya seperti tags, memasukkan keywords ke dalam konten adalah hal yang penting untuk SEO. Namun perhatikan untuk memasukkan keyword yang memang berhubungan dengan topik yang dibuat. Masukkan keywords secara wajar ke dalam konten Anda, mulai dari paragraf pertama hingga paragraf terakhir. Jangan memasukkan keywords terlalu banyak di dalam konten karena akan dianggap sebagai kegiatan keywords stuffing atau SPAM.

6. Membuat Link Ke Halaman Terkait

Link menuju halaman terkait – baik itu internal atau eksternal – adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan SEO sebuah halaman konten. Dengan membuat link ke halaman lain yang isinya masih berhubungan berarti konten Anda dilengkapi dengan link referensi yang membuat konten Anda lebih lengkap.

Artikel terkait: Cara riset keyword

Menurut saya, 6 tips untuk membuat konten blog lebih SEO di atas adalah cara yang sangat sederhana dan cukup ampuh untuk meningkatkan on page optimization konten blog. Mungkin beberapa orang mempunyai cara yang berbeda atau masih ada cara tambahan selain yang disebutkan di atas. Silahkan share tips Anda melalui halaman komentar. Terimakasih icon smile 6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO


42 total comments on this postSubmit yours
  1. Broo tanya kalo blog aku kan namanya megamay18.wordpress.com
    biar jadi megamay18.com itu gimana yah? Share yah bro buat nambah wawasan :D

    makasih broo :D

    • Tinggal upgrade aja dari dashboard WordPress nya mas. Beli domain dari WordPress, pakai Paypal atau kartu kredit, nanti pihak WordPress akan otomatis mengganti nama domainnya dengan yang diinginkan. Silahkan di-explore mas dashboard WP nya, saya pakai script WordPress.org bukan WordPress.com, jadi sedikit berbeda pada bagian dashboardnya.

  2. Wah, ini dia artikel yang saya cari-cari. Tulisan diatas bisa membantu saya sebagai blogger pemula dalam mengenal seo onpage ya mas. Yang masih saya belum mengerti, bagaimana cara yang aman tapi ampuh dalam memasang keyword dalam postingan blog. Agar terhindar dari Panda dan Penguin ?

  3. terimakasi mas, artikelnya sangat membantu kami dalam menulis di blog karena kami sebagai pemula harus banyak-banyak belajar pada senior,,boleh tanyak dikit ya gimana cara mengatur lebar halaman postingan, atau mengecilkan halaman postingan. thans

    • Mengecilkan halaman postingan itu bisa diatur dari css websitenya mas.

  4. mantap gan share-nya , manfaat banget, langsung akan saya terapkan di blog ,, hehehe bismillah :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com