5 Aplikasi Android Wajib Download Menjelang Pemilu 2014

Aplikasi Android1 5 Aplikasi Android Wajib Download Menjelang Pemilu 2014

Image dari Aplikasiandroid.com

Saat ini internet merupakan sarana yang ampuh untuk mempromosikan segala hal, tidak terkecuali untuk para calon anggota legislatif yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat pada Pemilu 9 April 2014 nanti. Terlebih dengan maraknya penggunaan smartphone dan gadget sekarang ini, menunjukan bahwa masyarakat Indonesia sudah semakin cerdas dan menyadari bahwa teknologi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari.

Menjelang pemilu baik pilpres atau pun pileg nanti, nyatanya saat ini masih banyak sekali para pemilih yang belum tahu dan belum mengenal lebih dalam tentang siapa saja calon yang akan mewakili mereka di bangku pemerintahan. Ketidaktahuan tersebut, sering berujung pada fenomena golput. Jangankan Anda, saya sendiri juga masih bingung untuk memilih caleg mana, kalau presiden sih sudah ada pilihan tapi rahasia dong hehehe.

But anyway, seperti kita ketahui bersama bahwa pemilih yang melakukan golput adalah mayoritas dari kalangan muda. Kenapa? Disamping karena banyaknya caleg yang mencalonkan diri, juga karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, tentunya hal ini akan membuat bingung masyarakat untuk memilih, utamanya bagi pemilih muda.

Hal inilah yang mendorong para developer untuk membuat aplikasi-aplikasi mengenai Pemilu 2014 dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang jelas kepada masyarakat mengenai partai-partai peserta Pemilu serta calon-calon legislatif dan juga presiden yang akan mereka pilih. Untuk itu diharapkan masyarakat dapat memilih partai dan calon legislatif secara tepat dan bukan asal coblos tanpa mengetahui latar belakang mereka.

Artikel lain: Andy Rubin ~ Penemu operating system Android

Cukup banyak #aplikasi Android mengenai Pemilu 2014 yang dapat diunduh oleh masyarakat, diantaranya:

1. Aplikasi Pemilu

Aplikasi buatan ThinkWorld ini merupakan salah satu aplikasi Pemilu 2014 dengan informasi yang cukup lengkap. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat mengenal dengan lebih jelas profil partai dan riwayat hidup para calon anggota DPR, DPD dan DPRD. Selain itu kita dapat mengecek apakah kita telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap atau tidak.

Aplikasi ini juga meyediakan informasi terbaru seputar pemilu, jadwal dan tata cara Pemilu, syarat ikut serta dalam Pemilu, pertanyaaan-pertanyaan, pemberitahuan dapil, serta profil calon Presiden yang diusung masing-masing partai. Download aplikasi android Pemilu DI SINI.

2. Aplikasi VIVA Pemilu

Aplikasi yang dibuat oleh grup media VIVA ini menghadirkan informasi terbaru seputar Pemilu 2014 berupa berita-berita, foto dan video yang disadur dari portal berita VIVA News. Berita yang disajikan digolongkan dalam tiga kategori yakni berita umum seputar Pemilu 2014, Bursa Presiden 2014 dan kategori Hot Caleg 2014.

Meskipun dimiliki oleh grup Bakrie, aplikasi ini tidak memihak kepada salah satu pihak dan tetap netral. Download aplikasi android VIVA Pemilu DI SINI.

3. Aplikasi Game Pemilu 2014

Belajar sambil bermain tentunya lebih menarik bukan? Mungkin itu yang terbersit oleh Gits Media yang bekerjasama dengan STMIK STIKOM Yogyakarta untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Pemilu 2014. Di dalam aplikasi ini terdapat 3 jenis game yaitu Kenali Wakil Rakyat, Cari dan Sumbang Dana, serta Ikut Kampanye. Dari ketiga game itu Anda dapat mengumpulkan poin untuk mendukung calon atau partai yang telah Anda pilih sebagai jagoan.

Sayangnya data yang disediakan oleh game ini kurang akurat. Selain itu user interface-nya cukup membingungkan karena masih banyak navigasi yang belum sempurna dan terkesan tidak rapi. Semoga pihak Gits Media dapat memperbaiki aplikasi ini sehingga lebih nyaman untuk dimainkan. Download aplikasi android Game Pemilu 2014 DI SINI.

4. Aplikasi MataMassa

Aplikasi hasil kerjasama antara Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan iLab ini memfasilitasi penggunanya di sekitar Jabodetabek untuk memberikan laporan apabila diduga terdapat pelanggaran aturan Pemilu yang dilakukan oleh peserta. Dugaan pelanggaran itu dibagi kedalam tiga kategori yaitu yang bersifat tindak pidana, pelanggaran administratif dan lain-lain.

Laporan-laporan dugaan pelanggaran tersebut kemudian akan ditindaklanjuti oleh tim verifikator dari MataMassa dan hasilnya akan ditampilkan pada situs matamassa.org yang bisa diakses oleh setiap orang. Turut disajikan pula peta Jabodetabek yang berisi wilayah asal laporan yang masuk. Download aplikasi android MataMassa DI SINI.

5. Aplikasi Orang Baik

Tentunya banyak masyarakat yang belum mengenal dengan baik calon-calon anggota legislatif (caleg) yang akan mereka pilih dikarenakan jumlahnya yang banyak dan kurangnya informasi. Aplikasi buatan AppKitchen ini mencoba mengurutkan para caleg berdasarkan nilai kualitas. Semakin tinggi nilainya maka semakin baik pula kualitas caleg yang bersangkutan. Pengguna aplikasi juga dengan mudah dapat melihat caleg mana yang paling berkualitas. Dengan demikian diharapkan pengguna dapat memilih caleg yang tepat alias ‘Orang Baik’.

Menurut Ziyad Bazed dari AppKitchen, tolak ukur yang dipakai untuk menentukan nilai caleg adalah sebuah algoritma yang meninjau sejumlah parameter sebagai sumber penilaian diantaranya umur, tingkat pendidikan, tingkat universitas, pengalaman pekerjaan, pengalaman organisasi, dan wawasan daerah pemilihannya. Aplikasi ini bisa diunduh bagi pengguna iPhone, Android dan ada juga dalam versi web-nya. Download aplikasi android Orang Baik DI SINI.

Baca juga: UrbanIndo luncurkan aplikasi iOS & Android bagi pencari rumah dan properti di Indonesia

Jadilah pemilih cerdas, untuk Indonesia yang lebih baik icon smile 5 Aplikasi Android Wajib Download Menjelang Pemilu 2014


7 total comments on this postSubmit yours
  1. makasih infonya om.. ane barusan download yang urutan pertama.. aplikasi pemilu

  2. wah kebetulan gan….. bisa buat nambah nambah pengetahuan sebelum nyoblos…

  3. wahh saya baru tau gan, klo ada aplikasi seperti ini….. patut di coba… thanks info nya gan….

  4. Waah saya belum pernah download atau mencoba ke 5 aplikasi di atas itu.. wahh jadi pingin download nih…

  5. iya harus download! biar bisa mengenal wakil kita secara mendalam dan ga salah nyoobloss

  6. Manatp kang
    tapi saya belum bisa ikut pemilu umur masih 13 tahun …

  7. Terimakasih bang untuk list aplikasi dan game yang berkenaan dengan pemilu… terus terang saya penasaran degan ini dan ingin sekali untuk mencobanya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com