3 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

bisnis go online 3 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

Ilustrasi dari eHow.com

Go Online, itulah tagline yang makin gencar digalakkan saat ini oleh para penggiat dunia maya dan juga pengusaha online. Apa sich go online itu? Pada dasarnya bisnis go online dapat diartikan mengembangkan sebuah bisnis yang sebelumnya masih dijalankan di ranah offline lewat toko fisik atau tempat usaha lainnya menuju sistem penjualan online lewat toko online atau yang sering disebut dengan eCommerce.

Pertanyaannya adalah kenapa harus Go Online ketika bisnis yang di jalankan secara offline saja sudah berkembang dengan memuaskan. Saat ini perkembangan dunia usaha sudah begitu dinamis. Siapa yang gagal berkembang atau stagnan hingga saat ini, dipastikan akan tertinggal semakin jauh. Dan disitulah bisnis Go Online menjadi jawabannya.

Bagi yang sedang memulai bisnis baru atau start up, dan mereka yang ingin mengembangkan bisnis offline ke dunia online, sangat disarankan untuk memulainya sesegera mungkin. Berikut ini kami berikan ulasan mengenai 3 alasan mengapa kita harus membawa bisnis Go Online:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Bayangkan dalam menjalankan bisnis secara offline tak jarang  jangkauan pasar kita mungkin hanya akan berkutat di wilayah anda saja. Bahkan untuk memperluas pasar, banyak pengusaha yang harus mengeluarkan kocek khusus sebagai biaya promosi pamphlet, papan iklan atau bentuk media promosi offline lainnya. Namun dengan pengembangan usaha online lewat toko online, semua biaya tersebut bisa anda hemat. Dengan berbisnis online pun, jangkauan pasar anda sudah bersifat global yang artinya anda bisa mendapatkan pasar yang jauh lebih luas dari sebelumnya.

Hal tersebut bisa terjadi karena sifat dunia maya sebagai media penyebar informasi yang sangat cepat dan efektif. Mesin pencari seperti Google dan Yahoo menjadi salah satu komponen dunia online yang bisa membantu anda mengembangkan bisnis anda. Jutaan orang saat mencari berbagai macam keperluan di dunia maya, dan dengan beberapa usaha optimasi yang dikenal dengan istilah SEO usaha anda bisa dilihat oleh para pengguna yang sedang membutuhkan barang atau jasa yang anda tawarkan.

Adanya sifat keterkaitan juga menjadikan dunia maya makin potensial untuk mengembangkan usaha anda. Satu situs memasang link atau alamat yang mengarah ke situs yang lain, situs lain memasang link lain dan begitu seterusnya saling berkaitan. Bayangkan potensi yang bisa dikembangkan dari sini, jika link toko online usaha sudah tersebar luas maka anda tinggal duduk manis menanti pesanan datang. icon smile 3 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

Artikel lain: Peran Fitur Hashtag / Tagar Untuk Maksimalkan Marketing Online Anda

2. Mudahnya Mendapat Pelanggan Baru Dari Internet

Keuntungan lain dari bisnis online adalah makin mudahnya anda dalam mendapatkan pelanggan baru. Potensi tersebut sudah bisa kita lihat dengan makin berkembangkan situs jejaring sosial atau sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.  Jejaring sosial bisa sangat membantu anda untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli baru.

Cepatnya penyebaran informasi di jejaring sosial menjadi kekuatan utama promosi lewat jejaring sosial. Jika anda bisa memberikan kesan positif pada satu pelanggan lambat laun pelanggan lain akan datang berkat referensi yang di posting ke jejaring sosial oleh pelanggan anda yang puas. Dukungan dengan membuat basis sosial media seperti Facebook Fanpage juga bisa makin menyempurnakan perkembangan usaha online anda.

Selain itu, hal lain yang dapat mempermudah usaha anda dikenal adalah dengan banyaknya komunitas online yang tergabung pada forum online. Komunitas online bisa menjadi lahan basah untuk menjaring lebih banyak pelanggan baru. Saat seorang anggota komunitas online mendapatkan referensi usaha yang bagus, maka mereka pasti akan mediskusikannya dengan anggota komunitas lainnya. Disini yang terpenting adalah masuk pada komunitas atau forum yang tepat dan sesuai dengan usaha Anda.

Artikel lain: Cara membuat Facebook fans page di Facebook

3. Usaha Nampak Lebih Profesional

Ketika mengembangkan sebuah bisnis tentunya kita berharap usaha kita bisa terlihat professional. Selain agar para pelanggan lebih percaya, profesionalisme usaha nyatanya juga akan membawa usaha kita ke jenjang dan peluang mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

Dalam hal ini, membuat sebuah website atau mengembangkan toko online bisa membuat usaha kita lebih dikenal. Personal branding melalui penamaan alamat website bisa menjadi contoh. Pada kenyataannya saat ini telinga kita akan lebih peka jika mendengar nama sebuah brand melalui websitenya, misalnya Maxmanroe.com. Kesan modern dan mengikuti perkembangan dunia digital tersebutlah yang akan membuat usaha kita nampak lebih professional.

Faktor lain yang tak kalah penting adalah tampilan dari toko online usaha kita. Tidak hanya produk atau jasa yang Anda tawarkan, jika toko online anda terkesan asal-asalan tentu para pelanggan enggan untuk mempercayai bisnis Anda. Namun itu tidak lagi menjadi masalah, saat ini sudah sangat banyak tutorial cara membuat toko online yang baik dan efektif sebagai media usaha anda.

Sebenarnya kita bisa membuat sebuah toko online dengan menggunakan platform blog gratisan seperti Blogspot.com atau WordPress.com, tapi menurut saya akan terlihat kurang professional jika sebuah bisnis masih menggunakan platform gratisan. Bagi Anda yang ingin membangun sebuah website untuk bisnis atau toko online, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website atau toko online. Biayanya pun tidak terlalu mahal, beberapa penyedia jasa pembuatan toko online sudah banyak yang menawarkan jasanya dengan fee yang terjangkau.

Baca juga: Peluang Usaha Reseller / Dropshipper Baju di Tahun 2014

3 hal tersebut bisa menjadi alasan utama bagi kita untuk segera Go Online-kan usaha anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Dan sebagai penutup, berikut ini sebuah video tentang pemasaran online dari seorang guru dan pelaku internet marketing tanah air Anne Ahira.

Tags terkait: #Internet marketing, #Bisnis online


13 total comments on this postSubmit yours
  1. Ikutan go online dong mas bro, ni saya punya produk handmade unik yg cocok banget buat hadiah or kado untuk pacar tercinta, sahabat, teman atau bsa jga anak tersayang.

  2. Oh ya klu bleh thu toko online gmana mas?

    • toko online saya masih default, belum saya apa-apain karena belum ketemu supplier yang cocok hehehe. Ini url nya antajau.com :)

  3. Ni toko online saya http://propolisriau.com ni mengenai obat propolis mas..obat untuk sgala jnis pnyakit..mau jualan baju ya mas..bgus tu mas ..tlong email ke ke saya produk baju nya..saya mau jg mas brjualan bju di toko online saya.

  4. Ya btul mas,apalagi klu kta brgabung di jgoan store lwat blakblakan..alhamdulillah toko online saya dah jdi mas ..toko online saya mengenai khebatan propolis.

    • Halo mas Bernos, toko online saya dari Blakblakan juga sudah selesai tapi belum ketemu supliernya. Boleh lihat toko onlinenya seperti apa? Rencananya saya mau jual pakaian wanita hehehe :)

  5. Tapi Tetap kan ya bisnis online juga harus ada Bisnis Ofline nya biar seimbang :D

  6. Memang betul sekali yang di bahas di postingan di atas, tapi tentunya semakin kesini persaingan pasar online akan semakin berat … kalo punya tips untuk menghadapi persaingan tersebut tulis di posting berikutnya ya gan :D

  7. kebetulan usaha saya juga sudah di online kan, dan 99% penghasilan yang di dapat dari customer online mas..
    Salam sukses

  8. segera go online sebelum keduluan kompetitor :D

    • Memang bahaya sekali jika kompetitor mendahulukannya, jadi bagi anda semua, jadikanlah bisnis anda Go online, agar lebih luar jangkauannya :)

  9. bener banget mas.. tapi di sisi lain persaingan akan semakin ketat dan harga akan sangat bersaing. banya usaha yang harus banting harga karena kalah pamor dengan web yang lebih mapan

    • Yang namanya bisnis pasti ketemu saingan, makanya pebisnis memang harus inovatif agar usahanya tetap dilirik sama pelanggan :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com