10 Tips Media Sosial Untuk Bisnis

Media Sosial Untuk Bisnis 10 Tips Media Sosial Untuk Bisnis

QDDCUX7CTKBF - Hampir semua orang yang mengenal internet pasti punya akun media sosial seperti twitter, facebook, G+, dan lain-lain, atau paling tidak mereka pasti memiliki akun di salah satu media sosial tersebut. Pada awalnya media sosial dibuat untuk kegiatan bersosial secara online, dan ternyata saat ini media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis. Jika saat ini Anda memiliki sebuah bisnis dan tidak dipromosikan secara online maka Anda sudah sangat ketinggalan dengan pesaing yang menggunakan media sosial.

Kegiatan di media sosial bisa memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis lokal yang mencakup meningkatkan brand bisnis dan juga memperkuat SEO dari website bisnis tersebut. Saya tidak mengatakan bahwa dengan memiliki akun media sosial akan otomatis meningkatkan penjualan bisnis Anda, tapi dengan kehadiran bisnis Anda di dunia maya tentunya akan membuatnya menjadi lebih dikenal oleh orang banyak. Dan tentu saja orang-orang yang berada dalam network Anda akan menghubungi Anda bila mereka membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Mereka seperti sudah memiliki ikatan dengan Anda secara tidak langsung.

Kegiatan sebuah bisnis di media sosial tidak hanya tentang promosi saja tapi lebih dari itu. Kita bisa menjadi seseorang yang hanya berorientasi pada uang dan keuntungan jangka pendek atau berorientasi pada keuntungan dalam hubungan jangka panjang dengan orang-orang yang terhubung di media sosial, itu pilihan masing-masing. Namun, jika kita bicara tentang bisnis tentunya kita ingin yang jangka panjang dong.

Berikut ini adalah 10 tips dalam bersosial media untuk bisnis:

Yang pertama, pastinya bisnis Anda harus memiliki akun media sosial yang populer saat ini, contohnya seperti Facebook, Twitter, Google plus, dll.

1. Pastikan pelanggan Anda dapat menandai “check-in” ketika mereka berada pada tempat usaha Anda. Fasilitas ini sudah disediakan oleh Facebook dan sangat cocok untuk bisnis seperti cafe, bar, atau restaurant. Tentunya Anda harus memanfaatkan fasilitas ini pada Facebook Page bisnis Anda agar bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.

2. Daftarkan juga bisnis Anda pada Foursquare (https://id.foursquare.com/) karena website ini bisa membantu Anda dalam mengakses nama-nama orang yang sudah “check-in” pada bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui beberapa kebiasaan mereka sebagai pelanggan dan bisa membantu Anda menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap bisnis Anda.

3. Persiapkan bisnis Anda dengan fitur terbaru yaitu Facebook Graph Search dimana orang bisa menemukan semua bisnis lokal sesuai dengan yang mereka sukai. Fitur ini sebenarnya belum bisa digunakan semua akun Facebook – terbatas pada akun tertentu – tapi cepat atau lambat tentu bisnis Anda bisa menggunakannya.

4.  Aktif dalam kegiatan bersosial di Twitter. Posting kegiatan bisnis Anda di twitter secara rutin, misalnya; pelanggan yang datang ke bisnis Anda, event yang Anda lakukan, promosi produk, dan lain-lain. Kita juga bisa berpromosi dengan memberikan insentif atau voucher diskon pada followers yang bersedia men-tweet atau memposting di Facebook tentang bisnis kita. Dengan begitu teman-teman atau followers mereka juga akan mengenal bisnis Anda.

Artikel Terkait: Cara menambah followers twitter dengan cepat

5. Buat akun Anda di LinkedIn.com. Profile Anda di LinkedIn akan sangat mempengaruhi bisnis Anda karena mesin pencari seperti Google.com me-ranking profil LinkedIn lebih tinggi dibanding dengan media sosial lainnya, termasuk Facebook. Pastikan Anda memiliki akun di LinkedIn dan tetap uptodate di media sosial itu, jangan lupa agar terhubung pada bisnis lain yang sejenis dengan industri bisnis Anda.

6. YouTube adalah salah satu media sosial yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan brand bisnis di internet. Situs milik Google ini juga bisa dikatakan sebagai mesin pencari terbesar ke-2 setelah Google. Buatlah video tentang bisnis Anda se-kreatif mungkin agar disukai banyak orang, lalu upload video itu ke YouTube. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan insentif pada pelanggan Anda bila mereka bersedia membuat video mengenai pengalaman mereka di bisnis Anda dan meng-upload nya ke channel YoutTube Anda.

7. Daftarkan bisnis Anda di Yelp.com. Situs ini menggabungkan ulasan tentang bisnis dengan fitur media sosial yang besar. Orang-orang di Amerika biasanya akan mengunjungi situs ini ketika mereka sedang mencari informasi atau ulasan orang lain tentang sebuah toko, restaurant, dokter gigi, dan bisnis lainnya. Anda perlu melacak percakapan di Yelp tentang bisnis Anda, dan memastikan pengunjung di masa yang akan datang menyukai apa yang mereka baca.

8. Mengatur jadwal pertemuan Anda, lokakarya dan pertemuan informal lainnya yang masih terkait dengan bisnis Anda. Lalu Anda mempromosikan kegiatan Anda tersebut di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan platform lainnya. Orang-orang akan senang untuk menghadiri kegiatan yang Anda buat jika mereka merasa bisa mendapatkan informasi, nilai tambah, akses, diskon atau jaringan.

9. Gambar adalah sesuatu yang sangat penting karena gambar bisa mewakili banyak kata. Pastikan Anda untuk memposting gambar-gambar kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda ke Twitter, Facebook, dan juga blog Anda. Jangan lupa untuk mengambil semua foto yang berhubungan dengan brand bisnis Anda, lalu upload ke dalam website Anda. Ada baiknya Anda juga mengambil foto pelangggan atau staff Anda dan memposting ke Instagram dan Facebook, lalu menandai orang yang ada di dalam foto tersebut, dengan begitu mereka juga akan mau membagikan foto-foto bisnis Anda ke teman-teman mereka.

10. Posting artikel tentang kegiatan bisnis Anda di dalam blog. Postingan tidak hanya berisi tentang bisnis Anda, tetapi lebih pada pengalaman Anda, event yang Anda lakukan, berita dan informasi yang berhubungan dengan topik bisnis Anda. Fokuslah pada konten yang kaya akan informasi dan mengoptimalkan judul postingan dan tags dalam setiap postingan yang Anda buat, hal ini penting untuk SEO. Jangan lupa untuk memberikan link keluar dan juga link masuk dari blog Anda untuk membangun arus lalu lintas yang lebih besar, baik secara langsung maupun tidak langsung ke website bisnis Anda.

Artikel terkait: Beberapa kesalahan dalam penggunaan twitter


18 total comments on this postSubmit yours
  1. untuk meningkatkan sosial media bagaimana ya kang? :D

  2. salam kenal Pak. Wah tulisan bagus. Sangat menginspirasi. Tips2nya akan saya coba ya, makasih sudah berbagi :)

  3. Gunakan semua media sosial yang ada untuk memaksimakan lagi perniagaan kita dan yang paling penting , cuba gunakan youtube sebab youtube akan naik beberapa tahun ni :)

    • Benar sekali bang Amim, YouTube adalah salah satu media sosial yang sangat efektif untuk promosi bisnis.

  4. mas max memang yahuut, blognya keren mas

    kalau boleh tahu, untuk meningkatkan social media optimizer bagaimana ya mas, blog saya kok rendah terus sosmed optimizernya

    terima kasih mas max

    • Jadi orang terkenal di media sosial aja mas, misalnya Facebook. Mas Imam kan punya banyak teman di FB, manfaatkan aja teman-teman di FB untuk promosi di media sosial, tentunya dengan cara yang baik.

  5. Askum …… saya bngung mas mau msarin dgangan…gmna y slusinya

  6. yang masih saya binggung adalah linkedin mas, media sosial apaan itu ya?

    • LinkedIn.com itu juga termasuk media sosial mas, biasanya digunakan untuk bisnis dan profesional. Kalau di Amerika media sosial ini sangat terkenal, tapi di Indonesia memang masih sebagian orang yang menggunakannya, khususnya profesional dan pebisnis :)

  7. salam kenal mas..
    blog yang amazing, umur blog belum lama , namun pengunjung sudah ribuah ,salut dah buat mas max…
    saya masih kurang ilmu tentang blogger. harus ters belajar dan belajar dari musuh blogger heeh :D

    • Saya tidak termasuk musuh kan mas hehehe. Sebenarnya saya juga masih belajar kog, mencoba menulis sebaik mungkin dan ternyata mesin pencari menyukai konten saya…

      Salam kenal mas Sutopo :)

  8. Mau ikutan LInkedIn juga, tapi nanti-nanti aja deh hehehe belom merasa berkebutuhan. Makasih yaaa infonya :D

  9. Linkedin juga ada yg pakai untuk cari jodoh lho uehuehuee…

    • Wah kalo buat cari jodoh saya baru tau tuh hahaha, kog bisa? Setau saya LinkedIn kebanyakan dipake utk networking bisnis dan pekerjaan

  10. Menurut saya kombinasi blog dan jejaring sosial sangat ampuh sebagai media promosi sekaligus media berjualan secara online, apalagi jika sudah dioptimalisasi dengan SEO dan memiliki banyak penggemar setia.

    • Mantep banget … memang kombinasi dari blog, media sosial, dan SEO, hasilnya pasti sangat optimal di bisnis… tp terus terang saya blm maksimal nih utk bisnis online :)

  11. Hi Nella, LinkedIn.com justru sangat penting buat bisnis dan juga karyawan kantor yang ingin meniti karier yg lebih baik. Temen saya yang kerja kantoran 2 tahun yang lalu mendapat tawaran kerja yang lebih baik dari network di LinkedIn.com, sekarang pekerjaannya lebih baik dari sebelumnya :)

  12. Baru tahu ternyata Linkedln.com penting juga buat bisnis. Saya sering di invite teman-teman ke media sosial tsb, selalu ke hapus notifnya :D, krn klo kebanyakan join sosmed repot updatenya.

2 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com